Brilio.net - Memiliki popularitas tidak selalu memberikan banyak keuntungan. Hal ini yang turut dirasakan oleh sederet selebriti Tanah Air. Maraknya kasus penipuan, rupanya menyeret nama mereka dicatut oknum penipu yang tidak bertanggung jawab.

Penipuan yang dialami kalangan seleb ini banyak modusnya. Ada yang modusnya menjual barang-barang branded, ada yang memakai nama besar mereka untuk meminjam sejumlah uang, maupun diiming-imingi hadiah dengan mentransfer sejumlah uang.

Nggak hanya melancarkan aksinya kepada para pengikut para seleb di Instagram, para pencuri ini bahkan juga menghubungi kerabat hingga saudara terdekat selebriti untuk dijadikan korban penipuan. Merasa geram, beberapa di antaranya langsung melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, kisah seleb namanya dicatut akun penipuan pada Sabtu (6/11).

1. Inul Daratista

kisah seleb namanya dicatut penipuan © instagram

foto: Instagram/@inul.d

Nama pedangdut Tanah Air, Inul Daratista juga sempat dicatut untuk penipuan. Sejumlah screenshot percakapan di WhatsApp diunggahnya ke Instagram. Dalam percakapannya, tampak seseorang yang disapa Mas Yo mentransfer uang sebesar Rp 3,5 juta kepada oknum yang mencatut nama Inul Daratista. Penipu tersebut kemudian juga meminta Mas Yo meminjamkan uang sebesar Rp 7,2 juta

"17 tahun menginjakkan kaki di Jakarta tak sekalipun aku minta-minta atau pinjam uang pada siapa pun! Logikanya masak bisnis saya di mana-mana eksis, rumah Pondok Indah, gak punya uang?? Sampe pinjem-pinjem, pinjemnya nanggung pula?? Na’uzubillahiminzalik yah!!! Hati-hati menggunakan nama saya!!" tulis Inul Daratista.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Inul Daratista (@inul.d)

2. Arie Untung

kisah seleb namanya dicatut penipuan © instagram

foto: Instagram/@ariekuntung

Presenter Arie Untung juga cerita bahwa namanya dicatut oleh pelaku penipuan. Ia membeberkan buktinya ke Instagram. Dalam unggahannya, tampak si penipu menawarkan barang-barang ke orang terdekat Arie.

Tak cuma menawarkan barang, penipu tersebut juga berpura-pura membeli sebuah handphone dan minta tolong pinjam uang untuk bertransaksi lewat mobile banking. "Ada oknum yang mengaku2 sebagai aku lalu mau menawarkan hal2 yg kalau temenku beneran tau kalau hal itu ga mungkin itu aku lakuin," ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Arie Untung (@ariekuntung)

3. Dewi Gita

kisah seleb namanya dicatut penipuan © instagram

foto: Instagram/@dewigita01

Penyanyi sekaligus istri Armand Maulana, Dewi Gita, namanya juga sempat dicatut oleh orang tidak bertanggung jawab. Pelaku penipuan ini berdalih menjual jenis tas mahal dan bermerk, dan juga mobil yang merupakan lelang dari Kementerian.

"Assalamualaikum Wr Wb. Info buat teman-teman tersayang di sini, tolong kalau ada yang DM, WA, atau SMS mengatasnamakan saya, Dewi Gita dan pakai PP saya dengan dalih jualan tas-tas branded dan mobil katanya lelang dari Kementrian atau apalah," tulisnya.

4. Asty Ananta

kisah seleb namanya dicatut penipuan © instagram

foto: Instagram/@asty_ananta

Nama Asty Ananta juga sempat dicatut oleh oknum penipu. Mengunggah di laman Instagram, Asty pun memperlihatkan modus dari pelaku penipuan. Tak tinggal diam, Asty langsung melaporkan kasus yang menyeret namanya ke pihak kepolisian.

"HATI-HATI PENIPUAN!!! Ada OKNUM yang menyalahgunakan nama dan foto saya. Beberapa orang yang mengenal saya sudah langsung menghubungi mohon kepada sahabat, rekan, saudara, siapapun itu, jangan sungkan.. MONGGO dan MOHON konfirmasi terlebih dahulu," kata Asty Ananta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Asty Ananta (@asty_ananta)

5. Ivan Gunawan

kisah seleb namanya dicatut penipuan © instagram

foto: Instagram/@ivan_gunawan

Ivan Gunawan pun merasakan hal yang serupa. Namanya sempat dicatut untuk melakukan tindak penipuan. Bahkan, sebuah keluarga tertipu senilai kurang lebih Rp 40 juta lantaran diiming-imingi bertemu dengan Ivan Gunawan.

Mengetahui kondisi tersebut, Ivan pun menghimbau semua followersnya untuk lebih berhati-hati. Ia pun mengungkapkan jika semua semua event yang diselenggarakannya akan diumumkan secara resmi melalui akun instagram resmi miliknya @ivan_gunawan yang bercentang biru.

"Teruntuk semua followerku, sekali lagi harap berhati-hati terhadap banyaknya penipuan yang mengatas namakan Ivan Gunawan. Mohon untuk perhatian kalian untuk tidak dengan mudah percaya dengan kuis, sayembara atau iming-iming dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Semoga kalian Lebih bijak menggunakan sosial media. Semoga tidak ada lagi korban-korban Penipuan seperti ini," tulis Ivan Gunawan dalam postingan instagramnya

6. Baim Wong

kisah seleb namanya dicatut penipuan © instagram

foto: Instagram/@baimwong

Dikenal sebagai salah satu artis dermawan, Baim Wong beberapa kali sering mengalami kejadian kurang menyenangkan karena banyak oknum mencari keuntungan dari kebaikannya. Beruntungnya, sang pelaku berhasil diamankan petugas kepolisian.

"Setelah melalui Proses yang lumayan panjang, akhirnya mereka Tertangkap beserta alat bukti. Dengan memakai kedok nama saya, MEREKA sudah sangat meresahkan..Karena banyak dari mereka yang berhasil menipu, sedangkan saya blm bisa melakukan apa2," tutur Baim Wong.

7. Vega Darwanti

kisah seleb namanya dicatut penipuan © instagram

foto: Instagram/@vegadarwanti123

Kini, giliran Vega Darwanti yang namanya dicatut oleh seseorang yang mengaku dirinya. Bahkan si oknum tersebut sudah menghubungi kerabatnya. Meski mengaku tak pernah marah, Vega Darwanti pada akhirnya tak bisa menyembunyikan kekesalannya. Ia berharap si pelaku penipuan segera terkena azab.

"Aku orang nya gak pernah Marah2 loh.. Krn sekali nya aku di Jahatin aku ngadu nya lgsg Ke ALLAH , biasanya cepet Tuh kena AZAB nya.. Aku post di Story aku bbrp Org Yg Di WA nih orang," ucap Vega.

(brl/lea)