Brilio.net - Virus Corona membuat sejumlah kebijakan baru lahir di Indonesia. Salah satunya adalah anjuran untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Anjuran Social Distance atau menjaga jarak juga sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona COVID-19.

"Saat ini yang penting Social Distance, menjaga jarak. Dengan kondisi itu, kita kerja dari rumah, belajar dan ibadah di rumah," ungkap Presiden saat temu media di Jakarta, Minggu (15/3).

Selain itu, untuk meminimalisasi penyebaran virus Corona, Presiden Jokowi menganjurkan agar masyrakat menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang. Jokowi juga mengutarakan agar masyarakat dapat menyelesaikan pekerjaan dari rumah.

"Untuk mengatasi penyebaran Covid-19 membuat kebijakan belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, sebagian ASN bisa kerja dari rumah dengan online dan mengutamakan pelayanan prima dari masyakarat," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (15/3).

Meskipun belum serentak dilakukan, namun sudah tampak beberapa perubahan yang terlihat, salah satunya pada transportasi Transjakarta. Dikutip brilio.net pada Senin (16/3) dari liputan6.com, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengubah pola operasional sebagai tindaklanjut instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan perihal pembatasan layanan angkutan umum untuk mengurangi potensi penularan virus Corona.

Loading...

Dengan kondisi ini dikatakan mulai 16 Maret 2020 hingga 30 Maret 2020, Transjakarta hanya akan mengaktifkan 13 rute dengan headway tiap 20 menit. Namun rupanya hal ini justru menimbulkan penumpukan penumpang di beberapa ruas jalan. Bahkan terlihat antrean panjang disekitar halte Transjakarta.

Beberapa potret kerumunan dan penumpukan penumpang beredar di media sosial sejak Senin (16/3) pagi. Tak sedikit yang mengeluhkan kebijakan pembatasan layanan Transjakarta. Hal ini dinilai tidak membuat orang untuk menjaga jarak satu sama lain, namun malah semakin berdesak-desakan. Berikut brilio.net himpun potret antrean penumpang usai pembatasan rute dari berbagai sumber pada Senin (16/3).

1. Seperti ini potret antrean yang terjadi di salah satu halte Transjakarta. Melalui akun twitter resminya, pihak Transjakarta memberikan informasi bahwa ada pembatasan operasional sehingga membuat waktu tunggu bus hingga 20 menit.

Antrian Transjakarta © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@PT_Transjakarta

2. Melalui informasi yang diberikan dalam akun Twitter Transjakarta, banyak pengguna yang merasa waktu tunggu 20 menit membuat masyarakat menunggu terlalu lama.

Antrian Transjakarta © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@james_1410

3. Tak sedikit yang menyayangkan kebijakan mengenai pembatasan operasional Transjakarta.

Antrian Transjakarta © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@PT_Transjakarta

4. Dalam akun Twitter resminya, pihak TransJakarta menyarankan masyarakat untuk menggunakan opsi transportasi lain jika dirasa masih perlu untuk bepergian.

Antrian Transjakarta © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@ginadys

5. Kebijakan baru ini juga membuat antrean panjang, seperti yang diunggah salah satu warganet berikut.

6. Pembatasan operasional TransJakarta juga membuat sebagian masyarakat pada akhirnya memilih alternatif transportasi lain untuk beraktivitas.