1. Komeng.

lawakan komedian tuai kritikan © berbagai sumber

foto: Instagram/@abdelachrian

Komedian Komeng menjadi sorotan setelah menuliskan komentar pada unggahan duka yang di laman Instagram Abdel Achrian.

"Semoga almarhumah mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah. Sabar ye pa Aab @abdelachrian. Ane pernah ngerasain dulu anak Ane yang cewek, sampai nggak makan-makan Ane (emang bini Ane gak masak sih)," ujar Komeng.

Komentar Komeng pun langsung menuai kritikan hingga trending topic di Twitter. Banyak yang menyebut, jika candaan Komeng dinilai kelewatan dan nggak pas di situasi berduka.

2. Pandji Pragiwaksono.

lawakan komedian tuai kritikan © berbagai sumber

foto: Instagram/@pandji.pragiwaksono

Tak berbeda jauh dengan Pandji Pragiwaksono. Eks presenter Kena Deh ini mendapat kritikan dari warganet saat menyampaikan materi stand up comedy di laman YouTube-nya. Membuat lawakan soal kucing, Pandji menyebut jika ia membenci hewan berbulu itu karena kerjaannya ngemis.

"Bahkan, banyak hewan yang gue benci, benci sampai ke hati. Buat gue hewan yang seperti itu gue sebut gembel, hewan yang kerjanya hidup dari sampah kita. Banyak tuh, hewan gembel, ngemis minta minta, salah satu yang paling gembel adalah kucing, kucing tuh kerjanya gembel banget, kerjanya ngemis," kata Pandji Pragiwaksono dikutip dari kanal YouTube-nya, Rabu, 12 Januari 2022.

Selain dapat kritikan dari warganet, Pandji pun sampai mendapat surat teguran dari Organisasi Pelindung hewan. Meski begitu, ia mengaku tak kapok untuk kembali stand up.

3. Uus.

lawakan komedian tuai kritikan © berbagai sumber

foto: Instagram/@uusbiasaaja

Pemilik nama asli Rizky Firdaus Wijaksana atau akrab disapa UUS juga pernah menjadi bulan-bulanan warganet di tahun 2016 lalu. Penyebabnya, ia membuat cuitan membahas perempuan berhijab yang lebih menyukai K-Pop ketimbang musik rohani.

"Terkadang suka membayangkan lebih banyak mana, hijabers yang nonton konser Sulis atau yang nonton konser Suju :)))) Banyakan Suju sih," katanya kala itu.

4. Ge Pamungkas.

lawakan komedian tuai kritikan © berbagai sumber

foto: Instagram/@gepamungkas

Ge Pamungkas juga pernah menghadapi berbagai komentar negatif dari warganet. Ge Pamungkas menuai kontroversi setelah melontarkan kritik perihal tanggapan orang akan banjir di Jakarta.

"Netizen dulu saat Jakarta banjir, ah ini semua gara-gara Ahok kita diazab. Sekarang Jakarta banjir bilangnya ini cobaan dari Allah. Allah akan menguji hamba-Nya yang dicintai-Nya. Cintai Apaan?!" ungkap Ge pada 2018 lalu.

Gara-gara kalimatnya tersebut, Ge Pamungkas mendapat kecaman dari berbagai pihak. Tagar #BoikotGePamungkas bahkan mewarnai lini masa media sosial.