Brilio.net - Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah untuk selama-lamanya menyisakan kesedihan yang mendalam bagi keluarga serta orang di sekitarnya. Kebaikan, keramahan, serta kerja keras dari pasangan ini pun selalu membuat salut terutama orang terdekatnya.

Sang manajer, Joana Kania merupakan saksi hidup perjalanan hidup Vanessa bersama sang suami. Meski bukan pemain baru di industri hiburan, namun Vanessa menjalani kehidupan yang cukup berliku.

Joana mengatakan, pasangan tersebut sempat mengalami kesulitan ekonomi hingga kehabisan sembako di rumah. "Bibi sempat cerita: nggak ada yang tahu nih Mbak, kita kehabisan sembako. Terus saya antar sendiri ke sini. Dan asisten yang di sini masih ingat soal hal itu," kata Joana Kania seperti dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Jumat (5/11).

Joana mengatakan, meski dalam keadaan ekonomi yang sulit, orang tua Gala Sky Ardiansyah ini berjuang mati-matian membuat dapur rumah tetap ngebul. "Akhirnya mereka coba bangun berbagai bisnis. Dan itu juga nggak berjalan mulus," ucap Joana.

Lantas seperti apa yah perjuangan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah saat membangun bisnis? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/11).

1. Merintis usaha dari nol

Perjuangan bisnis Vanessa Instagram

foto: Instagram/@vanessaangelofficial

Untuk tetap memiliki pemasukkan, Vanessa dan Bibi pun mencoba peruntungan di bisnis food and baverage. Bisnis tersebut bernama NGIDAM by Vanessa Angel, sang artis tak hanya mempromosikan bisnis kebab ini, tapi turun tangan langsung ke dapur untuk memasak, terutama saat merintis usaha ini.

"Waktu itu mereka baru mulai usaha kebab, mereka nggak punya bakaran, Vanes telepon saya pagi-pagi," kenang Joana Kania.

2. Merintis bisnis saat hamil besar

Perjuangan bisnis Vanessa Instagram

foto: Instagram/@vanessaangelofficial

Joana mengatakan bisnis yang dibangun Vanessa dari nol ini saat kondisinya sedang hamil besar. Tak hanya mempromosikan bisnisnya, Vanessa juga terjun langsung ke dapur untuk membuat makanan tersebut.

3. Terkena dampak pandemi Covid-19

Perjuangan bisnis Vanessa Instagram

foto: Instagram/@vanessaangelofficial

Pandemi Covid-19 ternyata ikut menghantam bisnis yang baru dirintis wanita kelahiran 21 Desember 1993 ini. Penghasilan bisnisnya itu pun makin menurun.

"Intinya dari awal iseng-iseng karena kita harus cari cara gimana cari uang pandemi gini. Iseng-iseng kita jualan dari home made kebab, ternyata pandemi. Bisnis food and baverage kan banyak yang menurun, kita terkena dampaknya juga," ucap Vanessa seperti dilansir dari kanal YouTube Dodit Mulyanto.

4. Mencoba bisnis lain

Perjuangan bisnis Vanessa Instagram

foto: Instagram/@vanessaangelofficial

Tak mau menyerah begitu saja, Vanessa dan sang suami pun mencoba bisnis lain, yakni daster, sandal, mukena, hingga yang terbaru mereka hendak membuka bisnis perhiasan.

5. Ikut bantu membungkus paket pesanan

Perjuangan bisnis Vanessa Instagram

foto: Instagram/@vanessaangelofficial

Dalam obrolan di kanal YouTube Dodit Mulyanto, Vanessa Angel menceritakan bisnis ini dibangun susah payah. Ia mesti turun tangan membungkus paket yang akan dikirim ke pelanggan, sementara sang suami menjadi tenaga admin.

"Kita dari nol, dari nggak punya modal sama sekali, kita kumpulin pelan-pelan, pelan pelan, sampai akhirnya kita punya karyawan. (Awalnya) cuma satu orang waktu itu, kita packing sendiri, sampai karyawan kita ada enam," tutup Vanessa.