Brilio.net - Tiga mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) peserta The Great Camping (TGC) Mapala UII, 13-20 Januari, meninggal saat kegiatan di Gunung Lawu, Lereng Selatan, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Mereka adalah Muhammad Fadhli, mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2015, meninggal pada hari Jumat (20/1) dalam perjalanan menuju RSUD Karanganyar. Mahasiswa kedua atas nama Syaits Asyam, program studi Teknik Industri angkatan 2015, meninggal dunia pada Sabtu (21/1) setelah sempat dirawat di RS Bethesda.

Dan terakhir, Ilham Nurfadmi Listia Adi, meninggal di RS Bethesda Selasa (24/1) dini hari WIB. "Adik saya Ilham meninggal dunia," begitu pesan singkat Ermy, kakak korban Ilham Nurfadmi, kepada brilio.net, Selasa (24/1).

Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc melalui keterangan pers membenarkan bahwa mahasiswanya meninggal saat kegiatan. "Seluruh civitas akademika UII mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga besar Almarhum semoga almarhum diampuni dosa-dosanya dan diterima amal ibadah-Nya, dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," ungkapnya.

Lebih lanjut Harsoyo menandaskan, komitmen UII mengungkap semua fakta terkait kematian mahasiswanya tersebut. UII juga akan menindak tegas oknum-oknum yang terlibat.

Loading...

"Apabila terbukti terjadi penyimpangan, maka seluruh kegiatan (termasuk Pendidikan Dasar seperti TGC) akan dibekukan sampai ada komitmen untuk perbaikan mekanisme pelaksanaan kegiatan sesuai dengan prosedur dan kembali sesuai dengan tujuan awal, yaitu membentuk jiwa patriotik dan nilai-nilai kemandirian, kecintaan terhadap alam, dan tanpa kekerasan."