×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Kasus fasilitas mewah bagi napi kasus korupsi, melukai hati rakyat

View Image

0

BRILIO » Serius

9 Kasus fasilitas mewah bagi napi kasus korupsi, melukai hati rakyat

Dari fasilitas sel mewah hingga keleluasaan bepergian meninggalkan penjara.

25 / 07 / 2018

Brilio.net - Ditetapkan sebagai terpidana dan jadi penghuni baru rumah tahanan, tentu saja membuat sejumlah nama ini harus kehilangan fasilitas mewah yang mereka nikmati. Mungkin pula dibenak orang terbayang bahwa mereka akan tidur di ruang sempit dengan alas ala kadarnya.

Namun sebaliknya, nama-nama narapidana kasus korupsi ini malah mendapatkan fasilitas yang mewah untuk ukuran penjara. Misalnya, ruangan yang terdapat AC, kamar mandi dilengkapi dengan toilet duduk serta shower, dan spring bed yang nyaman yang menjamin para narapidana ini akan tidur nyenyak setiap malamnya.

Meski hidup di balik jeruji besi, rupanya mereka tetap dapat menikmati fasilitas yang tak kalah mewah. Tak cuma itu, tinggal di dalam ruangan yang hanya seukuran layaknya indekos, namun fasilitasnya bak hotel berbintang. Untuk mendapatkannya tentulah tak gratis. Mereka bahkan rela mengeluarkan uang yang puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk menikmatinya.

Siapa saja mereka? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, seperti merdeka.com, liputan6.com, dan tempo, napi kasus korupsi yang mendapatkan kenyaman dan kemewahan meski di dalam penjara, Selasa (24/7).

1. Fahmi Darmawansyah.

Loading...

fasilitas mewah penjara © 2018 brilio.net

foto: liputan6.com

Fahmi dinyatakan sebagai tersangka kasus korupsi proyek satelit monitoring di Bakamla. Untuk menyulap dapatkan fasilitas mewah di dalam sel, suami aktris Inneke Koesherawati ini rupanya menyuap Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen.

Tak lama, aksi Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia tersebut ketahuan KPK. Sebelumnya Laode M Syarif selaku Wakil KPK menjelaskan tarif mewah di Lapas Sukamiskin berkisar Rp 200 juta hingga Rp 500 juta.

2. Artalyta Suryani.

fasilitas mewah penjara © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum pernah melukan sidak ke dalam Rumah Tahanan Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur. Di sana terdapat seorang terpidana kasus korupsi, Artalyta Suryani.

Tak main-main, rupanya Artalyta kedapatan mendapat fasilitas mewah dalam sel. Ia tinggal di ruangan yang terpisah dan lebih besar layaknya ruangan VIP dari tahanan lain, seperti ruang karaoke, hingga televisi layar datar.

3. Gayus Tambunan.

fasilitas mewah penjara © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Usai divonis 29 tahun perjara karena tiga kasus pidana sekaligus, Gayus Tambunan resmi jadi penghuni baru Lapas Sukamiskin sejak Mei 2012. Berbagai macam fasilitas pun diterimanya di balik jeruji besi tersebut.

Tak hanya itu, beberapa tahun silam, fotonya tengah menikmati makan di sebuah restoran beredar luas di internet. Bahkan tahun 2010, saat masih jadi tahanan di Rumah Tahanan Brimob Kepala Dua, Depok, Gayus Tambunan bisa pelesiran menonton pertandingan tenis.

4. Agusrin Nadjamuddin.

agusrin liputan6

foto: liputan6.com

Eks Gubernur Bengkulu ini menjadi salah satu penghuni lain Lapas Sukamiskin. Ia tinggal di ruangan yang hanya berukuran 2,5 meter x 4 meter. Meski terdengar kecil, di dalam ruangan tersebut terdapat terdapat tempat tidur, kursi rotan, meja kerja, rak buku berisi buku politik dan agama, penanak nasi hingga kompor listik. Ia juga memiliki sejumlah uang untuk membayar narapidana lain sebagai upah usai memijitnya.

5. Romi Herton.

fasilitas mewah penjara © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Tak hanya Agusrin, mantan Wali Kota Palembang Romi Herton juga jadi tahanan Lapas Sukamiskin usai divonis 7 tahun penjara. Romi terbukti menyuap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar pada 2013 silam. Mendekam di penjara tetap membuat Romi bisa bepergian. Ia pernah dilaporkan pergi ke Palembang dengan alasan membesuk anaknya yang sakit tanpa pengawalan.

6. Anggoro Widjojo.

fasilitas mewah penjara © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Anggoro resmi ditetapkan tersangka pidana korupsi proyek pengadaan Sistem Komunikasi Radio Terpadu Kemenentrian Kehutanan. Ia divonis 5 penjara dan didenda Rp 250 juta subsider dua bulan kurungan. Saat seharusnya menghuni Lapas, Anggoro rupanya pernah terlihat asik sarapan di salah satu apartemen di Bandung.

7. Rachmat Yasin.

fasilitas mewah penjara © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Rachmat Yasin menambah sederet nama mantan kepala daerah yang terjerat kasus korupsi. Mantan Bupati Bogor tersebut dijatuhkan hukuman 5 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 300 juta. Rachmat terbukti menerima suap senilai Rp 4,5 miliar untuk rekomendasi surat tukar menukar hutan atas nama PT Bukit Jonggol Asri. Selama jadi tahanan Sukamiskin, Rachmat pernah dikabarkan keluar masuk sel untuk mengunjungi rumah kontrakannya di Kompleks Panorama Alam Parahyangan.

8. Mochtar Mohamad.

fasilitas mewah penjara © 2018 brilio.net

foto: istimewa

Mantan Wali Kota Bekasi, Mochtar Mohamad jadi tersangka kasus perkara kasus korupsi penyuapan anggota DPRD Bekasi untuk APBD. Namun suatu ketika penghuni Lapas Sukamiskin tersebut pernah kedapatan tengah asik makan malam di sebuah restoran di Jakarta pada 2014 lalu.

9. Ratu Atut.

fasilitas mewah penjara © 2018 brilio.net

foto: merdeka.com

Fasilitas mewah tetap didapatkan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah dalam Rumah Tahanan Pondok Bambu. Dilansir brilio.net dari merdeka.com, Atut membayar tahanan lain untuk mengurus kebutuhannya, seperti membelikan makanan, mencuci baju.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more