Kendati begitu, Denny suka main musik sejak kecil. Pada 2017, ia mencoba merilis lagu bergenre pop berjudul Tlah Berbeda, Kampung Halaman, dan Tepian Nyaman. Namun lagu-lagunya tak populer dan sepi pendengar.

Pemilik nama asli Denny Setiawan ini rupanya tak mau menyerah, ia kemudian banting setir meninggalkan lagu pop dan beralih ke lagu dangdut berbahasa Jawa. Laki-laki 29 tahun ini terinspirasi dari mendiang Didi Kempot.

Pada 2019, ia berhasil meramu lagu Jawa pertamanya berjudul Kartonyono Medot Janji. Tak disangka, lagu itu diterima telinga masyarakat dengan baik dan kemudian populer.

masa kecil denny caknan © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@denny_caknan

Tak butuh waktu lama, video lirik lagu Kartonyono Medot Janji tembus 2 juta viewers di YouTube. Kanal YouTube-nya pun dibanjiri subscriber. Begitu pun dengan namanya yang kian terkenal.

Sejak lagunya booming, mantan kekasih Happy Asmara ini memutuskan meninggalkan pekerjaannya sebagai pegawai honorer DLH. Denny memilih untuk fokus mengembangkan kariernya di dunia musik dengan karya berbahasa Jawa.

Dari pantauan brilio.net, sampai saat ini Denny Caknan memiliki 23 lagu berbahasa Jawa. Seperti lagu Sugeng Dalu, Los Dol, Satru, Satru 2, Widodari, Kalih Welasku, dan masih banyak lainnya.

Berkat kesuksesan lagu-lagunya, Denny bisa meraup penghasilan tinggi. Bayaran Denny sekali manggung ditaksir mencapai Rp 130 juta. Padahal dulunya Denny pernah hanya mendapat upah Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu sekali manggungnya.

Kini, pria kelahiran 10 Desember 1993 ini bisa melunasi utang orang tuanya, membeli empat unit mobil, serta membangun sebuah rumah mewah. Nggak tanggung-tanggung, rumah mewah itu ditaksir seharga Rp 15 miliar.

Pria yang sering digadang-gadang sebagai penerus Didi Kempot ini miliki banyak penghargaan di bidang musik. Seperti meraih penghargaan Anugerah Dangdut Indonesia 2022 untuk Penyanyi Dangdut Pria Terbaik, Ambyar Awards 2020 sebagai pemenang Lagu Patah Hati Terbaik, dan masih banyak lagi.

Denny Caknan kini sudah menikah dengan model Bella Bonita pada 7 Juli 2023 kemarin. Keduanya saling kenal karena beberapa kali terjalin satu projek syuting video klip.