1. Zaskia Gotik.

seleb sempat jadi buruh sebelum terkenal © berbagai sumber

foto: Instagram/@zaskia.gotix

Siapa yang tak kenal dengan penyanyi dangdut ini, populer dengan nama panggung Zaskia Gotik, wanita cantik ini memiliki nama asli Surkianih. Istri dari Sirajuddin Mahmud Sabrang ini sedari kecil memang sudah tertarik untuk terjun di dunia musik. Ia memulai kariernya dengan bernyanyi berkeliling kampung.

Bahkan tak banyak yang tahu kalau ia pernah jadi buruh cuci baju saat masih kecil. Ketika kondisi ekonomi keluarga sedang menurun, ia terpaksa bekerja sebagai tukang cuci dengan upah Rp 5 ribu.

2. Chand Kelvin.

seleb sempat jadi buruh sebelum terkenal © berbagai sumber

foto: Instagram/@chand_kelvin

Sering muncul di FTV, pria tampan yang satu ini mempunyai nama asli Chandra Adi Prakoso. Ia mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai salah satu finalis coverboy pada tahun 2005, selanjutnya ia mulai membintangi FTV Indonesia debutnya pertama kali tahun 2006. Tak banyak yang tahu kalau cowok yang satu ini sebelum terjun ke dunia hiburan pernah menjadi seorang buruh pabrik di kawasan Cikarang.

3. Tukul Arwana.

seleb sempat jadi buruh sebelum terkenal © berbagai sumber

foto: Instagram/@tukul.arwanaofficial

Dikenal sebagai pelawak sekaligus presenter kawakan, Tukul Arwana sebelumnya sempat mencicipi hidup dalam kesulitan. Ia bekerja sebagai sopir truk gas LPG hingga sopir angkutan umum. Ia lalu debut di dunia hiburan dalam video klip Joshua yang berjudul 'Air'. Kariernya pun menanjak, bak roda kehidupan yang berputar ia pun jadi komedian sukses yang namanya terus terkenang.

4. Opie Kumis.

seleb sempat jadi buruh sebelum terkenal © berbagai sumber

foto: Instagram/@opiekumis17

Tak beda jauh dengan Tukul Arwana, kehidupan Opie kumis juga penuh perjuangan. Sebelum sukses di Lenong Betawi yang mengangkat namanya di dunia hiburan, Opie pernah bekerja sebagai buruh bangunan yang hanya dibayar Rp 35 ribu perhari. Karena buruh bangunan bayarannya tidak tetap, ia juga bekerja sampingan sebagai penjual sandal demi mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

5. Bolot.

seleb sempat jadi buruh sebelum terkenal © berbagai sumber

foto: Facebook/@bangbolot31

Sosok yang identik dengan lawakan 'bolot' ini masih eksis di dunia hiburan lho. Pemilik nama asli Muhammad Sulaeman Harsono punya kariernya yang panjang di dunia hiburan. Namun, kesuksesannya tersebut tak lepas dari perjuangan masa lalu yang luar biasa. Sebelum masuk ke dunia seleb, ia pernah menjadi buruh di pelabuhan. Saat ia remaja upah yang didapat sangatlah sedikit dan hanya cukup untuk makan saja.