×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Mitos berpuasa ini perlu kamu tahu kebenarannya, pahami ya

View Image

0

BRILIO » Serius

6 Mitos berpuasa ini perlu kamu tahu kebenarannya, pahami ya

Mitos ini banyak yang masih percaya lho.

20 / 05 / 2018

Brilio.net - Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan itu mereka serentak menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Selama Ramadhan, umat Islam harus menahan haus dan lapar selama kurang lebih 13 jam lamanya. Ternyata, banyak keuntungan yang bisa didapat ketika menjalankan ibadah puasa lho. Salah satunya adalah menahan hawa nafsu dan juga mengingatkan jika banyak orang tidak mampu sering kelaparan.

Meski ajaran puasa sudah lama, namun masih banyak masyarakat yang keliru. Masih banyak masyarakat yang percaya mitos yang belum tentu kebenarannya. Berikut 6 mitos yang masih dipercaya masyarakat saat menjalankan ibadah puasa seperti dilansir brilio.net dari Indy100.com, Minggu (20/5).

1. Wajib puasa tanpa terkecuali

Salah satu mitos yang sering dipercaya saat bulan puasa adalah harus puasa wajib apapun yang terjadi. Padahal dalam ajarannya, puasa hanya diperuntukan bagi siapa saja yang memiliki kondisi tubuh yang sehat dan mampu melakukan puasa. Bagi yang sakit tidak dianjurkan dan bisa mengganti puasa dilain hari.

Loading...

2. Tidak boleh menggunakan obat

Konsumsi obat saat menjalankan ibadah puasa memang dilarang karena membatalkan. Tapi tidak semua obat bisa membatalkan. Sebuah Dewan muslim di Inggris telah mengeluarkan pernyataan bagi orang yang mengonsumsi obat tertentu seperti obat tetes mata, tetes telinga, dan suntikan.

3. Tidak boleh gosok gigi

Banyak masyarakat yang menganggap menyikat gigi membatalkan puasa karena air yang masuk ke mulut dapat tertelan. Padahal saat tidak mengonsumsi apa-apa selama seharian mulut akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi setiap orang boleh menyikat gigi untuk menjaga kebersihan fisik.

4. Ramadan hanya tentang puasa dan makanan

Banyak orang yang menganggap bahwa saat Ramadan yang terpenting adalah hanya menahan haus dan lapar saja. Padahal kamu harus menjaga diri dari perkataan dan sifat yang tidak baik. Kamu juga dianjurkan untuk bisa lebih sabar menahan diri, membicarakan orang dan sifat negatif lainnya.

5. Tidak diizinkan makan sebulan penuh

Setiap orang yang menjalankan ibadah puasa hanya dianjurkan untuk menahan haus dan lapar saat siang hari. Setelahnya harus makan makanan bergizi untuk menambah energi.

6. Tidak boleh menelan ludah

Hal yang tidak mungkin kalau kamu tidak menelan ludah sendiri selama seharian. Menelan ludah tidak membuat puasa kamu batal.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more