Brilio.net - Selain penampilan, aroma tubuh juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan daya tarik. Parfum menjadi salah satu yang sangat penting dalam keseharian manusia. Satu orang dengan orang lain juga memiliki selera yang berbeda mengenai parfum. Bahkan selera seseorang terhadap satu parfum sering dikaitkan dengan cerminan dirinya. Misalnya saja wanita, kebanyakan dari mereka menyukai aroma parfum lembut dan segar. Bahkan soft and fresh juga menjadi menjadi tren di kalangan selebriti dan selalu laris di pasaran.

Fungsi dasar parfum memang membuat si pemakainya lebih percaya diri dalam bergaul maupun beraktivitas. Bagaimana tidak, ketika beraktivitas dan bergaul kita kerap terhubung langsung dengan seseorang, jika aroma tubuh tidak sedap pastinya sangat mengganggu orang-orang di sekitar, hal ini tentu membuat seseorang tak percaya diri jika tak menggunakan minyak wangi.

BACA JUGA: Waspadai demam berdarah, ini 10 cara alami & ampuh usir nyamuk

Parfum biasanya merupakan campuran dari minyak esensial yang sebuah senyawa aroma atau pelarut dan fiksatif. Pengguna parfum paling banyak adalah para wanita, ini disebabkan karena parfum merupakan salah satu penunjang dari gaya fashion seseorang. Namun apakah wangi harus melulu dengan parfum? Rasanya tidak, pasalnya selain menggunakan parfum, masih banyak cara lain yang dapat membuat tubuh tetap harum. Bahkan bisa tetap bertahan hingga seharian.

Penasaran bagaimana membuat tubuh tetap harum meski tanpa menggunakan parfum? Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/2).

Loading...

1. Selektif memilih makanan.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: aarp.org

Tahukah kamu, makanan yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi aroma tubuhmu? Ketika kamu selektif dalam mengonsumsi makanan, maka tanpa parfum pun aroma tubuhmu tetap segar. Misalnya saja kamu mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, apel dan lainnya. Tubuh akan menyerap dan memancarkan aroma tubuh alami dari buah-buahan yang kamu makan. Seperti buah yang mengandung asam, bisa mengeluarkan toksin penyebab bau badan.

Hal ini juga berlaku untuk jenis sayur-sayuran yang kamu konsumsi, karena sayuran berfungsi menjadi detoks alami dalam membersihkan bagian dalam tubuh. Meski demikian, kamu juga tetap harus selektif salam memilih sayuran. Hindari untuk memakan sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, tauge, dan kembang kol, karena bisa menciptakan bau badan tidak sedap yang dilepaskan melalui keringat.

2. Mencukur bulu ketiak.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: groomingessentialsblog.com

Umumnya, ketiak dan kelamin merupakan bagian tubuh yang paling sering mengeluarkan bau. Hal ini disebabkan dari bulu yang tumbuh di area tersebut cukup lebat sehingga kelenjar apokrin bekerja lebih aktif. Pada udara lembap dan panas, daerah tersebut jadi lebih mudah berkeringat yang akhirnya menumpuk di bulu.

Belum lagi daerah tersebut tertutup sehingga dengan mudah kuman dapat berkembang biak. Reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh kuman ini biasanya menghasilkan metabolit yang menimbulkan bau.

Cara sederhananya agar badanmu terhindar dari aroma tidak sedap adalah dengan mencukur secara rutin bulu-bulu yang tubuh di area ketiak. Selain sebagai penyempurna penampilan, mencukur bulu ketiak sangat baik untuk menjaga aroma tubuh tetap harum.

3. Memakai deodoran.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: dermaglove.com

Penggunaan deodoran juga sangat membantu agar aroma badanmu tetap harum. Pasalnya deodoran berfungsi mengurangi penyebab bau pada keringat. Jika kamu menggunakan deodoran, maka kamu akan merasakan bahwa ketiak akan tetap kering dan tidak mudah berkeringat. Deodoran juga membantu menutupi bau yang disebabkan oleh bakteri dan tidak mengganggu proses pendinginan alami.

4. Gunakan bahan baju yang mudah menyerap.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: shop.nordstrom.com

Bau badan tidak hanya disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi saja, melainkan juga dari baju yang biasanya kerap kita kenakan. Sebab ada beberapa baju yang bahannya sangat berpotensi membuat aroma tubuh menjadi tak sedap, terutama jika bahan baju tersebut terkena keringat.

Sebaiknya gunakanlah pakaian dengan bahan ringan yang terbuat dari kain alami untuk membantu kulit agar lebih leluasa bernapas. Misalnya dengan memilih baju berbahan katun, linen, atau wol ringan yang bersifat menyerap lembap dan membuat sirkulasi udara lebih lancar.

5. Mandi secara teratur.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: shutterstock.com

Menjaga kebersihan badan dengan mandi secara teratur adalah cara paling ampuh untuk menjaga aroma badan tetap segar. Mandi dua kali sehari dapat menghilangkan keringat dan debu yang menempel di tubuh. Dengan begitu tidak ada alasan untuk bakteri tetap menempel di tubuh kamu.

Namun untuk mandi tak hanya sekadar membasahi tubuh dengan air saja, kamu tetap harus selalu membersihkan setiap lipatan pada tubuh menggunakan sabun dan menggosok tubuh secara keseluruhan. Pastikan keringkan dengan baik dengan rutin mengganti handuk.

6. Gunakan lulur seminggu sekali.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: frankbody.com

Mungkin jika menggunakan lulur setiap kali kamu mandi itu akan sangat membuang waktu, ya kan? Belum lagi jika kamu adalah orang yang super sibuk dan terburu-buru. Nah, meski demikian, kamu bisa menggunakan sekali dalam seminggu untuk membersihkan tubuhmu dengan menggunakan lulur.

Hal ini sangat membantu menjaga keharuman tubuhmu. Sebab dengan menggunakan lulur, kulit-kulit matimu akan terangkat. Sel kulit mati juga berperan dalam pertumbuhan bakteri.

7. Gunakan cuka apel.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: thestayathomechef.com

Jika tidak ingin menggunakan deodoran, kamu bisa menggunakan cuka apel sebagai penggantinya. Cuka apel bekerja sangat baik dalam menghilangkan bau badan dan pastinya jauh lebih aman. Kandungan yang terdapat dalam cuka apel bekerja membunuh bakteri yang berkembang pada kulit sehingga tidak menimbulkan bau badan.

Tak hanya di area ketiak saja, namun di area-area tubuh yang mudah berkeringat kamu bisa memberinya cuka apel. Selain itu seperti leher dan selangkangan juga sebaiknya kamu oleskan. Lakukan secara rutin selama 10 menit, karena ini akan sangat membantu dalam menjaga aroma tubuhmu tetap harum. Harum alami nih!

8. Menjaga kelembapan kulit.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: sanfordhealth.org

Kulit menjadi salah satu yang perlu diperhatikan bila kamu ingin tetap tubuhmu memancarkan aroma harum. Menjaganya tak hanya dari luar saja, melainkan juga dari dalam.

Cara simpelnya, minumlah air mineral yang cukup dan rawatlah kulit dengan menggunakan lotion atau pelembap agar terhindar dari masalah kulit kering. Jika rutin melakukannya, maka kamu tak butuh parfum, karena secara tidak langsung aroma alami tubuhmu sudah sangat harum.

9. Menggunakan hair mist.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: boldsky.com

Rambut juga memiliki peranan penting dalam memancarkan keharuman. Jadi pastikan kamu untuk selalu menjaga kebersihan rambut dengan rajin keramas. Selain rajin keramas, kamu juga bisa menggunakan hair mist yang disemprotkan ke atas permukaan rambut.

Hair mist ini juga bisa menjadi solusi untuk kamu yang menggunakan hijab lho, karena selama ditutup kepala akan mudah berkeringat dan bau. Dengan menggunakan hair mist, keharuman rambut akan tetap terjaga.

10. Menggunakan body butter.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: prettypleasecharlie.co.za

Bagi kamu yang merasa malas atau tak punya waktu berlama-lama di kamar mandi, lebih baik menggunakan body butter setelah mandi. Ini akan sangat membantu menjaga keharuman tubuhmu sepanjang hari meski tanpa parfum. Kandungan mentimun dan stroberi akan memberikan kesegaran pada tubuh dalam waktu lama.

11. Rajin olahraga.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: beautyvigour.com

Selain membuat tubuh lebih sehat, rajin olahraga bisa membuat kamu terhindar dari bau badan. Saat kita berolahraga, banyak keringat yang dikeluarkan hal ini justru membantu mengeluarkan kuman dan bakteri yang ada pada pori-pori kamu. Nah, dengan begitu kamu bisa terbebas dari aroma badan yang tak sedap.

12. Ganti pakaian secara rutin.

menjaga tubuh tetap harum istimewa

foto: sheknows.com

Menjaga kebersihan merupakan hal utama yang harus diterapkan dalam hidup, salah satunya dengan rajin mengganti pakaian. Jika kamu berpikir mengganti pakaian dapat membuat cucian menumpuk, itu salah besar. Jika kamu tidak rutin melakukannya, maka dengan mudah membuat bakteri berkembang biak dan dapat menyebabkan bau badan.

Saat kamu menggunakan satu pakaian untuk beraktivitas, maka bakteri pada kulit akan menempel di pakaian tersebut, sehingga wajib bagi kamu untuk mengganti pakaian secara rutin. Jangan malas ya!