Brilio.net - Media sosial menjadi alat penyampai informasi yang dampaknya paling cepat dirasakan. Peristiwa yang terjadi bisa dilaporkan detik itu juga lewat media sosial. Kecepatannya sungguh berbeda jika dibanding dengan surat kabar, televisi dan juga radio, kecuali saat sedang siaran langsung.

Untuk itu, memiliki media sosial dirasa sangat penting bagi publik figur. Tak terkecuali oleh para menteri Jokowi di Kabinet Indonesia Maju. Hal ini tentu saja berguna untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara cepat dan akurat.

Center for Digital Society (CfDS) Fisipol UGM kembali merilis menteri terpopuler berdasarkan analisis di media sosial. Beberapa waktu lalu, lembaga ini pernah merilis hasil riset yang menyebutkan Susi Pudjiastuti sebagai menteri terpopuler Kabinet Kerja berdasarkan media sosial dan Google. Kini, giliran para menteri di jajaran Kabinet Indonesia Maju yang dianalisis.

Pengambilan data dilakukan pada platform Twitter, Instagram, dan Google Trends dalam dua rentang waktu. Periode pertama dilakukan sebelum pengumuman anggota Kabinet Indonesia Maju mulai 21 Mei sampai 20 Oktober 2019. Periode kedua dilakukan setelah pengumuman nama menteri pada 21 Oktober sampai 26 Oktober 2019.

"Pada riset ini Susi Pudjiastuti tidak diikutsertakan karena sudah tidak terpilih lagi menjadi menteri," ujar Paska Darmawan, peneliti CfDS.

Loading...

Lalu, siapa saja menteri yang paling populer di media sosial? Berikut ini deretannya seperti brilio.net lansir dari liputan6.com, Rabu (30/10).

1. Terpopuler di Twitter.

menteri jokowi paling populer media sosial © liputan6.com

foto: liputan6.com

Hasil analisis pada platform Twitter menunjukkan lima menteri terpopuler secara berurutan, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menkopolhukam Mahfud Md, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Follower atau pengikut Prabowo mencapai 4,2 juta, Mahfud Md tiga juta, Wishnutama 1 juta, Tjahjo Kumolo dan Erick Thohir berkisar 150.000.

"Untuk engagement Twitter per hari, Prabowo dan Mahfud Md sebenarnya tidak jauh berbeda, Prabowo sekitar 300-an per hari," ucapnya.

2. Terpopuler di Instagram.

menteri jokowi paling populer media sosial © liputan6.com

foto: liputan6.com

Sementara analisis pada platform Instagram menghasilkan lima menteri terpopuler secara berurutan, yakni, Prabowo dengan 4,9 juta pengikut, Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan 1,6 juta pengikut, Wishnutama dengan 1 juta pengikut, Erick Thohir dengan 866.281 pengikut, dan Mahfud Md berkisar 400.000 pengikut.

"Lewat analisis media sosial yang bisa diambil kesimpulan Prabowo menjadi menteri paling populer di media sosial, tapi sejak diumumkannya anggota Kabinet Indonesia Maju justru nama Prabowo tidak banyak dicari di mesin pencari Google," kata Paska.

3. Terpopuler di pencarian Google.

menteri jokowi paling populer media sosial © liputan6.com

foto: liputan6.com

Peneliti CfDS lainnya, Vidiskiu Fortino Kurniawan, menyebutkan Nadiem Makarim menjadi menteri yang paling banyak dicari di Google usai pemanggilan calon menteri ke istana. Nadiem menempati urutan pertama Google Trend dengan indeks trend points mencapai 100 alias tertinggi.

Selanjutnya, diikuti nama Edhy Prabowo dengan trend points 35, Fachrul Razi dengan trend points 27, Wishnutama dengan trend points 26, dan Erick Thohir dengan trend points 15.

"Nadiem tidak memiliki media sosial pribadi, tetapi justru namanya banyak dicari di Google," tuturnya.

Ia mengungkapkan hal unik dari analisis di Google Trend adalah pencarian nama diikuti dengan sejumlah pencarian terkait. Nadiem Makarim misalnya, diikuti dengan pencarian nadiem makarim menteri, agama nadiem makarim, dan nadiem makarim pendidikan.

Pencarian terkait yang tidak kalah unik dan bersifat pribadi juga dilakukan untuk Wishnutama dan Erick Thohir. Banyak warganet yang mencari informasi perihal istri para menteri tersebut.