Brilio.net - Unboxing smartphone, itu sih sudah biasa. Tapi bagaimana jika unboxing dilakukan untuk satu unit sepeda motor? Apalagi jika sepeda motor itu hanya satu-satunya yang dipasarkan di satu wilayah. 

Inilah yang dilakukan Yamaha DDS Bali ketika melakukan unboxing motor Yamaha MT-09 dan langsung menyerahkan ke pemilik pertama dan satu-satunya di pulau Bali, belum lama ini. Sekadar informasi, Yamaha MT-09 ini dipasarkan hanya 1 unit untuk area Bali.

Di Pulau Dewata ini, Winasa selaku pemilik MT-09 adalah member dari klub XMOC (Xmax Owners Community). Saat unboxing, ia sangat senang sekali karena sepeda motor tersebut sudah menjadi incarannya sejak lama.

Yamaha MT 09 © 2020 brilio.net “Saya memilih motor ini karena menurut saya motor yang memiliki riding position ringan dan didukung torsi luar biasa ya hanya MT-09 ini,” ucap Winasa.

Ya, berbagai keunggulan MT-07 dan MT-09 yang dihadirkan bagi konsumen adalah mesinnya yang dibangun dengan teknologi Crossplane Crankshaft Concept yang menghasilkan tenaga dan performa maksimal.

Untuk MT-09 sudah dilengkapi fitur dan teknologi D-Mode, Assist & Slipper Clutch, Quick Shift System (QSS), Traction Control System (TCS) dan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang menjadikan motor ini memiliki kemampuan dapat menyesuaikan dengan keinginan riding pengendara.

MT-07 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 247.000.000 on the road Bali, sedangkan MT-09 versi 2020 dipasarkan dengan harga Rp 295.000.000 on the road Bali. Konsumen dapat memilih MT-07 dan MT-09 dengan tiga pilihan warna yaitu Ice Fluo, Icon Blue, dan Tech Black.

Nah seperti apa sih motor “macho”, yuk kita kulik beberapa fitur andalannya.  

1. Crossplane Crankshaft

Yamaha MT 09 © 2020 brilio.net

MT-09 dan MT-07 dibangun dengan crossplane crankshaft yaitu teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1 (Yamaha MotoGP). Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat, sedangkan MT-07 adalah 270 derajat.

Crossplane crankshaft membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia yaitu daya yang terjadi setelah pembakaran sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi (torsi yang diteruskan ke roda belakang) menjadi linear. Power yang selaras putaran throttle menghasilkan performa dan akselerasi maksimal.

2. D-Mode

Yamaha MT 09 © 2020 brilio.net

Fitur D-Mode pada MT-09 memberikan keleluasaan kepada pengendara untuk memilih karakter performa mesin optimal yang diinginkan. Tersedia tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan yaitu Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan.

Mode A untuk mendapatkan respons mesin yang lebih sporty atau cepat pada rpm rendah sampai medium dibandingkan Mode Standard. Sedangkan Mode B untuk respons yang lebih lembut dibandingkan Mode Standard.

3. Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT)

Yamaha MT 09 © 2020 brilio.net

Sistem kontrol throttle (fly by wire) pada MT-09 dengan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) berfungsi untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.

4. Quick Shift System (QSS)

Yamaha MT 09 © 2020 brilio.net

Untuk mendukung akselerasi lebih cepat pada MT-09 disematkan QSS agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.

5. Assist & Slipper Clutch

Yamaha MT 09 © 2020 brilio.net

MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur ini membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling. Sedangkan Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi (perlambatan kecepatan). Dua fitur ini juga membuat pengendara lebih percaya diri saat melakukan down shift (menurunkan gigi) secara cepat saat memasuki tikungan.

6. Traction Control System (TCS)

Yamaha MT 09 © 2020 brilio.net

Ini adalah sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi, yang terdapat pada MT-09.

7. Antilock Braking System

Yamaha MT 09 © 2020 brilio.net

Daya rem maksimal dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) pada MT-09 dan MT-07 membuat motor semakin aman dan stabil saat pengereman.

8. Upside Down Suspension Full Adjustable

Yamaha MT 09 © 2020 brilio.net

MT-09 ditunjang suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara.