Brilio.net - Dugaan adanya pelecehan seksual terhadap pramugari Garuda Indonesia membuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir angkat bicara.

Mencuatnya dugaan adanya pelecehan seksual ini usai akun media sosial @digeeembok dilaporkan ke polisi lantaran menuding Vice President Cabin Crew PT Garuda Indonesia Roni Eka Mirsa sebagai germo pramugari Garuda Indonesia.

Salah satunya kicauan akun tersebut pada 10 Desember pukul 19.15 WIB. "Kasihan sama pramugari yang sudah tersiksa dan dibungkam untuk tidak bersuara sama kelakuan direktur-direktur VP yang bejad," tulis akun @digeeembok.

Menteri Erick Thohir pun akan menindak tegas para pejabat perusahaan pelat merah Garuda yang melakukan pelecehan seksual terhadap pegawai perempuan. Meski begitu, ia menjelaskan bahwa dugaan masalah pelecehan seksual ini bukanlah ranah kementeriannya, melainkan wewenang pihak kepolisian.

Berikut tanggapan dan langkah Menteri Erick Thohir terkait adanya dugaan pelecehan seksual di Garuda Indonesia, seperti dihimpun brilio.net dari liputan6.com dan berbagai sumber lainnya, Kamis (12/12).

 

1. Mengaku bukan ranah kementerian BUMN.

erick thohir angkat bicara  liputan6
foto: liputan6.com 

 

Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara soal pejabat Garuda Indonesia yang melaporkan akun media sosial @digeeembok ke polisi lantaran menudingnya sebagai germo.

Erick Thohir menjelaskan bahwa masalah ini bukanlah ranah kementeriannya, melainkan wewenang pihak kepolisian.

"Gini lah, kalau amoral seperti itu kan pasti nanti prosesnya nanti bukan di saya, tapi itu mungkin hukum yang lain, yaitu mungkin di kepolisian," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (11/12).



2. Menindak tegas pejabat pelaku pelecehan seksual.

erick thohir angkat bicara  liputan6 foto: merdeka.com 

 

Meski begitu, Erick Thohir akan menindak tegas para pejabat perusahaan pelat merah yang melakukan pelecehan seksual terhadap pegawai perempuan.

Hal ini sebagai tindak lanjut dari isu adanya eksploitasi yang dilakukan pejabat Garuda Indonesia kepada pramugari.

"Kita ke depan saya rasa nanti awal tahun, kita juga akan memastikan (pencegahan) seksual harrasment kepada pegawai perempuan di BUMN itu, harus benar-benar kita tingkatkan," jelas Erick Thohir .


3. Berikan perlindungan pada wanita.

erick thohir angkat bicara  liputan6 foto: liputan6.com

 

Erick Thohir  mengakui, saat ini BUMN memang lebih didominasi oleh kaum laki-laki. Sehingga, dirinya ingin memberikan perlindungan hukum kepada para pegawai wanita.

"Sudah seyogyanya kaum wanita ini harus mendapatkan proteksi yang jelas. Apalagi dari pimpinan-pimpinan yang tidak baik lah," kata dia.

Erick Thohir menyadari bahwa belum ada hukum mengenai eksploitasi perempuan di BUMN. Dia akan mengkaji opsi pemecatan terhadap pejabat BUMN yang melakukan pelecehan seksual.

"Kalau di Amerika itu nanti saya pelajarin, bisa diberhentikan. Apalagi kalau ada pegawai wanita yang jelas-jelas sudah ada seksual harrasment itu," tegas Erick Thohir.