Brilio.net - Kasus KDRT yang dialami Lesty Kejora hingga kini masih menuai perhatian publik. Apalagi Lesty mengejutkan publik dengan keputusannya memaafkan hingga mencabut laporan KDRT terhadap Rizky Billar. Padahal, Billar sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (12/10) malam setelah pihak kepolisian mengamankan dua alat bukti.

Lesty mencabut laporan tersebut dan memutuskan berdamai dengan suaminya karena mempertimbangkan anak hasil pernikahannya dengan Rizky Billar. Selain itu, Lesty mengaku bahwa kedua orang tuanya juga sudah memaafkan perbuatan Billar.

Viral ceramah Mamah Dedeh © berbagai sumber

foto: Instagram/@rizkybillar

Keputusannya itu sontak mengecewakan para penggemar yang telah membelanya dan berharap Rizky Billar mendapatkan hukuman yang setimpal. Di samping itu, video lawas ceramah Mamah Dedeh tentang KDRT kembali viral di media sosial.

Dalam video tersebut, seorang jamaah di acara tausiyah Mamah Dedeh bertanya soal keputusan seorang istri yang mengalami KDRT, tapi tetap bertahan demi anak dan menjaga nama baik keluarga.

"Istri yang mengalami KDRT, namun tetap mempertahankan rumah tangganya demi anaknya, karna itu dianggap suatu aib. Bagaimana ini Mah?," tanya seorang jamaah itu dikutip brilio.net dari TikTok @indosiarid, Jumat (14/10).

Mamah Dedeh pun dengan tegas mengatakan bahwa keputusan semacam itu adalah tindakan yang bodoh. Sebab, memaksakan untuk bertahan, meski sebenarnya kondisi rumah tangga sudah tidak sehat itu sama dengan bersikap zalim terhadap diri sendiri.

"Saya bilang itu perempuan yang maaf kata saya bodo, itu kata saya. Demi anak saya pertahankan rumah tangga ini, biarin gue bonyok. Kita punya hak atas tubuh kita, sakit aja wajib berobat, iya apa iya?," jawabnya tegas.

Viral ceramah Mamah Dedeh © berbagai sumber

foto: TikTok/@indosiarid

Menurut Mamah Dedeh, seorang perempuan mempertahankan rumah tangga demi anak walau sudah KDRT, itu tidak dibenarkan. "Ditendang juga dibiarkan, yang penting anak-anak bisa belajar dengan tenang, malu sama orang lain. Maaf, sangat-sangat salah," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa setiap manusia memiliki hak atas tubuhnya sendiri, hak untuk hidup, hak sehat, dan hak untuk tenang. Ia tak habis pikir dengan seorang perempuan rela menderita batin seumur hidup demi mempertahankan rumah tangga.

"Kita punya hak atas tubuh kita, kita sebagai manusia punya hak hidup, hak sehat walafiat, hak (hidup) tenang. Ya Allah, menderita batin seumur-umur," ujar Mamah Dedeh.

Viral ceramah Mamah Dedeh © berbagai sumber

foto: TikTok/@indosiarid

Tidak hanya itu, Mamah Dedeh pun membahas firman Allah SWT yang menekankan manusia untuk tidak menggunakan nafsu dan mementingkan akal sehat. Ia menyampaikan bahwa dalam Islam, istri berhak memilih jalan hidup yang baik untuk dirinya sendiri. "Kita boleh memilih, mana yang terbaik buat saya. Begitulah Islam," tegasnya.

Mendengar pernyataan pendakwah 71 tahun tersebut, warganet pun beramai-ramai memenuhi kolom komentar. Mereka mengaku sangat setuju dengan penjelasan Mamah Dedeh. Mereka merasa istri kena KDRT meminta berpisah justru bisa menyelamatkan mental anaknya.

"wa benar sekali mama Dede,anak akan tumbuh sehat kalau memiliki orang tua yg sehat," ujar @aan_anesta.

"Kali ini 100% setuju dengan mamah Dedeh. Jangan memakai 'anak' sebagai alasan untuk memaksa wanita makin menderita. Karena mental anak pun tidak akan baik-baik saja bila dipaksa melihat ibunya tidak bahagia," tulis @justsing280.

"setuju,hidup kita harus berlanjut dgn kedamaian justru demi anak," timpal @juhaeriahjuju0.

"betul mah ,sakit klau di pertahankan mah , mlah buat kita streess," sahut @dahlia.

@indosiarid Siapa yang kangen mama Dedeh?!#KDRT #MamaDedeh #Indosiar #fyp original sound - Indosiar