1. Belinda jadi juara MCI Season 11.

kontroversi mci 11 © berbagai sumber

foto: Instagram/@belinda.mci11

MasterChef Indonesia Season 11 dimenangkan oleh Belinda Christina Sianto. Belinda memenangkan babak grand final setelah melawan Rizkisyah Putra Singarimbun alias Kiki pada Sabtu (25/11) dan Minggu (26/11) kemarin.

Bukannya mendapatkan selamat, publik justru mengkritik ada hal janggal dalam proses penilaian kompetisi masak yang mengudara di salah satu stasiun televisi itu.

Salah satu protes yang paling kencang dilayangkan adalah bahwa Belinda tidak layak menyandang gelar juara 1 MCI 11. Sebab dilihat dari penayangan grand final tersebut, masakan dan kemampuan memasak Kiki sangat terampil dan meyakinkan. Bukan hanya itu, masak-masakan Kiki di babak-babak tertentu mendapatkan penilaian positif dari para juri MCI.

2. Prahara Lamb-Rack: Belinda tak bisa memotong daging.

kontroversi mci 11 © berbagai sumber

foto: Twitter/@goodghan

Menjadi seorang master dalam memasak bukan sekadar menciptakan masakan yang enak saja, tapi keterampilan memasak juga tak luput dari penilaian. Dalam permasalahan ini, keterampilan Belinda di prahara Lamb-Rack menjadi sorotan.

Bukan tanpa sebab, saat sedang berkompetisi, Belinda tampak kesulitan memisahkan daging dengan tulang. Dia mencoba menarik dengan tangan serta pisaunya, tapi tetap tidak bisa. Hingga akhirnya, Belinda meminta bantuan Kiki untuk memotongnya.

"Wajar netijen marah banget sama grand final MCI 11. Mereka bisa ngeles segala macem, tapi kejadian dalam foto di bawah (Kiki bantu Belinda memotong daging) sulit disanggah." cuit salah satu pengguna Twitter, @goodghan.

3. Ganjar Pranowo dan istri datang ke MCI 11.

kontroversi mci 11 © berbagai sumber

foto: Twitter/@goodghan

Bukan cuman persoalan antara Kiki dan Belinda, kehadiran Ganjar Pranowo di MasterChef Season 11 juga menuai cibiran dari warganet. Ganjar yang saat ini mencalonkan sebagai Presiden 2024 hadir sebagai pemberi hadiah kepada juara MCI saat itu.

"Satu-satunya yang layak dihujat menurut gw kehadiran Gandar Purnomo (Ganjar Pranowo). Mau diliat dari sisi mana pun bener-bener gak masuk konteks." ungkap @goodghan.