Brilio.net - Pendaftaran kompetisi Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2019 resmi dibuka akhir Agustus lalu. Tentu saja kompetisi yang diinisiasi Medcom.id ini menjadi target para pencari beasiswa yang tak lain putra-putri terbaik di Tanah Air.  

Nah buat Sobat Brilio yang ingin mewujudkan mimpi melanjutkan pendidikan tinggi di kampus unggulan, langsung saja deh mendaftar di laman osc.medcom.id. Caranya nggak ribet koq.   

OSC 2019 © 2019 brilio.netDok. Medcom.id

Calon pendaftar dapat membuka halaman depan laman, lalu klik pendaftaran di sebelah kanan atas laman. Terdapat dua pilihan yang akan tampil, yaitu pendaftaran untuk Beasiswa OSC dan juga OSC Community.

Untuk yang ingin menjadi peserta OSC bisa memilih pendaftaran OSC. Bagi pendaftar beasiswa OSC Medcom.id 2019 akan secara otomatis menjadi anggota OSC Community. 

Loading...

“Namun, jika kamu mendaftarkan diri sebagai anggota OSC Community saja, kamu hanya terdaftar sebagai peserta OSC Community dan tidak bisa ikut Online Test OSC dan tahapan kompetisi beasiswa OSC lainnya," kata Corporate Communication Medcom.id, Herfindo Gading, di Jakarta, belum lama ini.

OSC 2019 © 2019 brilio.net

Setelah masuk ke laman pendaftaran, nantinya akan muncul formulir pendaftaran peserta OSC. Formulir dan foto harus diisi lengkap dengan data yang terbaru dan aktif.

Selanjutnya pilih universitas tujuan, dan memilih jurusan atau program studi yang diminati. Sekaligus pilih jurusan atau dua program studi sebagai cadangan.

“Klik check box untuk menyetujui bahwa dengan mendaftar sebagai peserta OSC, secara otomatis kamu juga akan menjadi anggota OSC Community. Pastikan kembali bahwa formulir sudah terisi dengan lengkap, lalu klik Daftar OSC,” terangnya.

OSC 2018 © 2018 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio 

Setelah berhasil mendaftar, tahap selanjutnya adalah verifikasi akun. Tahap ini penting, sebab, apabila akun tidak diverifikasi maka tidak bisa mengikuti Online Test dan tahapan OSC lainnya.

Proses verifikasi cukup mudah, peserta tinggal login ke alamat e-mail yang digunakan untuk mendaftar OSC. Nantinya akan ada pesan masuk dari OSC Medcom.id. Klik email dari OSC Medcom, lalu klik tombol Verifikasi.

“Kamu akan diarahkan kembali ke laman osc.medcom.id, lalu klik login. Selanjutnya, login menggunakan e-mail dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya,” lanjutnya.

OSC 2018 © 2018 brilio.netBrilio.net/@yans_brilio 

Untuk ketentuannya setelah mengisi data diri dengan lengkap, peserta hanya diperbolehkan memilih satu universitas dari 21 universitas yang tersedia. Namun peserta dapat memilih dua program studi (prodi) dari universitas yang dipilihnya tersebut.

Peserta yang telah memilih prodi dan universitas, diperkenankan mengubah pilihannya lagi sampai batas waktu yang ditentukan. Pilihan pertama peserta, akan dianggap sebagai prioritas utama peserta dalam pemilihan prodi.

Untuk tes online wajib diikuti peserta sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Peserta akan mendapatkan soal tes berdasarkan universitas yang dipilih. Semua soal tes wajib dijawab, sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan pada Sabtu, 9 November 2019.

OSC 2018 © 2018 brilio.net

Pemenang akan diumumkan Rabu 13 November 2019. Pengumuman dapat dilihat di laman osc.medcom.id. Peserta yang lolos, wajib mengikuti tahap selanjutnya yaitu proses seleksi data diri.

Peserta yang lolos pada proses seleksi data diri, wajib mengikuti tes offline yang akan diadakan Sabtu, 21 Desember 2019, di Jakarta. Peserta yang tidak hadir pada test offline akan dinyatakan gugur.

Peserta wajib mengikuti seluruh proses atau tahapan yang ada di OSC 2019. Biaya keberangkatan peserta dalam mengikuti test offline merupakan tanggungan pribadi peserta. Hasil seleksi 420 Penerima beasiswa S1 akan diumumkan pada 19 Desember 2019.

Nah ini berkas wajib yang harus dilengkapi peserta saat proses seleksi data diri 

1. Form data diri OSC (yang akan dikirimkan ke e-mail peserta yang lolos test online

2. Scan raport kelas X dan XI

3. Scan surat pengantar dari sekolah

4. Scan surat keterangan kelakuan baik

5. Scan surat keterangan bebas narkoba