Brilio.net - Sebanyak 360 siswa dari seluruh Indonesia akhirnya diumumkan sebagai pemenang kompetisi beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2018 di acara Awarding Night di Balai Kartini, Kamis (20/12) lalu. Mereka bakal ditempatkan di 18 perguruan tinggi swasta ternama di tujuh kota di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, dan Makassar. Setiap perguruan tinggi akan menerima 20 siswa terpilih.

Kompetisi yang sudah memasuki tahun keempat ini memang menjadi incaran para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan S-1 melalui jalur beasiswa. Terbukti animo peserta yang mendaftar dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

OSC 2018 © 2018 brilio.net

Pada tahun pertama penyelenggaraan (2015) jumlah peserta yang mendaftar hanya 5.600-an siswa. Tahun berikutnya meningkat lima kali lipat menjadi 28 ribuan peserta. Tahun lalu animonya terus bertambah. Jumlah pendaftar mencapai 42.633 peserta dan tahun ini menjadi 54.189 peserta.

Peningkatan ini terjadi karena minat siswa semakin tinggi. Selain itu program ini cukup sukses mengantarkan para penerima beasiswa belajar di perguruan tinggi favorit yang mereka idamkan. Kompetisi ini sendiri bertujuan memberikan kemudahan putra-putri Indonesia agar bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat S-1.

Loading...

OSC 2018 © 2018 brilio.net

Nggak heran jika OSC mampu menjadi daya dukung pendidikan tinggi yang memfasilitasi anak-anak berprestasi dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia. Asal tahu saja ya, total beasiswa yang disediakan Medcom.id  mencapai Rp30 miliar.

Project Officer OSC Medcom.id 2018 Findo Gading menegaskan, mereka yang lolos di setiap perguruan tinggi ini, berhak mendapatkan beasiswa penuh. Beasiswa itu meliputi, bebas uang pangkal (biaya masuk) 100%, beasiswa hingga lulus untuk delapan semester berturut-turut, dan mendapat sertifikat pemenang OSC 2018.  

OSC 2018 © 2018 brilio.net

“Tidak hanya akan mendapatkan beasiswa, finalis juga akan mendapatkan sertifikat dan bagi peserta pilihan dari luar pulau akan mendapatkan subsidi transportasi,” kata Findo.

Tahun ini OSC diawali dengan pendaftaran yang berlangsung dari 30 Agustus hingga 2 November 2018. Dari sekitar 54 ribuan pendaftar, 2.700 peserta dinyatakan lolos seleksi tahap pertama atau 150 peserta terbaik di setiap kampus yang digelar pada 4 November 2018.

OSC 2018 © 2018 brilio.net

Lalu pada tes tahap kedua dilakukan seleksi berkas. Ada 70 peserta lolos di setiap perguruan tinggi. Mereka kemudian maju ke tahap tes offline pada 20 Desember 2018 di Balai Kartini dan dilanjutkan dengan awarding night untuk mengumumkan 360 peserta yang beruntung meraih beasiswa.

“Saya terharu, bahagia dan campur aduk melihat anak-anak ini. Di satu sisi sangat bangga dan bahagia ada 360 anak berkesempatan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui program OSC,” ujar Direktur Utama Medcom.id, Muhammad Mirdal Akib saat menyampaikan sambutan dalam acara Awarding Night OSC Medcom.id.

OSC 2018 © 2018 brilio.netDirektur UtamaMedcom.id Muhammad Mirdal Akib (kiri) memberikan penghargaan kepada salah satu peserta terbaik

Mirdal bangga dengan program ini yang bisa menjadi jembatan bagi para siswa untuk meraih impian mereka menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Dalam kesempatan ini, Mirdal menyerukan kepada peserta yang belum terpilih agar tidak bersedih. Sebab baginya, ke-1.260 peserta yang hadir di Balai Kartini adalah pemenang sejati. “Mereka semua adalah pemenang, karena mereka adalah pejuang sejati,” seru Mirdal.

Momen ini sekaligus mengingatkan Mirdal pada sebuah peristiwa bersejarah, yakni Sumpah Pemuda. Di mana di dalam satu tempat dan kesempatan tengah berkumpul pemuda pemudi dari seluruh penjuru Indonesia.  “Ada peserta dari Aceh, Flores dan lainnya.  Kita menciptakan sebuah peristiwa unik. Di mana kita berkumpul malam ini merayakan sebuah semangat, layaknya Sumpah Pemuda," katanya.

OSC 2018 © 2018 brilio.net

Sementara Vice Chairman Media Group, Reri Lestari Moerdijat menjelaskan, program OSC menjadi salah satu program yang diinisiasi Media Group di bidang pendidikan melalui anak usahanya Medcom.id yang tujuannya membantu mencerdaskan anak Indonesia.

“Media Group dengan sadar mengambil peran memajukan pendidikan Indonesia.  Apa yang dilakukan teman-teman di Medcom.id melalui OSC adalah bagian dari impian kami semua di Media Group,” tegas Rerie.

OSC 2018 © 2018 brilio.net

Rerie juga menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada 18 PTS yang telah bekerja sama dengan Medcom.id dalam mewujudkan keberhasilan beasiswa OSC.  Ia berharap, ke depan akan lebih banyak lagi perguruan tinggi yang bergabung untuk membantu anak-anak Indonesia. “Kami hanya saluran berkah, yang membantu adalah kalian semua, 18 PTS penyedia beasiswa," kata Rerie.

Wah selamat ya buat para pemenang. Semoga impian kalian bisa menjadi kenyataan.