Brilio.net - Serangan jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Di mana serangan jantung bisa dirasakan secara tiba-tiba oleh penderitanya.

Mulanya penderitanya akan merasakan nyeri di bagian dada dan alami sesak napas. Selain itu akan disertai dengan mual dan muntah. Dilansir brilio.net dari Liputan6, menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RSPI Puri Indah, dr. Johan Winata, Sp.JP (K), FIHA, nyeri yang dirasakan biasanya secara terus menerus.

"Kalau serangan jantung, istirahat nyerinya tidak hilang. Nyeri terus menerus. Bisa timbul saat istirahat. Banyak pikiran tekanan darah naik, gumpalan darah muncul. Misalnya dua bulan lalu nyeri sedikit tetapi beberapa hari ini nyerinya makin sering. Hilangnya makin lama. Itu sudah masuk serangan jantung," ujarnya dikutip dari Liputan6, Kamis (13/6).

Di Indonesia sendiri, kasus penyakit serangan jantung bukanlah hal yang baru. Bahkan sejumlah selebriti Tanah Air tidak sedikit pula yang pernah berjuang melawan penyakit tersebut, meski sebelumnya diketahui ada pula yang tidak mempunyai riwayat penyakit serius.

Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, kisah-kisah aktor Indonesia yang pernah terkena serangan jantung, Kamis (13/6).

Loading...

1. Robby Sugara.

meninggal serangan jantung © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Aktor legendaris Robby Sugara meninggal dunia di usia 67 tahun. Dilansir dari Liputan6, putra Robby, Juan Bernard menceritakan kronologi sang ayah terkena serangan jantung saat sedang berkumpul dengan keluarga.

Kala itu, ia sempat sesak di dada dan muntah. Padahal, sebelumnya Robby terlihat dalam keadaan sehat. Robby kemudian langsung dilarikan ke Rumah Sakit Adhyaksa, Jakarta Timur.

"Pas sampai rumah sakit dan di IGD, papi tidak mendapatkan pertolongan. Katanya meninggal dunia di jalan," ujar Juan.

2. Adjie Massaid.

meninggal serangan jantung © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Adjie Massaid meninggal dunia pada tahun 2011 lalu lantaran terkena serangan jantung. Kepergian Adjie tentu menyisahkan banyak kesedihan, tak terkecuali oleh keluarganya tercinta. Apalagi selama ini, suami Angelina Sondakh itu dikenal dengan pola hidupnya yang sehat.

Diceritakan, sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Adjie sempat dilarikan ke IGD rumah sakit usai mengeluh sakit di bagian dada setelah bermain futsal.

3. Arief Rivan.

meninggal serangan jantung © 2019 brilio.net

foto: istimewa

Dunia hiburan Tanah Air baru saja kehilangan salah satu aktor legendarisnya pada pertengahan 2018 lalu, Arief Rivan. Arief meninggal dunia di usia 66 tahun karena serangan jantung. Dikutip dari Liputan6, putri Arief, Ory mengungkapkan bahwa ayahnya sudah sejak setahun terakhir telah memasang ring di jantungnya.

4. Jojon.

meninggal serangan jantung © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Nama Jojon tentulah bukanlah nama yang asing lagi bagi banyak orang. Pria yang khas dengan kumis dengan celana pendeknya itu berpulang ke maha pencipta pada tahun 2014 lalu. Jojon meninggal dunia karena serangan jantung dan asma.

Dikutip dari merdeka.com, sebelumnya Jojon sempat dirawat di UGD selama dua hari, namun ia kemudian dipindahkan ke ruangan intensive care.