Brilio.net - Sudah banyak diketahui kalau idol dan K-Pop memang nggak bisa jauh-jauh dari yang namanya jago nyanyi dan nge-dance. Selain itu mereka juga dituntut untuk bisa menguasai talenta-talenta yang lain seperti jago variety show, melucu hingga memasak.

Namun ada satu talenta lagi yang cukup bisa mengejutkan buat kalian para penggemar musik dan budaya Korea. Ada idol K-Pop yang menerbitkan buku karya tulisan mereka sendiri, lho. Di buku-buku tersebut terdiri dari kisah tentang perjalanan karier, tentang fashion, hingga ada yang berupa novel. Wah, keren!

Dilansir brilio.net dari Allkpop, Jumat (10/3), di bawah ini ada 12 idol K-Pop yang sudah menerbitkan buku karya mereka. Siapa aja? Yuk, simak di bawah ini!

1. Hyoyeon - Girls' Generation.

Loading...

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Di tengah kesibukan aktivitasnya bersama Girls' Generation, Hyoyeon pernah menerbitkan buku tentang style dan desain yang berjudul 'HYO Style'. Cocok banget buat kamu yang ingin meniru gaya Hyo yang sudah berkecimpung di K-Pop selama 10 tahun ini.

2. Tablo - Epik High.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Tablo dikenal sebagai seorang penulis buku yang emosional, pesan yang mendalam dan penuh dengan pemikiran-pemikiran kritisnya, seperti dalam buku yang berjudul 'Pieces of You'. Dan tahun lalu, ia baru saja merilis buku yang berjudul 'Blonote', yang berisi tentang pesan kepada keluarga, teman, hingga tentang kehidupan sehari-hari.

3. Lee Hyori.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Percaya atau tidak, idol seksi ini juga pernah menerbitkan beberapa buku. Salah satunya bahkan menempati best seller, yaitu buku yang berjudul 'Closer: The Story Started by Hyori and Soonshim'.

4. Hongki - F.T. Island.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Bukan cuma cewek yang bisa nail art, Hongki yang memang dikenal sebagai si fashionista dengan style rambut dan nail art, akhirnya menerbitkan buku yang berjudul 'Lee Honggi Nail Book'.

5. Park Han-byul.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Aktris yang langganan mendapatkan award ini juga menumpahkan kreativitasnya ke dalam buku yang menggambarkan dirinya sendiri. Bercerita tentang perjalanan kariernya, hingga fashion dan fotografi, Han-byul menuangkannya ke buku 'Park Han Byul's Tip Story'.

6. Onew, Key, dan Taemin - SHINee

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Ketiga member SHINee ini juga pernah menerbitkan buku tentang perjalanan mereka selama di Barcelona, Spanyol. Buku yang berjudul 'The Sons of The Sun' ini berkisah mulai dari tempat-tempat bersejarah di Spanyol, kehidupan masayarakat Spanyol, makanan khas Spanyol, hingga bagaimana mereka merefleksikan karier mereka selama ini. Sekadar info, buku ini sudah ada versi Bahasa Indonesia-nya lho!

7. Goo Hye-sun.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Novel berjudul 'Tango' ini juga merupakan semi-autobiografi yang berkisah tentang cinta dan patah hati, serta berisi gambar asli karya sang aktris. Dengan konten yang menarik seperti itu, nggak heran kalau buku ini jadi best seller di Korea.

8. Jang Geun-suk.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Kecintaannya pada makanan menginspirasi sang aktor untuk menerbitkan 'Love Recipe' di Jepang. Ada DVD-nya juga, lho!

9. Big Bang.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Kalian terkejut nggak? Yup, mereka memang pernah menerbitkan buku autobiografi yang berjudul 'Shouting Out To The World'. Yang ngaku VIP pasti udah pada punya, kan?

10. H.O.T.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Kalau kamu adalah penggemar K-Pop generasi pertama, buku H.O.T yang berjudul 'H.O.T Forever' ini bisa jadi 'pintu' kembali ke masa lalu untuk menyelami K-Pop zaman '90-an.

11. Jonghyun - SHINee.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

Main vocal SHINee ini memang dikenal sebagai seseorang yang kritis sekaligus seringkali mengungkapkan pendapatnya melalui kata-kata yang indah. Nggak heran kalau ia juga akhirnya menerbitkan buku yang berjudul 'Skeleton Flower'.

12. L - Infinite.

k-pop bikin buku © 2017 brilio.net

L atau Kim Myung-soo memang dikenal oleh fans sebagai seseorang yang memiliki passion di bidang fotografi. Nggak mau disimpan sendiri, Myung-soo akhirnya menerbitkan buku yang merupakan foto essai berjudul 'L's Bravo Viewtiful Photo Essay Book'.