Brilio.net - Nama Via Vallen kini tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai linimasa media sosial. Namanya manjadi ramai jadi perbincangan, setelah salah satu pentolan Superman Is Dead (SID), Jerinx menuliskan cuitan yang berisi sentilan bagi Via Vallen yang dianggap telah mencover lagu Sunset di Tanah Anarki tanpa izin.

Menanggapi hal tersebut, Via Vallen akhirnya buka suara. Melalui akun Instagram pribadinya, pelantun lagu Sayang ini menuliskan klarifikasi dalam beberapa point mengenai sentilan yang dilontarkan oleh Jerinx SID.

Dalam salah satu point klarifikasinya, Via Vallen menuliskan bahwa ia bukan mencuri lagu milik SID, tapi hanya menyanyikan lagu tersebuat di atas panggung off air tanpa ada maksud untuk memperkaya diri sendiri.

Via Vallen vs Jerinx lagi  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@viavallen

Loading...

"Soal memperkaya diri dari lagu tersebut, sy juga ingin menjelaskan bahwa sampai detik ini saya belum pernah merasakan 1 rupiah pun uang dari hasil penjualan fisik vcd atay digital (youtube dll) dari lagu tersebut seperti yg anda tuduhkan," tulis Via Vallen.

Di akhir pertanyaannya, Via Vallen juga menyinggung pernyataan Jerinx yang menyebutnnya dengan sebutan "F*ck*ng Wh*re". Sebutan tersebut pun membuat Via Vallen merasa tersinggung dan membuatnya tidak mau melakukan klarifikasi secara langsung dengan Jerinx maupun SID.

Via Vallen vs Jerinx lagi  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@viavallen

"Bagaimana perasaan sy? Apalagi perasaan orang yang telah melahirkan sy? Ibu mana yang terima anaknya disamakan dengan pel*cur??? Jadi apakah sy salah jika sy tidak mau mengklarifikasi face to face dengan orang yang sudah menyamankan saya dengan pel*cur??," tulis Via Vallen.

Pernyataan Via Vallen tersebut pun menuai beragam reaksi dari netizen. Banyak netizen yang justru melayangkan protes untuk Jerinx. Pemilik nama lengkap I Gede Ari Astina ini dianggap tak menghargai perempuan. Tak sedikit pula yang beranggapan bahwa apa yang disampaikan Jerinx sama dengan melecehkan perempuan.

Mendapat beragam komentar tersebut, Jerinx tak tinggal diam. Melalui akun Instagram pribadinya, Jerinx memberikan tanggapan dengan menyebutkan Via Vallen sedang bermain narasi sebagai playing victim.

Via Vallen vs Jerinx lagi  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@jrxsid

"Sudah kebaca narasinya. Playing victim terus hingga orang lupa substansi permasalahannya. Analoginya: masuk dapur orang tanpa permisi, makan yg bisa dimakan, saat dimarah tuan rumah karena dapurnya jadi kotor, langsung deh main sinetron. Tipikal manusia gak tahu terima kasih," tulis Jerinx seperti dikutip brilio.net, Senin (12/11).

Tak hanya itu, Via Vallen pun mempertanyakan mengapa hanya dirinya saja yang dipermasalahkan mengenai cover lagu milik SID. Pertanyaan yang sama pun juga dilontarkan para penggemar Via Vallen yang memenuhi kolom Instagram Jerinx.

Ramai dibombardir pertanyaan tersebut, Jerinx akhirnya memberikan tanggapan melalui akun Instagram pribadinya. Mengunggah potret dirinya tengah bermain gitar di atas panggung, Jerinx menuturkan alasannya menyentil Via Vallen. Menurut Jerinx, ketenaran yang didapat Via Vallen bisa berimbas untuk menyadarkan penyanyi lain.

Via Vallen vs Jerinx lagi  © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@jrxsid

"Kenapa saya cuma serang satu penyanyi? Karena utk tipe penyanyi genre tersebut, dia yg paling terkenal. Dan imbasnya bakalan besar untuk menyadarkan penyanyi lain yg -baik sengaja/tidak- cari makan dengan cara merusak ruh lagu orang lain.

Sama seperti bagaimana dulu hanya SID yg dilarang manggung oleh penguasa karena kami menolak reklamasi Teluk Benoa, sementara band-band lain yg ikut menolak job nya lancar lancar saja," tulis Jerinx pada penggalan captionnya.

Selanjutnya, Jerinx juga menanggapi pernyataan dari beberapa netizen yang menganggapnya hanya mencari sensasi untuk mengangkat nama SID kembali ke pasaran.

"Saya tak butuh lebih banyak ketenaran, SID sudah punya market yg setia sejak lama. Saya angkat isu ini sekarang karena kami baru rilis album dan tak mau lagu-lagu baru kami diperlakukan seperti SDTA

Saya juga tak lakukan ini untuk materi. Pihak istana ingin membeli lagu saya saja saya tolak. Kami bukan pelacur. Silakan google. Saya hanya inginkan kesadaran. Jika tak paham akan lirik/esensi lagu SID, tolong jangan dirusak. Dan jika paham, lakukanlah dengan kesadaran dan itikad baik; untuk sesama, sejarah, masa depan, serta bumi pertiwi," tutup Jerinx.

Melihat postingan tersebut, ribuan netizen pun memberikan beragam reaksi mengenai pernyataan Jerinx. Meskipun sudah menegaskan bahwa ia tak mencari sensasi, namun banyak netizen yang tetap beranggapan bahwa yang dilakukan Jerinx hanya mencari ketenaran lewat permasalahannya dengan Via Vallen. Tak sedikit pula yang memberikan pembelaan untuk sikap Jerikho.

"Berarti fix dong buat promosi lagu baru. Sekalian mau ngumumin kalo dia dulu pernah diperlakukan ga adil. Hem.. jadi pembenaran untuk ga adil untuk yang lain. Sip. Anda bukan pelacur. Anda penyanyi yang hanya ingin mempromosikan lagu baru dg cara ini," tulis akun @ace.mcbrooom.

"Mungkin pengen tenar ya baru dipermasalahin sekarang kak dan yg disalahin cuma 1 penyanyi itu doang karena mbak vv kan udah terkenal makanya kakaknya pngen juga terkenal kalau mau mempermasalahin silahkan langsung secara pribadi bukan bisanya nyindir di medsos biar tenar kak semoga makin maju ya kak," imbuh @tiyasekasari.

"Emang bgini kalo indonesia sudah krisis moral , yang salah di bnerin yang bner malah disalahin.. Tolong open mind sdh jelas2 VV salah tapi msh aja yang membela.. Utk fans Vv tlg dimengerti mksd bang jrx di caption trsbt..," ungkap akun @rizkyade_s.

"Saya aja yang bukan fans via atau fans sid paham bener gimana rasa kecewa pencipta lagunya.. Saya hanya penikmat musik. Kalau lagu yg di coverin viaaa punya sid ada makna terdalam kayak gini aku juga bakalan setuju sama bli. Seharusnya vv sadar diri juga lah , dia kan sudah penyanyi besar yaw , pendatang baru yang sudah mengalahkan penyanyi dangdut lama. Harusnya diaaa punya karya lagu sendiri donk. Lagu yang awalnya dibawakan NK ekh dinyanyikan sama vv. Akhirnya yang naik daun," pungkas akun @denny61192017.