Brilio.net - Setelah hilang kontak sejak Rabu (21/4) di lautan Bali, pada Minggu (25/4) kemarin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya dinyatakan gugur dalam tugas mulia.

"53 personel onboard telah gugur, prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali," ujar Panglima TNI, seperti yang brilio.net kutip dari liputan6.com.

Dari pernyataan Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto ini juga terdapat empat fakta terkini terkait tenggelamnya KRI Nanggala-402. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (26/4), berikut kumpulan fakta terkait musibah yang menimpa KRI Nanggala-402.

1. Sebanyak 53 prajurit di KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur.

fakta tenggelamnya kri nanggala Berbagai sumber


foto: Instagram/@submarines.id

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dengan berat hati menyatakan bahwa ke 53 kru KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur. 

"53 personel onboard telah gugur, prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali," ujar Panglima TNI, seperti yang dikutip dari liputan6.com.

2. Ada bukti otentik untuk menyatakan seluruh prajurit sudah gugur.

 

Hadi menyatakan, seluruh awak KRI Nanggala-402 gugur. Ada bukti otentik terkait gugurnya para prajurit bersama KRI Nanggala-402 yang terbelah menjadi tiga bagian.

"KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magnetometer," ucap dia.

"Telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detail, MV Ship Rescue juga telah menurunkan ROV-nya untuk memperkuat citra bawah air secara visual menggunakan kamera," imbuh Hadi.

Dari hasil itu dipastikan bahwa bagian-bagian yang ditemukan itu memang benar-benar milik KRI Nanggala-402.

"Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11," ucapnya.

Dari hasil penemuan itu, Hadi menyimpulkan seluruh awak KRI Nanggala gugur.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," kata Hadi.

3. Seluruh prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur dinyatakan mendapat kenaikan pangkat.

fakta tenggelamnya kri nanggala Berbagai sumber


foto: Instagram/@krinanggala402

Hadi menyampaikan, seluruh prajurit yang gugur bersama KRI Nanggala-402 akan mendapatkan kenaikan pangkat secara berjenjang. Proses kenaikan pangkat ini akan segera dilakukan, dan sebelumnya akan dilaporkan untuk mendapat persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo.

"Kita akan memberikan suatu penghargaan kepada para prajurit Hiu Kencana Nanggala-402 dan itu akan kami ajukan secara berjenjang kepada Bapak Presiden yaitu berupa kenaikan pangkat," terang Hadi.

4. Ungkapkan rasa duka yang mendalam.

 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga mengungkapkan rasa duka dan belasungkawa yang sangat mendalam bagi seluruh keluarga yang ditinggalkan 53 kru KRI Nanggala-402.

"Saya sampaikan rasa duka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan memberi keikhlasan dan ketabahan," tutupnya.