Brilio.net - Bersepeda kini tidak lagi hanya sebatas olahraga fisik, namun juga telah menjadi tren dan gaya hidup. Tapi tentu saja untuk tampil spartan, keren, dan nyaman sepeda kesayangan harus dirawat secara rutin dengan baik, mulai dari urusan tampilan hingga performa. 

Meski sepeda adalah kendaraan tanpa motor, bukan berarti perawatannya dilakukan seadanya saja ya. Sepeda yang memboyong beberapa bagian mekanis, membutuhkan perawatan ekstra agar sepada kamu tetap oke.

Saat ini di pasaran banyak produk perawatan sepeda yang bisa kamu gunakan untuk merawat sepeda kesayangan, salah satunya Novapro. Tidak hanya penampilan produknya yang eksklusif, kualitas produknya juga dibuat dengan formulasi terbaik. “Merawat sepeda jadi lebih hemat waktu dan tenaga, dengan hasil yang efektif dan efisien," ujar Chairul Ichwan, CEO Novapro.

Tips merawat sepeda © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Brand lokal ini punya produk unggulan paket perawatan sepeda 3 in 1, yaitu Novapro Grid, Novapro Lube, dan Novapro Dressing. Ketiga produk ini menjadi kombinasi produk terbaik untuk merawat sepeda secara menyeluruh baik dari fungsi rantai, gir, hingga frame sepeda. Selain tiga produk unggulan tersebut, ada juga lima produk lain yang tak kalah unggul yaitu Novapro Wax, Novapro Wash, Novapro Wipe, Novapro Grease dan Novapro Dry Lube.

Produk ini mengusung konsep one step solution untuk keperluan perawatan sepeda. Untuk mendapatkan produk ini, kamu bisa mencarinya di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan sejumlah marketplace. 

“Hingga saat ini, Novapro sudah berhasil menawarkan ribuan produknya di pasaran. Inovasi dan kualitas produk premium yang kami tawarkan sangat menarik untuk banyak orang,” lanjut Chairul. 

Nah agar sepeda kamu tetap memiliki performa spartan dan nyaman digunakan, perhatikan beberapa tips berikut.

1. Selalu memerhatikan bagian rantai dan gir

Tips merawat sepeda © 2021 brilio.net

Rantai dan gir merupakan bagian sepeda yang sangat penting. Maklum, rantai dan gir atau sprocket merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga pada sepeda. Tenaga kayuh yang kamu lakukan akan diubah menjadi energi gerak untuk memutar roda. Karena itu bagian ini harus selalu bersih dari kotoran agar tidak mengganggu kamu saat berkendara. 

Nah untuk merawatnya kamu bisa gunakan Novapro Grid, formulasi cairan pembersih rantai yang mampu membersihkan kotoran dan minyak sehingga bebas korosi dan tetap aman untuk karet dan brake. Kamu juga bisa menggunakan Novapro Lube yang merupakan pelumas rantai sepeda yang efektif meningkatkan kecepatan penetrasi sehingga putaran rantai lebih loncer.

2. Perhatikan sistem rem

Tips merawat sepeda © 2021 brilio.net

Satu lagi bagian sepeda yang tak boleh luput dari pemeriksaan adalah komponen bagian rem. Bagian ini sangat penting untuk keselamatan pengendara. Jika karet rem atau disc tromol rem sudah menipis, sebaiknya segera diganti agar sistem pengereman tetap prima.  

3. Selalu periksa komponen bearing

Tips merawat sepeda © 2021 brilio.net

Beberapa bagian sepeda menggunakan bearing, khususnya pada bagian roda. Kendati bentuknya kecil, namun besi bulat yang biasanya terdapat gotri dari baja ini punya fungsi yang sangat penting lho.

Bearing pada roda misalnya, digunakan untuk menghambat gaya gesek putaran roda. Tanpa bearing, roda akan terasa berat saat dikayuh. Artinya fungsi utama bearing adalah untuk menjaga agar poros ban (as roda) tidak langsung bergesekan dengan rumah (roda).

4. Perhatikan kebersihan kerangka

Tips merawat sepeda © 2021 brilio.net

Tidak seperti kendaraan bermotor yang memiliki bodi, tampilan sepeda umumnya hanya berupa kerangka (frame). Selain untuk menopang semua komponen sepeda, kerangka juga berfungsi untuk menahan beban si pengendara. Karena itu struktur kerangka sepeda juga harus menjadi perhatian khusus.

Maklum kerangka merupakan bagian penting yang menentukan handling dan kenyamanan berkendara. Nah selain diperhatikan dari sisi fungsi, tentu saja kebersihan kerangka sepeda juga nggak kalah penting lho.     

Untuk merawatnya, kamu bisa menggunakan Novapro Dressing yang dapat menyempurnakan perawatan sepeda untuk mempertahankan tampilan frame eksterior tetap kinclong.

(brl/red)