Brilio.net - Usai didiagnosa dokter menderita penyakit autoimun, Ashanty harus dirawat intensif di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. Istri dari Anang Hermansyah itu sudah melalui perawatan sejak Senin (18/11) kemarin.

Sampai saat ini bunda dari Aurel Hermansyah itu masih berada di rumah sakit tersebut. Demi mendapatkan kesembuhan seperti sedia kala, Ashanty harus menjalani endoskopi dan biopsi.

sebelum menjalani endoskopi dan menjalani operasi untuk melakukan biopsi guna mengetahui jenis penyakit autoimun yang ia derita, Ashanty sempat merasa gugup. Dia sempat cerita melalui akun Instagramnya.

Dilansir dari Liputan6.com, biopsi adalah tindakan diagnostik menggunakan jarum suntik mengarah pada jaringan tumor, massa, atau lesi yang tidak normal. Sampel jaringan itu akan dibawa untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Loading...

foto: Youtube/@The Hermansyah A6

2 dari 3 halaman

 

Di malam harinya sebelum menjalani biopsi, Ashanty sempat bercengkrama dengan sang dokter. Melalui channel Youtube @The Hermansyah A6, ia berbagi cerita pada dokter. Ternyata sebelum didiagnosa terkena autoimun sekitar 3 bulan lalu, Ashanty sudah rutin melakukan coffee enema.

"Pas dibilang kena autoimun, dibilangnya ada inflamasi di usus. Cuma apa tuh, nggak tahu dok. Tapi saya 5 tahun ini saya ngejalanin coffee enema," ujar Ashanty seperti dilansir brilio.net dari channel Youtube @The Hermansyah A6 pada Jumat (22/11).

"Apa itu?," tanya sang dokter.

"Enema coffee itu kayak dimasukin dari kolon, tapi pake kopi. Jadi kayak kita rebus kopi sendiri, kopinya organik, tapi dimasukin dari belakang," jelas Ashanty.

Ternyata Ashanty melakukan coffee enema ini setiap hari. Selama lima tahun penuh, ia melakukan metode pembersihan kolon ini secara rutin.

"Dari situ ada perubahan? Penurunan berat badan atau bagaimana?" tanya Dokter.

"Berat badan turun. Emang sengaja kepengin diet dok," jawab Ashanty.

"Ada riwayat kanker usus dari keluarga, kakek nenek?" tanya dokter.

"Nggak ada," jawab Ashanty.

Kemudian dokter melakukan pemeriksaan secara tertutup. Tirai ranjang tempat Ashanty berbaring ditutup, dan dokter memeriksa kondisinya dengan dibantu oleh suster.

foto: Youtube/@The Hermansyah A6

3 dari 3 halaman

Dilansir dari healthline.com, coffee anema ialah tindakan pembersihan usus besar yang dilakukan secara alternatif. Prosedurnya ialah dengan campuran kopi yang diseduh dengan air, kemudian dimasukkan ke dalam usus besar melalui dubur.

Seorang dokter berasal dari Jerman-Amerika percaya dengan tindakan coffee anema ini mampu membuat tubuh mendetoksifikasi (mengeluarkan racun). Karena cara ini bisa merangsang aliran empedu bekerja sebagai antioksidan detoksifikasi.

Tetapi teknik ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena jika salah langkah, risikonya justru sangat besar pada kesehatan tubuh. Seperti risiko mual muntah, usus menjadi panas, infeksi organ pencernaan hingga risiko kematian.

Karena itu, teknik coffee enema ini tidak disarankan untuk dilakukan secara sembarangan. Jika mengalami masalah dengan sembelit, dokter menyarankan untuk mengubah pola dan jenis makanan sebelum mengambil metode coffee enema.