Brilio.net - Siapa sih yang nggak ingin kuliah di perguruan tinggi favorit? Tapi kan bukan perkara gampang untuk masuk ke kampus-kampus tersebut. Nah seringkali banyak lulusan Sekolah Menengah Atas yang terkendala akses untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi.

Banyak faktornya seperti ketatnya persaingan masuk perguruan tinggi hingga kesiapan finansial. Tapi, jangan khawatir. Soalnya Metrotvnews.com dan Avitex Cat Tembok punya program beasiswa online untuk Starata 1 (S1), Online Scholarship Competition (OSC) 2017. Pendaftaran dibuka mulai 30 Agustus hingga 3 November 2017.

Program yang pertama kali digelar pada 2015 ini memang tujuannya untuk membantu para lulusan Sekolah Menangah Atas agar bisa menggapai impian mereka kuliah di kampus-kampus berkualitas. Sekadar informasi nih, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah lulusan SMA pada tahun ajaran 2016/2017 mencapai 1.263.211. Dengan angka partisipasi perguruan tinggi sekitar 30%.

Artinya hampir 400 ribu siswa siap memasuki perguruan tinggi. Sedangkan jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang terdaftar pada tahun 2017 berjumlah 4.504 unit. Nggak heran kalau cukup banyak anak muda Indonesia sulit untuk melanjutkan pendidikan.

osc © 2017 brilio.net

Tahun ini, OSC bakal memberikan 240 beasiswa untuk S1 di 12 Universitas swasta di 5 kota yaitu Jakarta, Malang, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung. Beberapa Universitas yang bergabung adalah Universitas Trisakti, Telkom University, Universtitas Kristen Maranatha, Institut Teknologi Nasional dan masih banyak lagi. Keren banget kan?

Oh iya, kamu yang mendapat beasiswa ini bakal menerima uang kuliah selama 4 tahun lho! Tentunya, kamu harus mengikuti serangkaian tes online dan offline terlebih dulu ya. Peserta akan diseleksi secara online dalam bentuk tes soal pilihan ganda.

OSC2 © 2017 brilio.netJika kamu nggak jadi mengambil beasiswa, nggak akan dikenakan sanksi dan nggak ada ikatan dinas dengan Metronews.com. Jadi tunggu apa lagi? Cepetan deh daftar di sini.