Brilio.net - Menjadi youtuber atau influencer sukses kini menjadi impian hampir seluruh anak muda. Maklum, selain cepat tenar, pendapatan yang bisa diraih juga sangat menjanjikan.Tengok saja Rachel Vennya, yang menjadi inspirasi bagi 4,6 juta followers Instagramnya untuk mensyukuri hidup, kini mampu memiliki sejumlah bisnis. Atau Atta Halilintar seperti dikutip socialblade.com, pendapatannya diperkirakan mencapai ratusan juta sampai miliaran rupiah per bulan melalui konten-konten video di YouTube.

Tak pelak, kedua sosok muda tersebut menginspirasi generasi saat ini untuk menjadi seorang content creator. Semua pun berlomba-lomba membuat beragam konten unik dan menarik yang kemudian diungggah ke media sosial.

Tapi sebenarnya apa saja yang harus dimiliki untuk sukses seperti Rachel Vennya atau Atta Halilintar? Head of Marketing Universitas Bina Sarana Informatika, Achmad Baroqah Pohan menjelaskan, ada empat keahlian utama yang harus dimiliki agar sukses menjadi seorang content creator. Apa saja ya?

1. Jiwa kreatif

Tips Youtuber © 2020 brilio.netiso.500px.com

Loading...

Mengemas sebuah ide menjadi konten menarik adalah kunci utama untuk sukses. Jangan bosan untuk terus menggali ide dan referensi di internet agar kreativitas terasah.

2. Percaya diri

Tips Youtuber © 2020 brilio.netthebusinesswomanmedia.com

Selain kreatif, menjadi seorang youtuber atau influencer juga harus percaya diri untuk menunjukan kreativitas, termasuk di tempat umum. Sering berlatih di depan cermin dan anggota keluarga dapat membantu mengurangi gugup saat membuat konten.

3. Mampu melihat tren

Tips Youtuber © 2020 brilio.netprovenseo.com

Cari tahu apa yang akan menjadi tren berikutnya. Jeli melihat arus gelombang viral meningkatkan kesempatan orang untuk melihat akun kita. 

4. Mampu mempelajari karakter sosial media

Tips Youtuber © 2020 brilio.nettruspace.ca

Setiap platform memiliki karakter audience dan jenis konten yang berbeda. Instagram, misalnya, membutuhkan konten visual berkualitas karena perilaku audiencenya lebih menyukai visual.

Selain empat skill wajib di atas, Achmad menambahkan bahwa faktor lingkungan dan pergaulan tidak kalah pentingnya untuk mendukung kesuksesan. Menurutnya, dengan berada dalam lingkungan pergaulan yang kreatif dan memiliki minat yang sama akan mendorong kita menjadi lebih kreatif.

Perguruan tinggi berbasis ICT terkemuka di Jakarta, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) memberi apresiasi kepada remaja Indonesia yang kreatif dalam mengembangkan talenta dengan menyediakan Beasiswa Talenta. Achmad menjelaskan, program beasiwa ini diberikan untuk para Youtuber, selegram, influencer, vlogger, dan pemilik startUp (usaha rintisan).

“Tujuan kami hanya memberikan peluang bagu para pemilik talenta untuk dapat melanjutkan pendidikan dan mengembangkan talentanya lebih baik dan berkembang lagi,” tutup Achmad.