Brilio.net - Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji memang menjadi momen spesial bagi umat muslim. Di momen ini tak sedikit orang yang memiliki rezeki lebih dan menyisihkannya untuk membeli kambing atau sapi yang kemudian akan diserahkan sebagai hewan kurban.

Menariknya, ada beberapa selebriti yang beragama nonmuslim ikut serta dalam penyembelihan hewan kurban, di mana mereka menyumbang hewan kurban di momen Idul Adha tersebut. Seleb tersebut adalah Ruben Onsu dan Bertrand Antolin.

Keduanya memiliki niat baik dan alasan yang cukup menyentuh hati. Seperti Ruben Onsu, hampir setiap tahun ia ikut menyumbangkan hewan kurban, padahal publik tahu bahwa dirinya bukanlah seorang muslim. Namun niatnya untuk itu diacungi jempol.

Tahun ini, Ruben Onsu berkurban satu ekor sapi berukuran besar. Ruben memiliki alasan yang cukup kuat, ia mengatakan bahwa dirinya masih diberikan rezeki yang cukup, apa salahnya jika ia ingin berbagi,

"Tahun ini masih seperti tahun kemarin, kita memberikan sapi untuk kita sumbangkan. Saya berpikir karena bersyukur masih dikasih kesehatan, masih dikasih keselamatan," papar Ruben Onsu dikutip dari YouTube MOP, Sabtu (1/8).

Loading...

Ruben juga menyampaikan, selama pandemi Covid-19 memang banyak pengaruhnya untuk dia dan bahkan orang di seluruh dunia. Namun ini bukan alasan untuk dirinya tetap berbagi.

"Kalau ngomongin berkurang ya bukan saya doang, pasti di seluruh dunia juga berpengaruh,. Tapi intinya saya masih bisa makan, masih melakukan banyak hal, ya intinya bersyukur," ujarnya.

non muslim ini ikut sembelih hewan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ruben_onsu

Dalam kondisi apapun, Ruben Onsu tetap berusaha tak meninggalkan kebiasaannya untuk terus berbagi. Sebab berbagi adalah salah satu sumber kebahagiaannya.

"Pokoknya yang saya jalani saat ini atau apa pun itu saya bisa melewatinya dengan tetap berbagi, tidak mengurangi rasa untuk saling berbagi terhadap sesama,"ia mengakhiri.

Hal serupa juga dilakukan oleh Bertrand Antolin, ia pun memberikan hewan kurban untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Momen ini merupakan wujud dari rasa syukurnya. Dalam postingan Instagram pribadinya, ia mengaku bahwa baru saja berulang tahun beberapa minggu yang lalu, ia berdoa semoga tahun ini ia bisa memberikan hewan kurban.

"Saat saya berulang tahun beberapa minggu lalu, saya berdoa agar tahun ini saya bisa kembali berkurban. Terima kasih kepada semua yg ikut mendoakan dan mengaminkan sehingga keinginan saya bs terwujud," ujarnya.

"Saya bersyukur sekali bisa diberikan rezeki untuk kembali berkurban tahun ini. Terima kasih kepada semua yang memfasilitasi, mengirimkan dan yg menerima kurban saya. Semoga menjadi berkah buat kita semua..Sekali lagi Selamat Iedul Adha untuk seluruh umat Muslim," tambahnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Please read .. . Saat saya berulang tahun beberapa minggu lalu, saya berdoa agar tahun ini saya bisa kembali berkurban. Terima kasih kepada semua yg ikut mendoakan dan meng-aminkan sehingga keinginan saya bs terwujud.. . Saya bersyukur sekali bisa diberikan rezeki untuk kembali berkurban tahun ini. Terima kasih kepada semua yang memfasilitasi, mengirimkan dan yg menerima kurban saya. Semoga menjadi berkah buat kita semua..Sekali lagi Selamat Iedul Adha untuk seluruh umat Muslim. (FAQ) Frequently Asked Questions: 1. Agamanya apa sih? Agama saya Kristen, namun sejak kecil saya tumbuh di lingkungan muslim. Sebagian keluarga dan banyak orang tua angkat yang sudah seperti orang tua sendiri serta sahabat2 saya adalah muslim. We love and respect each other. 2. Kenapa saya berkurban? Karena saya pernah hidup susah, dimana makan daging itu adalah suatu kemewahan buat kami sekeluarga. Karena itulah di hari raya Iedul Adha, saya selalu berusaha untuk ikut berkurban selain sebagai bentuk rasa syukur, saya jg ingin berbagi dengan saudara2 kita yang membutuhkan. Kenapa ga ikut moment hari baik berbagi bersama untuk sesama... . Di masa pandemi korona ini banyak orang di PHK dan dirumahkan, semoga pandemik ini cepat berlalu dan sy yakin kita semua akan melewati ini bersama sama..

A post shared by Bertrand Antolin (@bertrand1407) on

Banyak warganet yang mempertanyakan kepercayaan sang artis. Ia pun menjelaskan mengapa ia ikut serta dalam momen besar Islam, hal ini karena rasa toleransinya.

"1. Agamanya apa sih? Agama saya Kristen, namun sejak kecil saya tumbuh di lingkungan muslim. Sebagian keluarga dan banyak orang tua angkat yang sudah seperti orang tua sendiri serta sahabat2 saya adalah muslim. We love and respect each other.

2. Kenapa saya berkurban? Karena saya pernah hidup susah, dimana makan daging itu adalah suatu kemewahan buat kami sekeluarga. Karena itulah di hari raya Idul Adha, saya selalu berusaha untuk ikut berkurban selain sebagai bentuk rasa syukur, saya jg ingin berbagi dengan saudara2 kita yang membutuhkan. Kenapa ga ikut moment hari baik berbagi bersama untuk sesama...," paparnya.

Perbuatan baiknya ini mendapatkan banyak pujian dari warganet, mereka senang karena masih ada orang-orang yang masih menghargai agama satu sama lain.