Brilio.net - Soimah Pancawati alias Soimah adalah seorang artis multitalenta Tanah Air. Keterampilannya dalam bernyanyi, menari, dan akting membuat kariernya kian bersinar. Namun, di balik gemerlap panggung, Soimah juga menjaga kecintaan dan kedekatannya dengan tradisi leluhur Jawa.

Meski sudah berkarier di Ibu Kota, tak membuat Soimah melupakan kebudayaan leluhurnya. Artis yang menetap di Yogyakarta ini masih kental dengan tradisi dan kearifan leluhur. Pakaian-pakaian adat seperti kebaya, batik, dan songket yang sering dikenakannya menggambarkan rasa bangga dan cintanya pada budaya leluhur.

Selain itu dia juga kerap menggelar acara tradisi leluhur Jawa yang terbilang jarang dijalani para artis lainnya yang lahir sebagai orang Jawa. Terbaru Soimah menggelar tradisi ruwatan untuk kedua putranya. Momen itu diunggah ke Instagram pribadi, acara tradisi yang digelar Pendopo Tulungo itu tampak dipenuhi isak tangis dan bernuansa sakral.

Tak hanya itu, ada beberapa gelaran tradisi leluhur Jawa yang pernah Soimah jalani. Tradisi itu tentu memiliki makna tersendiri. Penasaran apa saja tradisi leluhur Jawa tersebut? Berikut, brilio.net telah himpun dari berbagai sumber pada Selasa (1/8).