Siraman berlangsung dengan khidmat. Dimulai dari ibunda Erina Gudono, Sofiatun Gudono. Kemudian dilanjutkan dengan siraman yang dilakukan oleh GKR Hemas. Istri dari Gubernur DIY tersebut terlihat mengguyurkan air dari tujuh sumber ke tubuh Erina. Diketahui, air untuk prosesi siraman menjelang pernikahan diambil dari tujuh sumber. Pertama dari kediaman Presiden Joko Widodo, kedua dari kediaman Erina Gudono. Lalu air juga diambil dari Kraton Klien, Pakualaman, Puro Mangkunegaran. Dua sumber lainnya dari air zamzam dan Masjid Raya Sheikh Surakarta.

Siraman Erina Gudonoa © 2022 brilio.net

foto: Brilio.net/Khansa Nabilah

Setelahnya dilanjutkan dengan penyiraman oleh GKBRAy Atika Purnomowati istri dari Wakil Gubernur DIY. Sekaligus diakhiri oleh Sutati Muhaimin, Zulaikha Surenggane, dan Fatimatuz Zahro sebagai sesepuh.

Siraman Erina Gudonoa © 2022 brilio.net

foto: Brilio.net/Khansa Nabilah

Sesudah siraman, Erina memakai kain motif grompol di pundak, yang mana kain itu artinya menyatu dan rukun. Setelahnya, Erina Gudono melangsungkan wudhu dari air klenting. Pencurahan air klenting sebagai simbol kasih sayang orang tua kepada anak yang tak pernah putus.