Brilio.net - Saat ini, industri hiburan Korea Selatan tidak hanya berfokus di pasar dalam negeri. Tetapi, mereka juga merambah pasar internasional. Hal ini terbukti dari banyaknya artis Korea yang digandeng oleh para produsen film Hollywood.

Popularitas para artis Korea yang sangat mendunia saat ini membuat agensi besar di Amerika Serikat juga tertarik menggaet mereka untuk menandatangani kontrak eksklusif. Bisa menembus dunia seni peran di Negeri Paman Sam memang merupakan impian terbesar nyaris semua artis berbagai penjuru dunia. Namun, tidak semua mendapatkan kesempatan emas tersebut, mengingat ketatnya memasuki pasar luar negeri.

Lantas siapa saja artis Korea yang kini telah mengembangkan karier beraktingnya dengan menandatangani kontrak dengan agensi besar Hollywood? Simak ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (20/11).

1. Ha Ji-won.

Artis Korea ini bergabung di agensi Hollywood © Instagram

foto: Instagram/@hajiwon1023

Nama Ha Ji-won mulai dikenal fans internasional lewat perannya sebagai Gil Ra-im dalam drama Secret Garden. Pada 2013, aktris berusia 43 tahun ini memberanikan diri untuk mengembangkan karier di dunia hiburan Hollywood dengan bergabung di salah satu agensi besar yaitu UTA (United Talent Agency).

Kerja sama dilakukan setelah label ini tertarik dengan penampilan akting Ha Ji-won di sejumlah film yang dibintanginya. Ia menjadi aktris Korea pertama yang menandatangani kontrak dengan UTA.

2. Lee Byung-hun.

Artis Korea ini bergabung di agensi Hollywood © Instagram

foto: Instagram/@byunghun0712

Pemeran Front Man di Squid Game, Lee Byung-hun juga diketahui telah menandatangani kontrak dengan agensi Hollywood, UTA (United Talent Agency) pada Maret 2017. UTA sendiri merupakan rumah bagi para artis kelas atas Hollywood seperti Johnny Depp, Mariah Carey, Channing Tatum, Benedict Cumberbatch, hingga Angelina Jolie.

Lee Byung-hun telah aktif di Amerika Serikat sebagai aktor dan sebelumnya telah muncul di beberapa film Hollywood seperti G.I. Joe: Bangkitnya Cobra, Red 2, dan Terminator Genisys. Ia bahkan memperoleh penghargaan Asia Entertainment Summit dan Game Changer Awards atas kontribusinya di dunia hiburan Asia-Amerika.

3. Jeon Jong-seo.

Artis Korea ini bergabung di agensi Hollywood © Instagram

foto: Instagram/@jeonjongseo_fanpage

Mengikuti jejak para seniornya, Jeon Jong-seo juga menandatangani kontrak dengan UTA (United Talent Agency) pada Mei lalu. Namanya mulai dikenal di seluruh dunia ketika diundang ke Festival Film Cannes 2018 untuk filmnya Burning karya sutradara Lee Chang-dong. Dia juga menarik perhatian melalui film terbarunya, The Call yang dirilis di 190 negara di seluruh dunia melalui Netflix.

Jeon Jong-seo mengikuti audisi untuk filmnya Mona Lisa and the Blue Moon dan membintangi film tersebut dengan beradu akting bersama Kate Hudson dan Craig Robinson. Selain itu, ia pun dipilih menjadi cast untuk remake Korea dari serial original populer Netflix "Money Heist.

4. Han Ye-ri.

Artis Korea ini bergabung di agensi Hollywood © Instagram

foto: Instagram/@hanyeri_official

Setelah melakukan debut secara internasional lewat film Minari, Han Ye-ri makin matang untuk memasuki pasar Amerika Serikat. Aktris berusia 36 tahun itu dikabarkan menandatangani kontrak dengan agensi asal Amerika.

Pada 8 April lalu, Han Ye-ri terungkap telah menandatangani kontrak dengan Echo Lake Entertainment, perusahaan manajemen yang berbasis di Beverly Hills, California. Meski Han Ye-ri bergabung dengan Echo Lake Entertainment, aktivitasnya di Korea akan terus berada di bawah agensinya sejak lama, Saram Entertainment.

5. Jung Ho-yeon.

Artis Korea ini bergabung di agensi Hollywood © Instagram

foto: Instagram/@hoooooyeony

Terbaru, ada pemain serial Netflix Squid Game, Jung Ho-yeon yang siap untuk berkarya di Hollywood. Berkat debut aktingnya yang luar biasa, Jung Ho-yeon menjadi salah satu aktris yang ditaksir oleh banyak agensi internasional.

Dilansir dari Allkpop, Jung Ho-yeon dikabarkan telah resmi menandatangani kontrak dengan CAA (Creative Artist Agency). CAA adalah salah satu agensi terbesar di Hollywood yang berkiprah di bidang hiburan dan olahraga. Agensi tersebut menaungi artis global terkenal seperti Beyonce, Brad Pitt, Justin Bieber hingga Cardi B.

Perwakilan dari agensi Jung Ho-yeon di Korea Selatan, Saram Entertainment, mengatakan bahwa ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi Jung Ho-yeon.

“Kami memutuskan untuk bermitra dengan CAA, salah satu agensi terbesar di Amerika Serikat, untuk aktivitas globalnya. Kami berharap Jung Ho-yeon mendapatkan dukungan publik saat dia melanjutkan karier internasionalnya,” ungkap perwakilan Saram Entertainment.

(brl/tin)

(brl/tin)