Brilio.net - Penyanyi cantik Andien Aisyah tengah bahagia dengan kehadiran si kecil Anaku Askara Biru atau biasa dipanggil Kawa. Usai melahirkan si mungil Kawa, istri dari Irfan Wahyudi ini pun segera melakukan perawatan usai melahirkan. Tentu setelah melakukan proses melahirkan, bentuk tubuh dari seorang perempuan akan mengalami pelebaran. Menyadari hal tersebut, pelantun lagu Let It be My Way ini mengenakan sebuah kain yang telah menjadi tradisi dalam keluarganya.

Kain yang dililitkan pada bagian perut ini dikenal dengan bengkung. Kain bengkung ini merupakan sabuk panjang atau kain untuk pembebat perut, pinggang, dan sebagainya. Fungsi dari bengkung ini dipercaya mampu menjaga dan membentuk bentuk perut usai melahirkan. Kain bengkung ini mirip seperti stagen yang kerap digunakan perempuan Jawa. Kendati demikian, bengkung ini termasuk kain yang memerlukan waktu pemasangan lebih lama. Pasalnya banyaknya lilitan kain yang harus diikat saat mengenakannya.

Penyanyi cantik Andien pun memilih kain bengkung untuk mengembalikan bagian perutnya. Tak lupa, Andien memosting sebuah foto di mana dirinya tampak mengenakan bengkung di perutnya. Dari postingan tersebut, Andien juga menuliskan sebuah keterangan sebagai berikut.

Bengkung Andien © 2017 brilio.net

foto: instagram.com/@andienaisyah

Loading...

"My kind of style untuk beberapa waktu ke depan, heheh ?? Tradisi dari nenek, turun ke ibu, lalu turun ke saya; bengkung setelah melahirkan. Berapa hari yah kira-kira sebaiknya memakai bengkung? ?????? #Bengkung #BellyBinding"

Dalam postingan yang dikutip brilio.net, Kamis (23/2) tersebut, Andien menyelipkan pertanyaan berapa lama sebaiknya memakai bengkung? Postingan ini pun ramai dikunjungi netizen. Seperti akun @yuanditriiiii, "bengkungnya aja kece begini @tishahahaha"

Sementara itu, akun @atmasoenyoto menuliskan, "Saluuuut sama @andienaisyah mau dan telaten pake bengkung. Orang lain ngeliatnya ribet, tapi percayalah kedepannya membawa hasil yang bagus buat penampakan perut Ibu-Ibu selepas bersalin. Efek jangka panjangnya bikin enak dibadan (kata Mertua saya) dan saya sedang dalam proses pembuktian itu."

Bengkung Andien © 2017 brilio.net

foto: Istimewa

Tak hanya mengapresiasi dari langkah yang diambil Andien. Akun @mirasuhartini101086 pun menjawab pertanyaan dari ibu satu anak ini, "Iiealnya sich klw kta org tua 40hri.tpi klw ada yg kuat smp lbih dr itu kg gpapa.lbih baik.cma ada sbgian org yg risihh.tpi hsilnya ok mba.krna slma 40 hri itu ottot msh mudah d bentuk.mw d lpas atw g hsilnya akn mempengaruhi.klw org jwa blgnya bengkung.klw jawa barat(sunda)blgnya gurita.smangat mba andien.sygi tbuh kt."

Hal serupa juga dilakukan oleh akun @amierochmah. "Hehehe jd keinget tradisi sya juga setelh melahirkn..smpe 3 buln...?? klo udh biasa...malah enak d pakein bengkung."

"Kalo saya dulu 2 bulan lebih mbak @andienaisyah padahal saya secar... :) semoga cepat pulih ya mbak," jawab akun @sefrianaleliya88.

Tak sedikit pula yang menanyakan dari mana bengkung itu diperoleh. Pasalnya, bengkung sudah mulai ditinggalkan mengingat ada banyaknya pengobatan atau cara lain untuk mengembalikan tubuh ibu usai melahirkan. Bukan hanya itu, pemakaian yang cukup ribet juga membuat kain tradisional ini semakin ditinggalkan.

Akun @fathania0717 pun mengingkan Andien untuk membagi cara pemakaiannya. "Share cara pakenya dong mba @andienaisyah sama jenis kainnya, baru liat yg diiketnya kya gini.. Pengen pake soalnya. Makasih sbelumnya."

"@andienaisyah mba beli dmn yakkk," tanya akun @nhanasapari.