Brilio.net - Umumnya, fresh graduates di Indonesia memerlukan waktu tiga sampai enam bulan untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya. Tak jarang dari mereka mencari informasi peluang kerja melalui internet.

Namun tidak sedikit yang menyambangi pameran bursa tenaga kerja. Nah buat kamu yang sedang mencari kesempatan kerja, ada event menarik nih. Career Development Center Universitas Indonesia (UI) bakal menggelar UI Career & Scholarship Expo ke XXVIII pada 3-5 Oktober 2019 di Balairung kampus UI Depok. 

UI Carrer © 2019 brilio.net

Acara ini merupakan gabungan dari tiga kegiatan yang diselenggarakan secara bersama yakni job fair, entrepreneur expo, dan scholarship expo. Tiga kegiatan tersebut sesuai dengan kecenderungan minat para lulusan baru, yaitu bekerja di suatu perusahaan atau institusi, melanjutkan studi, dan membuka bisnis atau entrepreneur.

Serunya nih, acara ini akan dihadiri sekitar 60 perusahaan, 15 lembaga penyedia beasiswa, dan 10 tenant entrepreneur. Oh iya, bursa kerja ini juga mempunyai booth khusus disabilitas yang menyediakan berbagai informasi lowongan yang terbuka bagi mereka.

Loading...

UI Carrer © 2019 brilio.net

Rencananya ada beberapa kegiatan yang akan diadakan dalam career expo. Pertama, presentasi dan pameran perusahaan. Di mana perusahaan berkesempatan melakukan open house dengan memaparkan profil perusahaan dan produk-produknya.

Kedua rekrutmen tenaga kerja secara online. Kegiatan ini mengajak perusahaan bergabung untuk membuka rekrutmen pegawai penuh atau magang yang dilakukan secara manual maupun online. Ketiga tes dan seleksi tenaga kerja, perusahaan dapat melakukan tes dan wawancara penyeleksian calon tenaga kerja di lokasi expo.

UI Carrer © 2019 brilio.net

Kemudian kegiatan yang akan dilakukan dalam scholarship expo yang pertama adalah presentasi penawaran beasiswa, presentasi bagi lembaga pendonor untuk memaparkan bentuk beasiswa yang ditwarkan. Kedua pameran, memberikan kesempatan kepada lembaga donor mengadakan open house kepada pengunjung untuk memamerkan produk-produk beasiswa yang ditawarkan.

Ketiga seminar persiapan melanjutkan studi dengan menggelar seminar terbuka bagi seluruh pengunjung tentang persiapan-persiapan yang perlu dilakukan untuk melanjutkan studi.

UI Carrer © 2019 brilio.net

Terakhir adalah kegiatan dalam enterpreneur expo. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada lembaga bisnis untuk mengadakan open house bagi pengunjung. Mereka juga bisa memamerkan berbagai produk yang ditawarkan serta peluang kerjasama dengan lembaga bisnis yang bersangkutan.

Nah buat Sobat Brilio yang ingin mengikuti acara ini, pendaftarannya gratis.  Cukup bawa tiket cetaknya. Untuk bisa mengikuti acara, pengunjung harus mendaftarkan diri di website resmi UI CSE. Setelah melengkapi data, peserta akan mendapatkan tiket masuk. Tiket  dicetak untuk kemudian ditunjukkan di lokasi acara ya.

(muhammad ikram/mgg)