Brilio.net - Taichan tengah ramai diperbincangkan para penggemar kuliner. Varian sate ini memang lain daripada biasanya. Daging ayam yang dibakar tanpa diberi baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate yang selama ini dikenal. Sate taichan disajikan hanya dengan sambal dan perasan jeruk nipis.

Niko Al Hakim, suami dari selebgram Rachel Vennya, turut menerima berkah populernya sate taichan. Usaha sate taichan goreng yang dirintisnya menuai kesuksesan.

Saat ditemui brilio.net di kantornya di daerah Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Kamis (5/4) lalu, Niko menceritakan bagaimana sebenarnya asal usul taichan goreng ini. "Jadi gue kan awalnya pengen bikin usaha. Gue anaknya suka nih makanan pedes. Ide gue pertama kali sebenarnya adalah ngemil, tapi kalau ngemil mungkin agak nanggung, kenapa nggak makanan berat sekalian," ujar Niko mengungkap ide usahanya.

niko al hakim  © 2018 brilio.net

Di awal-awal, Niko sempat mengajak beberapa temannya untuk melakukan test food dengan konsep sate daging ayam dan sambal sederhana buatannya. "Karena memang gue baru pertama kali masak, ya wajarlah ya tampilan satenya itu biasa banget, dan komentar mereka tentang makanan gue tuh nggak nyangka banget. Nah, pas mereka pada nyoba, ada tuh teman gue yang bilang, 'eh apaan nih, goreng begini satenya, nggak ada yang lebih enak apa bentuknya' dan dari situ gue juga yakin, kenapa nggak gue namain makanan ini taichan goreng aja ya," ujar Niko.

Bisnis Niko ini pertama hanya di buka di daerah Jalan Ir. Haji Djuanda, Bandung, berdampingan dengan gerai makanan yang lain. Dirinya juga sempat menerima banyak komplain pelanggan karena pelayanan yang belum maksimal.

niko al hakim  © 2018 brilio.net

"Dan gue pun soal konsep restoran, hingga menu-menu apa saja yang ada di Taichan Goreng ini dibantu pacar yang sekarang sudah jadi istri gue, si Rachel. Sistem juga kami bangun, dan ciri khas awal sate taichan goreng ini pun ya benar-benar sate yang dibakar kemudian disajikan dengan sambal pendamping. Kan biasanya kalau sate itu bumbunya kacang, nah yang ini beda," terang mahasiswa S1 di London School Public of Public Relations ini.

Hingga saat, ini Niko sudah sukses membuka 8 cabang yang berada di Jakarta, Bogor, Bekasi, dua di Bandung, Tangerang, dan Surabaya. Niko juga sudah mempunyai karyawan sekitar 200 orang yang awalnya hanya berjumlah sekitar 10 orang. Di tahun 2018 ini, sate taichan goreng berhasil memenangkan nominasi Best Partner GoFood kategori sate di seluruh Indonesia.