Brilio.net - Brilio.net - Negeri Sakura atau Jepang memang memiliki industri musik terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Jadi sangat tidak mengherankan jika musisi K-Pop juga turut menyerbu pasar musik di Jepang. Banyak dari musisi K-Pop yang memulai debut di Jepang dan berusaha mengambil hati penikmat musik di sana.

Selain penjualan album dan single mereka di Jepang, ada satu hal lagi yang bisa menjadi tolok ukur kesuksesan suatu musisi di Negeri Sakura. Yaitu menggelar konser di Tokyo Dome. Siapapun yang mampu menggelar konser di venue terbesar Jepang ini bisa dianggap telah mengukir prestasi di Negeri Sakura.

Memang sudah banyak grup idol K-Pop yang sudah mengadakan konser di Jepang. Namun apabila mereka belum melakukan konser di Tokyo Dome, mereka belum bisa dikatakan sebagai musisi yang besar dan diterima oleh penikmat musik di Jepang. Hanya musisi atau artis terpilih saja yang bisa manggung di Tokyo Dome. Ada beberapa grup idol Korea yang pernah melakukan konser di stadion berkapasitas 55.000 tersebut. Siapa saja? Yuk simak ulasan brilio.net dihimpun dari berbagai sumber, Senin (6/3)

1. Rain.

K-Pop Tokyo © 2017 brilio.net

Loading...

Meski bukan merupakan grup idol, tapi solois Rain atau Bi ini menjadi idol Korea pertama yang mengadakan konser di Tokyo Dome. Ia berhasil menyelenggarakan konser di tahun 2007 dengan dihadiri 45.000 penonton.

2. TVXQ.

K-Pop Tokyo © 2017 brilio.net

Jika kita membicarakan grup K-Pop yang berhasil di Jepang, memang TVXQ menjadi idol K-Pop yang wajib masuk list ini. TVXQ bisa dibilang adalah pembuka jalan bagi musik K-Pop di pasar Jepang. Mereka menjadi grup idola K-Pop pertama yang menyelenggarakan konser di Tokyo Dome pada tahun 2009. Dengan mengambil tema The 4th Live Tour 2009, TVXQ berhasil melakukan konser di Tokyo Dome pada tahun 2009 selama dua hari berturut-turut dan dihadiri 110 ribu penonton.

3. Super Junior.

K-Pop Tokyo © 2017 brilio.net

Boyband ini menjadi grup K-pop kedua yang menyelenggarakan konser di Tokyo Dome selama dua hari berturut-turut pada Mei 2012 dengan dihadiri oleh 110 ribu lebih penonton dan memenuhi venue dengan warna sapphire blue yang khas dari ELF, sebutan fans Super Junior.

4. KARA.

K-Pop Tokyo © 2017 brilio.net

KARA memang menjadi salah satu grup K-Pop yang memiliki penjualan single tinggi di Jepang. Single Jepang KARA yang berjudul Speed Up Girl Power yang dirilis pada tahun 2012 lalu, sukses meraih total penjualan sebesar 155.177 kopi. Tidak hanya sukses dengan penjualan album dan single, KARA juga didapuk menjadi girlband asing pertama yang melakukan konser tunggal di Tokyo Dome pada tahun 2013 dengan jumlah penonton yang mencapai 45.000.

5. Girls' Generation.

K-Pop Tokyo © 2017 brilio.net

Girls' Generation atau lebih dikenal sebagai So Jou Ji Dae di Jepang memang termasuk sebagai girlband yang digandrungi di negeri Sakura. Pada tahun 2014, mereka menggelar konser di Tokyo Dome. Selama tiga jam, mereka membawakan 27 judul lagu dan menghibur 50.000 penggemar yang hadir di venue terebut.

6. SHINee.

K-Pop Tokyo © 2017 brilio.net

SHINee juga bisa dibilang sebagai grup idol K-Pop yang sukses melakukan debut di Jepang. Setelah resmi debut pada tahun 2011 melalui lagu Replay versi Jepang hingga memecahkan rekor 91.000 kopi pada minggu pertama dirilis, rekor demi rekor juga mereka raih di Jepang.

Hingga pada tahun 2015 lalu, mereka mengukuhkan kesuksesan mereka dengan mengadakan konser tunggal yang dihadiri oleh sekitar 100.000 penggemar.

7. Big Bang.

K-Pop Tokyo © 2017 brilio.net

Top grup K-Pop, Big Bang, memang tidak hanya sukses di Korea dan kancah internasional seperti di Amerika saja. Tapi mereka juga berhasil menembus pasar Jepang dengan memenangkan beberapa penghargaan bergengsi seperti Best 5 New Artists' di Japan Gold Disc Award ke-24, 'Best New Artist' di Japan Record Awards ke-51 dan masih banyak lagi.

Selain sering memuncaki tangga lagu dengan lagu-lagu mereka, Big Bang juga membuktikan popularitasnya dengan mengadakan rangkaian Dome Tour Jepang, dengan total 17 kali pertunjukan dan mengumpulkan lebih dari 1 juta penonton.

8. EXO.

K-Pop Tokyo © 2017 brilio.net

Untuk grup musik yang baru berusia tiga tahun, bisa dibilang EXO merupakan grup yang sukses karena sudah bisa tampil di Tokyo Dome. Seperti yang diungkapkan di awal, berdasarkan sejarah, hanya musisi atau artis terpilih saja yang bisa manggung di Tokyo Dome. Bisa dibilang, panggung Tokyo Dome adalah impian para artis dunia. Makanya, untuk hitungan grup yang masih muda, ini pasti sebuah kebanggaan tersendiri.

Melalui konser EXO Planet 2 - The Exo'Luxion, mereka melakukan konser selama 3 hari berturut-turut dan sukses ditonton oleh 150 ribu penonton.