7. Inul Daratista.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@inul.d

Kini hidupnya bergelimang harta, siapa sangka dulunya seorang Inul Daratista sempat memulai karier bernyanyi dari kampung ke kampung dengan upah Rp 3.500. Sekarang, ia masuk dalam jajaran salah sat penyanyi dangdut top dengan bayaran fantastis.

8. Farel Prayoga.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@farrel.prayoga_official

Viral karena kepiawaiannya dalam menyanyikan lagu Ojo Dibandingke saat peringatan HUT RI ke-77 di Istana Negara, sosok Farel Prayoga rupanya semakin menyedot perhatian publik. Sebelum sukses seperti sekarang, Farel pernah merasakan hidup susah, lho. Penyanyi cilik ini sempat berhutang tempe di warung agar orang tuanya dapat makan.

9. Aty Kodong.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@aty_ratu_kodong

Ingat dengan Aty Kodong kontestan D'Academy pertama? Yup, berkat usahanya, Aty mengaku mampu mengubah gubuknya yang kecil menjadi layaknya istana. Sejak kecil ia sudah menjadi yatim, sebab ayahnya bernama Karimung saat merantau meninggal dunia di Sulawesi Tenggara.

Bermodalkan bakat suara merdunya, Aty terbang ke Jakarta. Meski saat itu tak punya uang banyak saat menginjakkan kaki di ibu kota, namun tekad dan usaha kerasnya berhasil membawa namanya menjadi juara 2 D'Academy. Keren!

10. Rian D'masiv.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@rianekkypradipta

Lahir dari ayah yang bekerja sebagai sopir taksi, sebelum tampil di panggung-panggung besar seperti sekarang, rupanya vokalis D'masiv ini pernah merasakan bernyanyi dari metromini ke metromini lain untuk mengamen. Tapi berkat ketekunannnya bermain dan belajar musik, Rian mulai sukses setelah berhasil memenangkan berbagai ajang kompetisi musik bersama grup band-nya.

11. Judika.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@jud1ka

Judika diketahui pernah merasakan kerja serabutan demi bertahan hidup dan mengirim uang untuk orang tuannya di kampung halaman, Sumatera Utara. Menjadi tukang tambal ban hingga penyemir sepatu pernah ia rasakan. Namun, berkat tekadnya yang kuat dari hasil menjadi seorang penyanyi kafe dan berjuang dari festival ke festival, kini Judika berhasil menggapai cita-citanya menjadi musisi terkenal.

12. Anang Hermansyah.

Penyanyi top dulu hidup susah © Instagram

foto: Instagram/@ananghijau

Jauh sebelum terkenal seperti sekarang, suami dari Ashanty ini pernah menjadi penyanyi keliling di kampung halamannya, Jember. Saat sedang kuliah semester lima, Anang memutuskan untuk pergi ke Jakarta dan dilarang pulang oleh ayahnya sebelum jadi orang sukses.

Nggak patah semangat, sampai di Jakarta ia langsung bergabung di gang potlot dan mencoba keberuntungannya di dunia musik profesional. Sekarang, Anang berhasil membuktikan bahwa mantan penyanyi keliling juga bisa tinggal di rumah seperti istana. Hebat!

 

Mgg: Ricka Milla Suatin