Brilio.net - Calon menantu Presiden Joko Widodo, Erina Sofia Gudono akan melangsungkan prosesi adat siraman pada Jumat (9/12) di kediamannya, di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Sejumlah tamu berbatik dan mengenakan busana adat Jawa terlihat berdatangan di lokasi kediaman Erina.

Tamu yang hadir tampak diantar menggunakan golf car berlogo Universitas Gadjah Mada. Diketahui lokasi di sekitar kediaman Erina telah disterilkan. Acara siraman akan dimulai dengan upacara majang tarub yang dilanjutkan dengan cethik geni adang sepisanan, pertanda anak perempuan yang akan menikah pertama dalam keluarga.

Selanjutnya, ada racik tirto siraman dan noto lemek palenggahan. Kemudian dilanjutkan dengan sungkeman kepada ibu dan sungkeman langkahan kepada kedua kakak Erina. Rencananya GKR Hemas dan GKBRAy Paku Alam X hadir dalam prosesi ini.

“Untuk GKR HEMAS kami konfrimasi tetapi bisa juga terjadi perubahan. Semoga bisa hadir semuanya,” jelas Pemilik pengatur pernikahan Pengantin Production sekaligus MC acara Wigung Wratsangka, Jumat (9/12).

Untuk prosesi siraman akan dilakukan oleh ibu dari Erina Gudono, GKR Hemas, dan GKBRAy Paku Alam X, Ibu Pratikno, dan tiga sesepuh lainnya.

Wigung menjelaskan nantinya Erina memakai kain batik Yogyakarta motif Nagasari dan Grompo.

“Nagasari itu pohon di mana Dewi Sinta selalu berdoa memohon kepada Tuhan untuk dipertemukan kembali dengan Rama,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk siraman, calon istri Kaesang Pangarep tersebut akan pakai kip melati dan kain motif kawung, lambang dulur papat lima pancer.

“Maknanya ketika kita dilahirkan mulai dari rahim ibu, kakang kawah, adi ari-ari, darah, dan puser, itu dalam budaya Jawa,” jelas Wigung.

Air untuk prosesi siraman menjelang pernikahan diambil dari tujuh sumber. Pertama dari kediaman Presiden Joko Widodo, kedua dari kediaman Erina Gudono. Lalu air juga diambil dari Kraton Klien, Pakualaman, Puro Mangkunegaran. Dua sumber lainnya dari air zamzam dan Masjid Raya Sheikh Surakarta. Kaesang juga akan melangsungkan acara siraman di kediamannya menggunakan air dari 7 sumber yang telah didoakan dari kediaman Erina.

Seperti diketahui, rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina digelar di dua kota, yaitu Yogyakarta dan Solo. Kaesang dan Erina akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta pada Sabtu (10/12) mendatang. Selanjutnya, acara ngunduh mantu Presiden Jokowi dan Iriana digelar di Pura Mangkunegaran pada Minggu (11/12).