Brilio.net - Memiliki buah hati usai menikah menjadi hal yang dinantikan oleh banyak pasangan. Akan tetapi, harus diakui bahwa perjuangan untuk mendapatkan momongan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada yang cukup menunggu dalam hitungan bulan, namun ada pula yang mesti bersabar hingga lebih dari 10 tahun lamanya.

Permasalahan yang mendasari hal tersebut pun beragam. Infertilitas atau ketidaksuburan pada lelaki maupun perempuan adalah salah satunya. Biasanya, hal tersebut dipicu oleh sejumlah faktor, seperti gaya hidup yang kurang sehat, gangguan pada tuba falopi, maupun azoospermia alias tidak adanya sel sperma yang diproduksi.

Nah, kondisi di mana suami-istri harus menunggu lama untuk mendapat momongan ini pun turut dirasakan oleh sejumlah pasangan artis berikut ini. Sebagian dari mereka bahkan harus menjalani program khusus, seperti In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung sebelum akhirnya dapat menimang buah hati.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut sejumlah seleb yang akhirnya memiliki buah hati setelah 10 tahun menikah, Rabu (31/3).

1. Zaskia Sungkar.

Loading...

seleb dikaruniai anak usai 10 tahun © berbagai sumber

foto: Instagram/@dierabachir

Zaskia Sungkar dan Irwansyah menikah pada 15 Januari 2011 silam. Keduanya dikaruniai anak pertama pada Selasa (30/3) kemarin. Melalui kanal YouTube-nya, Zaskia bercerita bahwa untuk bisa memiliki momongan dia harus mengikuti program bayi tabung.

Sementara itu, saat menjalani program bayi tabung sendiri, proses yang ditempuh ternyata tak semulus yang dipikirkan. Pertama, ia harus menjalani operasi untuk membuang polip demi memperlancar proses OPU (Ovarium Pick Up). Setelahnya, ia masih harus berhadapan dengan persoalan di mana dinding rahimnya yang tak kunjung menebal sebelum menjalani proses embrio transfer.

"Perjuangan aku sama Irwan juga banyak banget guys, bukan dengan adanya uang bisa menyelesaikan masalah. Di balik kemudahan yang Allah kasih tetap aja ada ujiannya gitu loh. Salah satunya aku harus operasi berkali-kali. Proses bayi tabung aku lama banget panjang," ujar Zaskia lewat channel YouTube The Sungkars Family.

Namun akhirnya, perjuangan tersebut terbayar sudah. Kini, Zaskia dan Irwansyah telah dikaruniai seorang buah hati berjenis kelamin laki-laki. Jagoan kecil yang lahir dengan berat 3,4 kg tersebut lantas diberi nama Ukkasya Muhammad Syahki.

2. Siti Nurhaliza.

seleb dikaruniai anak usai 10 tahun © berbagai sumber

foto: Instagram/@ctdk

Pada tahun 2015, Siti Nurhaliza sebetulnya sempat berbadan dua. Namun sayang, janin yang dikandungnya keguguran saat usianya masih dua bulan. Kendati demikian, penyanyi dari Negeri Jiran yang namanya begitu terkenal di Tanah Air ini tidak menyerah untuk mendapatkan anak.

Melalui metode bayi tabung, ia akhirnya hamil pada usia 39 tahun. Lahirnya sang putri pada 2018 silam pun menjadi hadiah terindah dalam pernikahannya dengan Datuk Sri Khalid yang mana kala itu telah menginjak 11 tahun.

3. Nina Tamam.

seleb dikaruniai anak usai 10 tahun © berbagai sumber

foto: Instagram/@adaninanih

Sama seperti Siti Nurhaliza, penyanyi Nina Tamam juga harus menunggu lebih dari 10 tahun untuk bisa mendapatkan momongan. Ia yang dipersunting oleh Erikar Lebang pada 29 Agustus 2002, akhirnya dapat menimang buah hati tepat 12 tahun setelah menikah. Sang anak yang berjenis kelamin laki-laki itu lalu diberi nama Shaquille Skylar Kama.

Sayangnya, penantian buah hati yang lama tersebut tak lantas membuat Nina dan Erikar mampu mempertahankan keutuhan rumah tangga. Mereka berdua akhirnya memutuskan bercerai pada 2018 silam. Hak asuh sang anak pun jatuh kepada sang mantan suami.

4. Inul Daratista.

seleb dikaruniai anak usai 10 tahun © berbagai sumber

foto: Instagram/@inul.d

Inul menikah dengan Adam Suseno pada 29 Mei 1995. Kala itu, usianya terbilang masih sangat muda, yakni 16 tahun. Namun, hingga lebih kurang 13 tahun berjalan, Inul dan Adam belum juga dikaruniai momongan.

Dari situ, pelantun Goyang Inul ini lantas memutuskan untuk menjalani program bayi tabung. Perjuangannya dalam mendapatkan momongan pun akhirnya berbuah manis. Pada 31 Mei 2009, ia melahirkan anak laki-laki melalui operasi caesar. Putra semata wayangnya itu pun diberi nama Ivander Damares.