1. Wika Salim.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@wikasalim

Di saat Wika Salim masih kecil, ia mengakui bahwa kehidupannya serba susah. Bahkan, kedua orang tuanya tak memiliki pekerjaan yang tetap. Saat itu, ayah Wika bekerja sebagai kuli bangunan.

Tak hanya kuli bangunan saja, sang ayah juga bekerja serabutan demi mendapatkan uang untuk makan keluarganya. Bahkan, Wika sendiri pun mengaku sempat membantu sang ayah saat bekerja sebagai kuli bangunan.

"Kayak bantu-bantu bikin rumah, nguli bangunan, pasang-pasang papan reklame di jalan, semua dilakukan ayah," kata Wika Salim di kanal YouTube Abdel Achrian.

2. Ayu Ting Ting.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@ayutingting92

Nama Ayu Ting Ting mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sebagai penyanyi ternama, Ayu Ting Ting juga memiliki banyak penggemar. Namun sebelum ngetop seperti sekarang, Ayu dulunya pernah hidup susah. Demi membantu biaya sekolahnya, ibu satu ini rela menghabiskan masa remajanya sebagai penyanyi dangdut keliling.

3. Via Vallen.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@viavallen

Sebelum terkenal dengan lagu Sayang, Via Vallen dulu pernah merasakan mengamen, lho. Berkat usahanya, ia bisa menyaingi jajaran penyanyi hits lain dan mampu mengubah nasib keluarganya. Walau begitu, sosok Via Vallen hingga sekarang masih terkenal akan kesederhanaannya.

4. Siti Badriah.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@sitibadriahh

Keluarga Siti Badriah pernah punya kisah hidup yang cukup kelam. Semua berawal dari usaha sang ayah yang mengalami kebangkrutan. Pelantun Lagi Syantik itu menceritakan, untuk masalah makan sehari-hari pun hanya bisa seadanya lantaran kesulitan keuangan.

Namun kini, hidupnya sudah 360° berbeda. Ia bahagia bersama keluarga kecilnya berkat perjuangan dan usaha orang tuanya yang bahkan tak segan menjual perabotan rumah guna menyekolahkan Siti. Kini, Siti Badriah pun menjadi salah satu penyanyi dangdut papan atas.

5. Zaskia Gotik.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Lahir dari keluarga yang serba pas-pasan, membuat Zaskia kecil terpaksa tak bisa melanjutkan pendidikan sekolah dasarnya. Ia harus rela melepas bangku sekolahnya untuk bekerja membantu finansial orang tua. Dirinya bahkan pernah jadi buruh cuci. Berkat usahanya, ia bisa sukses sebagai pedangdut dan sering wara wiri di acara televisi.

6. Cinta Penelope.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@princess_cinta_penelope

Siapa sangka, pelantun lagu Keong Racun, Cinta Penelope pernah bekerja sebagai asisten rumah tangga. Hidup susahnya itu kini terbayar lunas oleh jerih payahnya di dunia tarik suara.