Brilio.net - Kelihatan sepele dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja, namun rupanya bercanda tetap harus berhati-hati. Jika tidak, alih-alih berhasil mencairkan suasana dan membuat orang terhibur, justru membuat orang lain sakit hati.

Interpretasi gaya guyonan memang selalu menjadi isu yang sensitif. Ada yang berniat membuat orang tertawa, eh malah dikira menyindir. Ada juga yang cuma mengutarakan pendapat pribadi disangka menghina orang atau kelompok lain. Seperti kasus yang terjadi pada selebriti berikut ini, niatnya untuk bercanda justru membuat mereka menuai kecaman dari publik.

Penasaran siapa saja? Berikut rangkumannya yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (7/4).

1. Zaskia Gotik.

guyonan seleb dikritik © 2017 brilio.net


Pedangdut Zaskia Shinta atau yang akrab disapa Zaskia Gotik menuai kontroversi setelah melontarkan candaan yang dinilai menghina lambang Indonesia saat tampil di sebuah program televisi, Selasa (15/3/2016).

Kejadian itu bermula terjadi saat Zaskia ditanya tentang hari proklamasi, mantan kekasih Vicky Prasetyo itu dengan enteng menyebut, “32 Agustus”. Bahkan, Zaskia Gotik menyebutkan tanggal dengan asal sambil tertawa, berharap jawabannya dianggap lucu. Zaskia Gotik juga menghina Pancasila yang menjadi ideologi dasar bagi negara Indonesia. Zaskia Gotik menyebutkan, lambang sila kelima adalah bebek nungging.

Karena tindakannya itu ia bukan saja mendapat kecaman dari publik, tapi juga harus berurusan dengan hukum. Zaskia diduga melanggar UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan. Uniknya, setelah kejadian tersebut Zaskia Gotik malah diangkat menjadi Duta Pancasila.


2. Uus.

guyonan seleb dikritik © 2017 brilio.net


Akhir bulan Februari 2016 lalu, komika Uus dihujat habis-habisan oleh fans K-Pop. Tragedi ini berawal ketika Uus menyinggung fans K-Pop yang berhijab melalui akun Twitternya. "Mending lihat cewek pakai baju sexy di tempat dugem sambil mabuk-mabuk daripada lihat cewek hijab di konser Korea sambil nangis-nangis." Tulisnya lewat akun @Uus__. Bahkan Twitwar antara fans K-pop garis keras dan Uus juga memanas hingga ditulis oleh salah satu media di Korea Selatan.

Tak kapok, Januari lalu, ia kembali terlibat masalah lantaran statement-nya yang kontroversial. Ia disebut telah menyindir Habib Rizieq di Twitter. Saat itu dia mengunggah sebuah foto yang bertuliskan "Sehelai Rambut Habib Rizieq Jatuh Bukan Berurusan Dengan FPI! Tapi Dengan Umat Islam" Dalam keterangan fotonya dia menulis kalimat yang cukup jadi perdebatan.

"Shampo untuk Rizieq. Viralkan! Bantu Rizieq beli shampo!!," tulis Uus pada 22 Januari. Pernyataan itu pun memancing amarah netizen, ia dituding telah menghina ulama.

Buntut dari komentarnya itu membuat dirinya kehilangan pekerjaan sebagai host di Inbox dan komedian di Opera Van Java. Akhirnya Uus mendatangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Kamis (2/3) lalu. Lewat pertemuannya dengan MUI, Uus meminta maaf kepada umat Islam, khususnya kepada ulama atas statusnya di media sosial beberapa waktu lalu.


3. Pevita Pearce.

guyonan seleb dikritik © 2017 brilio.net


Aktris cantik Pevita Pearce kembali menjadi sorotan publik dan menuai banyak kecaman. Kali ini ia dituding telah menghina masyarakat Padang atau keturunan suku Minang. Kejadian itu bermula saat Pevita Pearce tengah tampil sebagai bintang tamu di acara 'Ini Talk Show' pada Selasa (4/4) malam.

Saat itu Pevita bertanya pada salah satu penonton di studio dengan mempertanyakan apakah orang suku Minang atau Padang itu pelit atau tidak.

"Minang itu Padang, ya? Enggak pelit kan?" celetuk Pevita kepada penonton, dan disambut gelak tawa orang-orang yang ada di studio program acara tersebut. Hingga saat ini akun Instagram pribadinya terus dibanjiri komentar bernada kecaman.