Brilio.net - Program tahunan beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) yang diinisiasi portal berita dan video Medcom.id kembali digelar. Ini merupakan penyelenggaraan tahun ke-5 program kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, OSC tahun ini lebih banyak menawarkan perguruan tinggi yang bisa diburu para calon penerima beasiswa. Tahun lalu tercatat 18 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bergabung, tahun ini bertambah tiga PTS menjadi 21 PTS.   

Ketiga perguruan tinggi yang tergabung dengan OSC 2019 yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Universitas Muslim Indonesia Makassar dan Universitas Warmadewa Bali.

OSC 2018 © 2018 brilio.net Brilio.net/@yans_brilio

“Di tahun ke-5 ini kita bekerja sama dengan 21 kampus dengan 420 beasiswa. Ada beberapa kampus baru di Surabaya, Makassar dan Bali," kata Corporate Communication Medcom.id, Herfindo Gading, saat peluncuran program ini di Jakarta Barat, Rabu (28/8).

Bertambahnya perguruan tinggi yang bekerja sama pun berbanding lurus dengan jumlah beasiswa yang semakin banyak. Paling tidak ada 420 beasiswa senilai Rp 40 miliar yang siap diperebutkan putra-putri terbaik bangsa dari Sabang sampai Merauke pada OSC tahun ini.   

Begitu juga dengan target jumlah pendaftar yang diprediksi bisa menembus angka 70.000 orang. Angka ini meningkat dibanding tahun lalu, di mana tercatat 54 ribu peserta mendaftar untuk memperebutkan 360 kursi beasiswa di 18 PTS unggulan pada OSC 2018.

OSC 2019 © 2019 brilio.net Dok Medcom.id

Program ini sebagai bukti Medcom.id terus berkomitmen memfasilitasi anak-anak berprestasi di Tanah Air agar dapat melanjutkan studi pendidikan tinggi. Hal ini sekaligus menjadi wujud dukungan Medcom.id yang berada di bawah naungan Media Group terhadap program pemerintah untuk mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju.

“OSC mendukung program pemerintah Indonesia. Sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan RI ke-74 untuk menuju Indonesia Unggul dibutuhkan SDM yang unggul. Untuk menuju SDM yang unggul dibutuhkan pendidikan yang merata untuk seluruh anak Indonesia," ujarnya.

Program beasiswa berbasis daring ini dipercaya dapat menjadi jembatan pemerataan pendidikan di Indonesia. Sehingga seluruh anak di negeri ini memiliki kesempatan yang sama untuk dapat mengenyam pendidikan hingga universitas.

OSC 2019 © 2019 brilio.net Dok Medcom.id

Melalui OSC, peserta tidak perlu lagi datang ke kampus atau universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung. Cukup memanfaatkan sistem online, OSC mempersingkat dan mempermudah keseluruhan proses, mulai dari pendaftaran, hingga tes tahap awal.

Nah buat kamu yang nggak mau kehilangan kesempatan mengikuti program beasiswa ini buruan deh buka laman ini. Yuk buruan daftar! 

Berikut 21 PTS pemberi beasiswa di program Beasiswa OSC 2019:

1 Universitas Al-azhar Indonesia (UAI)
2 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta (Unika Atmajaya)
3 Universitas Mercu Buana Jakarta (UMB)
4 Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (Uhamka)
5 UMN Universitas Multimedia Nusantara
6 Universitas Trisakti (Usakti)
7 President University
8 Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung
9 Telkom University
10 Universitas Maranatha Bandung
11 Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta
12 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga
13 Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya
14 Universitas Ciputra (UC) Surabaya
15 Universitas Gajayana Malang (Uniga)
16 Universitas Islam Malang (Unisma)
17 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)
18 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)
19 Universitas Fajar Makassar (Unifa)
20 Universitas Muslim Indonesia (UMI)
21 Universitas Warmadewa, Bali