Brilio.net - Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan nutrisi sempurna bagi bayi. Kandungan protein, lemak, vitamin, hingga karbohidrat dalam ASI, semuanya bermanfaat untuk kesehatan bayi.

Produksi ASI dipengaruhi faktor kondisi fisik dan psikologis sang ibu. Faktor fisik yang bisa mengganggu produksi ASI antara lain bisa masalah berat badan, riwayat proses melahirkan sulit, gaya hidup buruk, efek samping obat-obatan tertentu, hingga penyakit tertentu. Sementara faktor psikologis bisa meliputi kelelahan, stres, hingga kecemasan.

Untuk menjadi pendonor ASI, harus memperhatikan beberapa faktor, terutama risiko kesehatan. Akan lebih baik saat sebelum menjadi pendonor, konsultasi terlebih dahulu dengan pakar kesehatan maupun laktasi.

Menjadi pendonor ASI bisa menginspirasi siapa saja. Seperti deretan seleb Tanah Air berikut yang rela mendonorkan ASI-nya. Mereka menjadi inspirasi bagi para ibu di luar sana untuk tak ragu donor ASI kepada anak-anak yang membutuhkan. Berikut kisah mereka seperti dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (12/10).

1. Sarwendah.

Loading...

Kisah 7 seleb jadi pendonor ASI, terbaru Ussy Sulistiawaty berbagai sumber

foto: Instagram/@sarwendah29

Usai melahirkan anak keduanya Thania Putri Onsu pada 5 Juni 2019 lalu di Singapura, Sarwendah sempat mendonorkan ASI pada anak-anak yang membutuhkan.  

"Tak berhenti aku bersyukur bagimana saat ini aku kembali bisa menjadi pendonor ASI dan kali ini di Singapore," tulis Sarwendah di akun Instagramnya @sarwendah29 kala itu.

Istri Ruben Onsu ini mengaku harus melewati proses panjang dalam donor ASI.

"Untuk menjadi pendonor ASI sudah pasti harus melewati proses yang panjang untuk bisa dipastikan kalau ASI bagus dan dinyatakan berhasil untuk bisa jadi pendonor ASI, semoga bisa banyak membantu anak-anak ASI lagi yaa, jadi cece @thaliaputrionsu dan dede @thaniaputrionsu banyak saudaranya," pungkas pemilik nama Sarwendah Tan itu.

2. Tya Ariestya.

Kisah 7 seleb jadi pendonor ASI, terbaru Ussy Sulistiawaty berbagai sumber

foto: Instagram/@tya_ariestya

Pada 2016, Tya Ariestya memutuskan menjadi pendonor ASI bagi anak kembar pasangan seleb Cynthia Lamusu dan Surya Saputra, yakni Atharva Bimasena Saputra dan Ataya Tatjana Aisyah Putri.

Surya Saputra dan Cynthia telah melakukan seleksi ketat terkait donor ASI. Dipilihnya Tya Ariestya sebagai ibu yang memberi ASI pada si kecil Bima dan Tatjana kala itu lantaran Tya memiliki gaya hidup sehat.

"Sejak ada kemungkinan (donor ASI) di awal, kami sudah pikirkan. Sudah di-screening mereka (Tya dan Nia--pendonor ASI lain) enggak macam-macam, enggak merokok juga," ujar Surya kala itu, seperti dikutip dari Liputan6.

3. Melanie Putria.

Kisah 7 seleb jadi pendonor ASI, terbaru Ussy Sulistiawaty berbagai sumber

foto: Instagram/@melanieputria

Pada Maret 2012, Melanie Putria mengaku mempunyai bank Air Susu Ibu (ASI) di rumah. Dengan begitu, selain memberi ASI eksklusif bagi putranya Sheemar Rahman Puradiredja, dia juga bisa memberi ASI bagi anak-anak lain yang membutuhkan.

"Saya bersyukur diberikan kemudahan soal ASI. Bahkan saya bisa donor ASI bagi yang membutuhkan. Bisa dibilang saya buka bank ASI, ada satu lemari es khusus ASI di rumah," tutur Melanie seperti dikutip dari Kapanlagi.

Untuk menjaga kualitas ASI, Puteri Indonesia 2002 itu menjaga asupan makanan yang bergizi seimbang, seperti buah, ayam, dan ikan.

"Selain itu, hati ibu juga harus gembira," Melanie menegaskan.

4. Jessica Iskandar.

Kisah 7 seleb jadi pendonor ASI, terbaru Ussy Sulistiawaty berbagai sumber

foto: Instagram/@inijedar

Ibunda El Barack Alexander ini juga ternyata pernah mendonorkan ASI-nya pada anak-anak yang membutuhkan. Salah satu anak yang mendapat donor ASI pemain film Dealova itu ialah Gempita Noura Marten, anak dari Gading Marten dan Gisella Anastasia.

Mengutip dari Liputan6, Gisel mengaku bahwa kala itu jumlah ASI-nya terlalu sedikit untuk sang putri.

"Kalau aku yang penting baby bisa minum sehat. Cari yang cocok, aku minta sama teman. Kemarin karena ada masalah sedikit sama air susu aku," ungkap Gisel saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (24/7) tahun 2015 lalu.

5. Sharena Delon.

Kisah 7 seleb jadi pendonor ASI, terbaru Ussy Sulistiawaty berbagai sumber

foto: Instagram/@mrssharena

Produksi ASI yang melimpah membuat artis senior FTV ini mendonorkan ASI-nya. Melalui akun Instagram-nya, istri Ryan Delon itu mengungkapkan dirinya sering melakukan pumping ASI. Hal tersebut dikarenakan ia selalu menyediakan ASI Perah (ASIP) bagi anaknya.

"Rencananya sih once a day mau aku coba pake botol sampai stock liquid gold milk-ku habis. Sisa ASIP yang normal mau didonorin aja," tulisnya di akun Instagram.

6. Sandra Dewi.

Kisah 7 seleb jadi pendonor ASI, terbaru Ussy Sulistiawaty berbagai sumber

foto: Instagram/@sandradewi88

Artis cantik Sandra Dewi masuk jajaran seleb yang dianugerahi ASI melimpah.

"Aku nggak bisa ke mana-mana lama, karena tiap 2 jam aku mesti pompa ASI, kirim ASI," kata Sandra Dewi di bilangan Senayan, Jakarta, Selasa (4/2) lalu, dikutip dari Fimela.

Hal itu lantaran anak keduanya, Mikha Moeis, ternyata mengonsumsi jauh lebih banyak ASI ketimbang sang kakak, Raphael Moeis.

Namun Sandra melanjutkan bahwa ketika anak pertama dulu, dia masih sempat menjadi donor ASI.

"Anak kedua ini aku bener-bener jauh lebih banyak konsumsi ASI-nya, anak kedua ASI-nya juga kejar-kejaran. Kalau anak pertama padahal juga agak bulet ya, tapi aku masih bisa donor ASI," paparnya.

7. Ussy Sulistiawaty.

Kisah 7 seleb jadi pendonor ASI, terbaru Ussy Sulistiawaty berbagai sumber

foto: Instagram/@ussypratama

Kabar terbaru yang menjadi pendonor ASI adalah Ussy Sulistiawaty. Istri presenter Andhika Pratama ini menjadi ibu ASI bagi anak kedua Rachel Maryam, Muhammad Eijaz Mata Air.

Kondisi Rachel Maryam yang tidak stabil pasca melahirkan, lantaran komplikasi sehingga pendarahan, membuat Rachel tidak bisa langsung memberikan ASI eksklusif pada buah hati.

Suami Rachel Maryam, Edwin Aprihandono, pun mengutarakan rasa terima kasih pada Ussy, yang saat ini juga sedang memberi ASI bagi putranya, Sakalingga Ibra Pratama.

"Terima kasih juga ingin kami sampaikan yang sebesar-besarnya kepada orang-orang berhati mulia, mama Arum dan mama Ussy Sulistiawaty yang sudah membantu mendonorkan ASI-nya untuk anak kami Eijaz selama kami melewati masa sulit ini," tulis Edwin seperti dilansir brilio.net dari Liputan6.