Brilio.net - Sebanyak 420 siswa dari seluruh Indonesia akhirnya diumumkan sebagai penerima beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) 2019. Para penerima beasiswa ini telah melalui proses seleksi panjang sejak November 2019 lalu. Mulai dari tahapan tes online hingga seleksi berkas. Dari seluruh peserta yang mendaftar, akhirnya 1.470 dinyatakan lolos untuk mengikuti tes offline yang digelar di Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis, 19 Desember 2019 lalu. Hasil tes offline pun menyatakan 420 nama siswa yang mendapatkan beasiswa OSC.

Direktur Utama Medcom.id, Mirdal Akib dalam sambutan pada acara Awarding Night  OSC 2019 di tempat yang sama mengatakan, 420 siswa yang lolos dari seluruh Indonesia ini merupakan anak-anak muda yang hebat dan pantang menyerah. Ia juga  meyakini nantinya anak-anak ini akan menjadi penerus dan pemimpin bangsa.

"Saya pribadi merasa sangat tersentuh, dan bangga sekali melihat anak-anak ini, semangatnya yang sangat tinggi, pantang menyerah, di tengah-tengah kondisi yang mungkin saat ini tidak mendukungnya untuk bisa sampai di sini," ungkap Mirdal.

Beasiswa OSC © 2019 brilio.net

Mirdal menambahkan OSC merupakan kompetisi beasiswa online pertama dan saat ini menjadi yang terbesar di Indonesia. Sejak digelar pertama kali pada 2015, kini OSC berhasil mendapatkan dukungan dari 21 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Ke-21 PTS bonafide tersebut bersedia mengalokasikan 420 beasiswa, senilai Rp40 miliar kepada siswa/i di Indonesia. Mirdal menyebut, tahun ini kurang lebih 55.000 peserta telah terdaftar di OSC.medcom.id. Sebelum akhirnya mengikutinya tes offline di Jakarta, para siswa telah melalui beberapa tahap seleksi untuk bisa mendapatkan beasiswa di kampus favoritnya.  

Loading...

"Mulai dari tes online, seleksi berkas, hingga offline test. Sekarang, tibalah saatnya kita umumkan siswa/i yang berhak menerima beasiswa dari kampus favoritnya," ujar Mirdal.

Selain beasiswa, Mirdal menjelaskan Media Group juga telah menyalurkan dana bantuan Pendidikan kepada 30 peraih beasiswa OSC yang secara ekonomi perlu dibantu. Bantuan dana Pendidikan ini diberikan selama dua semester berturut–turut.

Beasiswa OSC © 2019 brilio.netDirektur Utama Medcom.id, Mirdal Akib

"Selain berlatar belakang ekonomi kurang mampu, mereka yang mendapatkan dana bantuan ini juga dilihat dari capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang sangat baik dan berasal dari berbagai daerah, seperti Wakatobi, Papua, Luwuk Utara dengan latar belakang keluarga yang beragam," jelasnya.

Tahun ini juga telah dikembangkan OSC Community. Komunitas ini nantinya akan menjadi sarana komunikasi dan informasi bagi para pemenang, finalis, peserta, dan pemburu beasiswa di Indonesia. Tak hanya itu, lebih lanjut Mirdal mengatakan Media group pada 2020 nanti telah mempersiapkan Yayasan Surya Edukasi Bangsa, yayasan yang akan menaungi OSC. Yayasan ini akan fokus pada pengembangan pendidikan di Indonesia dan turut serta membantu pemerintah dalam menjadikan Indonesia unggul.  

"Karena untuk Indonesia unggul, dibutuhkan SDM yang unggul. Sedangkan untuk bisa mendapatkan SDM yang unggul, maka dibutuhkan pendidikan yang merata dan terbaik seluruh putra/i bangsa ini," terangnya.

Beasiswa OSC © 2019 brilio.net

Karena itu Media Group juga mengundang seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia untuk ikut serta dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas melalui Yayasan Surya Edukasi Banga.

Tahun ini, jumlah Perguruan Tinggi Swasta yang mendukung OSC sebanyak 21. Jumlah ini bertambah dari tahun sebelumnya yakni 18 PTS.  

Berikut adalah 21 PTS pendukung OSC 2019:

1. Universitas Al-Azhar Indonesia

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

3. Universitas Mercu Buana

4. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

5. Universitas Multimedia Nusantara

6. President University

7. Universitas Trisakti

8. Institute Teknologi Nasional (ITENAS)

9. Universitas Kristen Maranatha

10. Telkom University

11. Universitas Kristen Duta Wacana

12. Universitas Kristen Satya Wacana

13. Universitas 17 Agustus 1945

14. Universitas Ciputra

15. Universitas Gajayana

16, Universitas Islam Malang

17. Universitas Katolik Widya Mandala (UKWMS)

18. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

19. Universitas Fajar

20. Universitas Muslim Indonesia

21. Universitas Warmadewa Bali