Brilio.net - Sebagai seorang wanita tentu selalu ingin tampil sempurna dalam setiap kesempatan. Namun tak bisa dipungkiri kadang banyak wanita pernah mengalami masa di mana penampilannya membuat tidak percaya diri. Salah satunya mengenai berat badan yang berlebihan.

Hal itu yang pernah dialami oleh Celebrity Chef, Renatta Moeloek. Jauh sebelum ia menjadi celebrity chef, wanita berkulit eksotis itu mengaku pernah memiliki tubuh yang gemuk. Bahkan bobotnya mencapai 74 kilogram.

Melalui podcast Deddy Corbuzier, Chef Renatta mengaku saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) penampilannya sangat berbeda dari sekarang. Saat itu berat badannya naik dari 50 kg menjadi 74 kg hanya dalam kurun waktu satu tahun.

"Gue sempat gendut banget. Gue gampang gendut gampang kurus. Jadi waktu gue kecil itu gue kurus dan susah makan. Terus gue sempat operasi amandel. Abis operasi amandel, gue gembrot tiba-tiba," ungkap Chef Renatta.

Merasa berat badannya sudah tidak wajar, akhirnya ia pun mulai melakukan diet dengan menjalani pola makan yang sehat dan belajar soal nutrisi

Loading...

"Kalau sekarang gue lebih ke jaga kesehatan karena gue sadar gue jarang olahraga," kata Chef Renatta.

Dalam kesempatan itu, wanita 26 tahun itu pun membagikan tips untuk warganet. Berikut rangkumannya seperti dilansir brilio.net dari Podcast Deddy Corbuzier dengan judul 'Lihat HP nya Renatta Moeloek', Senin (8/2).

1. Kenali kondisi tubuh

Tips diet ala Chef Renatta © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@renattamoeloek

Menurut Chef Renatta, sebelum menjalani diet sebaiknya kenali kondisi tubuh diri sendiri. Apalagi saat ini banyak sekali metode diet, tapi belum tentu semua orang cocok. Selain itu juga saat mengonsumsi makanan harus diperhatikan juga aktivitasnya. Karena bila aktivitasnya berat, tetap membutuhkan gula dan juga karbo.

2. Pilih makanan yang bervariasi

Tips diet ala Chef Renatta © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@renattamoeloek

Menurut Chef Renatta, banyak orang yang salah dalam mengonsumsi makanan saat diet. Misalnya, ada orang yang memilih untuk makan salad saja karena dianggap sehat, padahal bila keseringan akan membahayakan program diet mereka.

"Makan salad tiap hari katanya sehat, tapi dressing-nya pakai mayones ya sama saja ada sugarnya. Makan salad juga tidak cukup, karena akan lapar terus. Masalahnya, banyak orang tidak tau yang terbaik untuk mereka. Jadi sekali lagi, ketahui kebutuhan tubuh masing-masing," terang Renatta.

3. Masak sendiri

Tips diet ala Chef Renatta © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@renattamoeloek

Memiliki bakat dalam memasak, selama menjalani diet Chef Renatta selalu memasak sendiri. Ia mengaku selama menjalani diet ia tetap menambahkan sedikit garam pada masakannya.

"Gue nggak makan makanan yang digoreng. Paling sering yang dipanggang dan dibakar. Proses pembakaran itu apalagi kalau menggunakan charcoal justru memperkaya cita rasa makanan. Kalau mau ada sensasi rasa manis, bisa tambahkan bawang. Makanan sehat itu juga bisa terasa lezat kok," jelasnya.

4. Konsultasi ke ahli gizi dana rajin cari informasi

Tips diet ala Chef Renatta © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@renattamoeloek

Tips yang tak kalah penting adalah mencari informasi baik di internet atau pun yang lainnya. Tapi yang terpenting berkonsultasi dengan ahli gizi dan juga dokter.