Brilio.net - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti akhirnya berhasil meraih ijazah Sekolah Menengah Atas melalui proses ujian jalur paket C jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial yang ia ikuti sejak tahun 2015 lalu.

Atas prestasinya ini, Susi mendapatkan skor 429 dari 7 mata pelajaran yang harus diikuti di bawah naungan sebuah yayasan di Ciamis, Jawa Barat bernama Bina Pandu Mandiri.

Proses ujian ini diikuti Susi dengan metode UNBK di SMA Negeri 1 Pangandaran. Pemilik maskapai Susi Air ini memperoleh peringkat 1 dari 568 peserta se-Kabupaten Ciamis dalam ujian yang sudah ia lewati.

Kabar kelulusan Susi ini mengundang reaksi dari pihak lain. Salah satunya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang mencuitkan respons kocak.

"Bu @susipudjiastuti dalam perayaan kelulusan jangan corat-coret baju seragam ya..." tulis Ganjar Pranowo dalam cuitannya sebagaimana dikutip brilio.net dari akun Twitter @ganjarpranowo, Senin (16/7).

Loading...

menteri susi  © 2018 brilio.net

Cuitan itu dibalas Susi dengan tulisan yang tak kalah kocak.

"(emoji) dewean yo ngapain Pak!!! Minta hadiah libur setengah tahun sama Pak Presiden, kalau boleh .. seneng aku," balas akun @susipudjiastuti yang justru minta libur pada Presiden Joko Widodo dengan nada bercanda.

Tidak hanya Ganjar Pranowo, seniman Sudjiwo Tedjo juga ikut menimpali dengan cuitan di akun @sudjiwotedjo, "Dgn segala hormat, aku ndak setuju Bu Susi dibikin lulus SMA baik oleh dirinya sendiri maupun oleh pihak2 lain. Langkah ini akan membuat bangsamu terus tak henti2 memberhalakan dunia sekolah/perguruan tinggi. Pdhl tanpa ijazah2 itu Bu Susi ud terbukti."

menteri susi  © 2018 brilio.net

Sang menteri yang identik dengan gaya nyentriknya membalas, "Sa jane nggeh kedahe ngaten.. neng menungso takabur anggeoe nek wing mboten due kertas mboten due rego..saiki kabeh ribut jalaran taturuti" (Sebenarnya seharusnya begitu... tapi karena manusia sombong kalau kemarin nggak punya kertas (baca: ijazah) nggak punya harga... sekarang malah semua ribut karena saya turuti (baca: punya ijazah)).