×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
13 Cara meningkatkan daya tahan tubuh biar tak mudah terkena flu

View Image

0

BRILIO » Serius

13 Cara meningkatkan daya tahan tubuh biar tak mudah terkena flu

Penyakit masuk ke tubuh kerena daya tahan tubuh lemah.

27 / 02 / 2019 09:01

Brilio.net - Indonesia adalah negara yang memiliki dua musim, yaitu panas dan hujan. Saat musim hujan, banyak orang yang mudah terkena flu. Penyakit dapat masuk ke dalam tubuh kerena daya tahan tubuh yang kurang maksimal. Ditambah lagi padatnya aktivitas, membuatmu lebih mudah terserang flu.

Biasanya flu berlangsung selama satu atau dua minggu, tapi ada juga yang lebih lama. Flu yang menyerang, dapat merusak segala aktivitas harianmu. Kamu jadi merasa lemah, letih, dan lesu. Penyakit flu itu sangat menjengkelkan, karena cepat dan mudah sekali menular.

Tentu kamu tidak mau kan terkena flu hingga menulari orang lain? Cara terbaik untuk menghindari sakit pada musim hujan ini adalah dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah terkena flu saat musim hujan. Apa saja itu? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/2).

1. Olahraga.

Loading...

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Mengeluarkan keringat dengan membakar kalori dalam tubuh dapat mengurangi risiko terkena flu. Membakar kalori bisa kamu lakukan dengan cara berolahraga. Olahraga adalah penguat kekebalan tubuh agar kamu tidak mudah terserang flu di musim hujan.

2. Minum air putih.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Air putih dikenal dengan minuman yang penuh dengan khasiat. Minum air putih dianjurkan dalam sehari minimal delapan gelas atau dua liter. Minum air putih mampu meningkatkan dan menguatkan sistem pertahanan tubuh. Sehingga kamu tidak akan mudah terserang penyakit.

3. Perbanyak makan buah.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Buah mengandung banyak vitamin dan nutrisi, apalagi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin yang dikandung dalam buah, seperti vitamin C dan D akan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga kamu tidak akan mudah tertular berbagai penyakit, khususnya flu di musim hujan.

4. Pakai masker.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Ada banyak debu yang berterbangan karena efek musim hujan. Kalau kamu tidak hati-hati, debu akan masuk ke dalam hidungmu. Kemudian kamu bisa terkena flu. Maka kamu sebaiknya memakai masker. Masker juga berfungsi untuk menghindari tertularnya flu dari orang lain.

5. Jaga kebersihan badan.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Menjaga kebersihan sangat penting agar kamu tidak mudah terkena flu di musim hujan. Kebiasaan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi setiap hari, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, pakai peralatan bersih saat makan, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Tidur yang cukup.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Orang yang jam tidurnya tidak kurang akan mudah terkena penyakit, dibandingkan dengan yang memiliki jam tidur teratur. Cukup tidur adalah komponen utama saat musim hujan. Menurut Lipman, seorang dokter dari Amerika Serikat, mengatakan dalam sehari kamu sebaiknya tidur selama tujuh jam. Selain itu, kalau bisa usahakan tidur siang selama 20 menit.

7. Konsumsi sayuran hijau.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Tidak semua orang suka mengonsumsi sayuran, apalagi anak kecil. Namun sayuran hijau sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Sayuran hijau mengandung vitamin dan mineral yang banyak dibutuhkan tubuh. Sayuran banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang berkualitas untuk meningkatkan antibiotik dalam tubuh.

8. Tingkatkan sirkulasi udara di rumah dengan membuka jendela kamar.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Salah satu penyebab mudah terserang penyakit adalah tercemarnya udara dalam ruangan karena kurangnya sirkulasi udara. Dilansir brilio.net dari everydayhealth, udara dalam ruangan bisa sampai lima kali lebih tercemar dibandingkan dengan udara luar. Jadi sebaiknya kamu membuka jendela setiap hari.

9. Tanam beberapa tanaman di depan rumah.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Memiliki tanaman dapat membantu membersihkan udara. Misalnya tanaman hias seperti lidah buaya, tanaman laba-laba, dan bunga lili mampu menyaring senyawa organik volatil (VOC). Tanaman ini juga berfungsi sebagai peredam racun polusi udara paling ampuh.

10. Biasakan membawa pembersih tangan alami.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Selama kamu beraktivitas seharian di luar rumah, tentu kamu akan memegang berbagai benda. Benda yang kamu pegang mengandung berbagai macam kuman, yang bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Agar terhindar dari kuman di luar sana, kamu bisa membawa pembersih tangan.

Ada banyak produk pembersih tangan. Nah, salah satunya kamu bisa mencoba pembersih tangan alami seperti minyak lavender. Minyak lavender juga bisa melembabkan tangan selama cuaca buruk.

11. Hindari makanan kalengan.

Heboh cacing di sarden kalengan, ini 3 fakta yang wajib kamu tahu © 2018 brilio.net

foto: istimewa

Di saat musim tidak bersahabat, kamu dianjurkan untuk menghindari makanan dalam bentuk kaleng. Makanan olahan dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Makanan kaleng biasanya banyak mengandung bahan pengawet. Selain bahan kaleng, hindari makan makanan yang sudah lama dibekukan. Makanan yang sudah dibekukan biasanya sudah tidak segar lagi, vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya sudah tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

12. Perkuat ususmu.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Mikroba yang ada di usus tidak hanya membatumu dalam mencerna makanan. Melainkan juga membantu mengatur metabolisme, rasa lapar, berat badan, dan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat sangat tergantung pada kondisi tubuh yang memiliki usus yang sehat.

13. Kurangi merokok.

tahan tubuh flu pixabay

foto: pixabay

Rokok memiliki zat yang berbahaya bagi tubuh. Merokok dapat menyebabkan masalah pada pernapasan. Kemudian saluran napas akan mudah dimasuki virus. Virus yang masuk bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Jadi buat kamu pecandu rokok, sebisa mungkin harus bisa mengurangi rokok.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more