Brilio.net - Baru-baru ini QS World Ranking merilis daftar 1.000 universitas terbaik dunia. Perlu diketahui, QS World Ranking sendiri adalah sebuah jaringan karier pendidikan global terkemuka yang terkoneksi dengan berbagai bidang, yaitu pendidikan tinggi, industri, dan keahlian.

QS World University Rankings merupakan publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan Quacquarelli Symonds (QS). Publikasi peringkat universitas tahunan ini mulai dirilis QS sejak tahun 2004.

Untuk mendapat peringkat universitas tahunan ini, QS menggunakan metodologi perangkingan dengan cara melakukan penilaian setiap institusi berdasar pada enam indikator. Di antara indikatornya, yakni reputasi akademik, riset dengan pihak internasional, reputasi lulusan, dan lain-lain.

Dengan memakai metodologi tersebut, ada delapan universitas negeri di Indonesia yang masuk ke dalam 1.000 daftar universitas terbaik dunia.

Berikut adalah daftar universitas negeri Indonesia yang masuk ke dalam 1.000 daftar universitas terbaik dunia, Jumat (27/12).

Loading...

1. Universitas Indonesia (UI).

universitas terbaik istimewa

foto: Instagram/@univ_indonesia

Universitas Indonesia berada di urutan teratas di antara universitas negeri lain di Indonesia yang masuk daftar ini. Universitas di Depok, Jawa Barat ini menempati posisi ke-296 dunia. Rangking UI ini turun empat angka dibandingkan tahun lalu, yaitu 292.

Tahun ini, UI mendapatkan nilai rata-rata 34,7 dari enam indikator QS World Ranking. Meski turun 4 angka dari tahun sebelumnya, UI mendapat predikat "high" di bidang riset.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM).

universitas terbaik istimewa

foto: Instagram/@ugm.yogyakarta

Almamater Presiden Joko Widodo, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) bertengger di urutan ke-320 dunia. Pencapaian ini jauh lebih baik dibandingkan peringkat tahun sebelumnya, yakni 391.

Nilai rata-rata yang diperoleh UGM adalah 33,2 dari enam indikator penilaian. Untuk bidang riset sendiri, UGM hanya mendapatkan predikat "medium".

3. Institut Teknologi Bandung (ITB).

universitas terbaik istimewa

foto: Instagram/@itb1920

Selanjutnya, ada Institut Teknologi Bandung atau ITB yang menduduki peringkat ke-331 dunia. Peringkat ITB tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang menduduki peringkat ke-359.

Untuk nilai rata-rata, ITB memperoleh nilai 32,3. Dalam hal riset, ITB mendapat predikat "very high" dari QS World Ranking dan menjadi kategori riset terbaik di antara kampus di Indonesia.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB).

universitas terbaik istimewa

foto: Instagram/@ipbofficial

Institut Pertanian Bogor (IPB) menempati peringkat 601-650 atau naik dibandingkan tahun sebelumnya, 701-750. Untuk bidang riset, IPB mendapat predikat "high".

5. Universitas Airlangga.

universitas terbaik istimewa

foto: Instagram/@univ_airlangga

Universitas Airlangga atau Unair menempati menempati rangking 657-700, naik dari posisi 751-800 pada tahun sebelumnya. Untuk bidang penelitian, Unair mendapat predikat yang sama dengan UGM yaitu "medium".

6. Universitas Padjajaran.

universitas terbaik istimewa

foto: Instagram/@universitaspadjadjaran

Universitas Padjajaran atau Unpad menempati rangking 751-800 dunia. Peringkat Unpad tahun ini turun dari yang mereka capai pada tahun lalu, yaitu 651-700. Unpad memperoleh predikat "medium" dari QS World Rangking untuk kategori penelitian.

7. Universitas Diponegoro.

universitas terbaik istimewa

foto: Instagram/@undip_semarang

Universitas Diponegoro Semarang dalam jajaran kampus dunia berada di urutan 801-1000, atau sama dengan peringkat sebelumnya. Untuk kategori penelitian, Undip mendapat predikat "medium" dari QS World Ranking.

8. Institut Teknologi Sepuluh November.

universitas terbaik istimewa

foto: Instagram/@kentaschecter

Institut Teknologi Sepuluh November menutup wakil Indonesia di daftar kampus terbaik dunia, yakni di peringkat 801-1000 dunia, sama dengan pencapaian ITS di tahun lalu.

Untuk kategori riset atau penelitian, ITS memperoleh predikat "medium" dari QS World Ranking.

Reporter: Hameda Rachma