5. Andre Taulany.

lawakan komedian tuai kritikan © berbagai sumber

foto: Instagram/@andreastaulany

Di panggung komedi, Andre Taulany dikenal bisa membuat penonton tertawa hingga sakit perut karena lawakannya. Namun tak jarang, lawakannya dikritik karena dianggap melewati batas. Seperti saat tampil di program Ini Ramadhan bersama Rina Nose.

Dalam lawakannya, Andre dan Rina melakukan plesetan nama pada marga Latuconsina milik Prilly Latuconsina. Kejadian tersebut pun langsung ramai jadi bahan perbincangan di sosial media. Hingga, Ruswan Latuconsina yang mengaku perwakilan keluarga besar Latuconsina melaporkan Andre dan Rina ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik.

"Artis, artis apa yang kalau diundang selalu datang? Prilly Latu Kondangan," ucap Andre.

"Artis, artis apa yang pada saat-saat tertentu merasa kesakitan? Prilly Latu Kontraksi," timpal Rina.

6. Tukul Arwana.

lawakan komedian tuai kritikan © berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Selama menjadi host, berbagai teguran dari KPI dan publik beberapa kali menghampiri Tukul Arwana. Salah satunya, pelawak ini dianggap melontarkan guyonan yang menjurus ke masalah seksualitas. Beragam kritik pun dilayangkan ke Tukul hingga membuat talkshownya sempat berhenti tayang, lho.

7. Wendi Cagur.

lawakan komedian tuai kritikan © berbagai sumber

foto: Instagram/@wendicagur

Wendi Cagur juga pernah dihujani berbagai kritik dari publik pada 2012 lalu karena guyonannya yang memplesetkan lirik lagu Rindu Muhammadku dengan mengganti kata siapa menjadi sampah. Guyonan tersebut membuat Wendi dianggap melecehkan agama dan seorang nabi. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bahkan menyebut jika Wendi sudah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS).

8. Joshua Suherman.

lawakan komedian tuai kritikan © berbagai sumber

foto: Instagram/@jojosuherman

Pada awal tahun 2018 lalu, Joshua Suherman menuai kritik lantaran guyonannya yang menyebutkan jika Cherly eks Cherrybelle selalu kalah pamor dari Anisa lantaran faktor agama.

"Kenapa Anissa selalu unggul daripada Cherly (Cherrybelle)? Ah, sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam!" kata Joshua Suherman.

Gara-gara ucapannya tersebut, penyanyi sekaligus pelawak yang akrab disapa Jojo ini menuai beragam kritik bernada hujatan. Tak hanya itu, Forum Umat Islam Bersatu bahkan sempat melaporkan Jojo ke pihak berwajib karena dianggap menghina agama Islam.

9. Muslim dan Coki.

lawakan komedian tuai kritikan © berbagai sumber

foto: Instagram/@tretanmuslim

Pada Oktober 2018 lalu, Muslim dan Coki yang tergabung dalam Majelis Lucu Indonesia (MLI) jadi sorotan publik terkait guyonannya memasak daging babi dengan sari kurma. Video tersebut kemudian membuat keduanya menuai beragam kritik dari beberapa pihak lantaran dianggap sudah menistakan agama. Hingga akhirnya, Muslim dan Coki sempat memutuskan vakum sementara dari MLI dan dunia stand up comedy.