Brilio.net - Berkembangnya media sosial membuat sederet selebritis membuat akun media sosialnya sendiri. Selain untuk membranding diri sendiri, media sosial tersebut banyak digunakan untuk menjajakan iklan tertentu yang mereka sukai atau ada orang lain yang memesan.

Harga per iklan pun bervariasi. Mulai satu postingan di feed, 1 story foto, hingga 1 video. Pihak yang ingin mengiklankan produknya bisa memilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

Dengan modal popularitas dan pengikut yang banyak, membuat para selebritis tak ragu untuk mematok harga. Seperti halnya iklan di media massa, iklan di akun personal selebritis juga punya rate yang berbeda-beda. Harga tersebut bisa dihitung berdasarkan keterjangkauan akun dengan pengikut yang besar. Semakin banyak pengikutnya, maka semakin mahal pula tarif untuk satu iklan.

Pada 2019, HopperHQ mengeluarkan laporan Instagram Rich List 2019, menempatkan beberapa artis Indonesia yang paling tinggi menarik tarif iklan atau endorse. Dilansir brilio.net dari HopperHQ dan berbagai sumber, Rabu (7/7), berikut tarif iklan beberapa seleb Indonesia pada 2019 dan 2020. Nggak menutup kemungkinan tarif ini akan disesuaikan seiring waktu dan tergantung produk yang diiklankan ya, Sobat Brilio. Simak yuk ulasan berikut!

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Raditya Dika.

Tarif endorse 8 seleb berbagai sumber

foto: Instagram/@raditya_dika

Raditya Dika menempati urutan pertama yang memasang iklan paling mahal di akun Instagram-nya. Menurut laporan HopperHQ, tarif Raditya Dika diperkirakan mencapai USD 83.600 atau setara Rp 1,16 miliar untuk sekali unggahan. Saat ini, Raditya Dika sudah mempunyai 17,5 juta pengikut di Instagramnya.

2. Syahrini.

Tarif endorse 8 seleb berbagai sumber

foto: Instagram/@princessyahrini

Laporan HopperHQ menyebut Syahrini sebagai artis yang memasang iklan endorse termahal kedua setelah Raditya Dika. Pemiliki akun Instagram @princessyahrini itu sudah memiliki 36,1 juta pengikut. Biaya untuk sekali unggahan memerlukan Rp 100 juta.

3. Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Tarif endorse 8 seleb berbagai sumber

foto: Instagram/@raffinagita1717

Pasangan ini hanya mempunyai satu akun saja yang digunakan bersama-sama. Menurut daftar HopperHQ, dikabarkan keduanya memasang tarif endorse sekitar Rp 100 juta untuk video sekali tayang di Instagram-nya selama 10 menit. Sampai saat ini, akun Instagram @raffinagita1717 sudah mempunyai 53,8 juta pengikut.

4. Ayu Ting Ting.

Tarif endorse 8 seleb berbagai sumber

foto: Instagram/@ayutingting92

Artis yang terkenal dengan lagu Alamat Palsu ini memiliki pengikut Instagram sebanyak 48,1 juta. Hal tersebut membuatnya tak ragu memasang tarif untuk setiap pihak yang ingin mengiklankan produk di akun miliknya. Sekali unggahan video di Instagram-nya, Ayu Ting Ting memasang harga sebesar Rp 17 juta.

5. Luna Maya.

Tarif endorse 8 seleb berbagai sumber

foto: Instagram/@lunamaya

Luna Maya mematok harga iklan di akun Instagram sendiri sebesar Rp 11, 2 juta untuk sekali unggah. Akun Instagram-nya @lunamaya sudah memiliki 30,5 juta pengikut.

6. Prilly Latuconsina.

Tarif endorse 8 seleb berbagai sumber

foto: Instagram/@prillylatuconsina96

Selain versi HopperHQ, iklan endorse yang cukup mahal adalah tarif iklan milik Prilly Latuconsina. Dalam akun Youtube Boy William pada 2020, Prilly mengaku memasang tarif sebesar Rp 100 juta untuk sekali unggah di akun Instagram-nya. Akun atas nama @prillylatuconsina96 itu sudah memiliki 41,9 juta pengikut di Instagram.

7. Nikita Mirzani.

Tarif endorse 8 seleb berbagai sumber

foto: Instagram/@nikitamirzanimawardi_172

Nikita Mirzani pernah mengungkapkan dalam vlog BRIZ Entertainment pada 2020 tentang tarif endorsenya. Pemilik akun Instagram @@nikitamirzanimawardi_172 itu memasang tarif endorse dengan beberapa variasi.

Kalau foto story 24 jam tarifnya di bawah Rp 10 juta, sementara video di atas Rp 15 juta. Sedangkan unggahan foto di feed di atas Rp 25 jutaan. Bahkan, untuk brand-brand besar, ia bisa memasang harga Rp 50 juta untuk sekali posting.

8. Zaskia Adya Mecca.

Tarif endorse 8 seleb berbagai sumber

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Dalam sekali unggahan pada 2020 di akun Instagram pribadinya, istri Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca memasang tarif Rp 10 juta untuk produk kecantikan. Sedangkan untuk produk nonkecantikan, ia memasang tarif Rp 5,6 juta. Sementara untuk postingan video, butuh Rp 14,5 juta untuk memesannya.

Harga paling murah untuk satu kali postingan adalah untuk satu kali unggahan story Instagram. Sampai saat ini, akun Instagram Zaskia Adya Mecca @zaskiadyamecca sudah mempunyai 19 juta pengikut. Bahkan, menurut Hanung Bramantyo sendiri dalam live Instagram pada 2020 lalu, tarif endorse istrinya tersebut mencapai 30 juta.

(brl/lin)

(brl/lin)