Brilio.net - Bagi penggemar K-Pop dan K-Drama tentunya sudah tak asing dengan kata sasaeng fans. Sasaeng fans merupakan penyebutan bagi para fans fanatik yang begitu terobsesi dengan idolanya.

Ulah sasaeng fans seringkali menjadi hal buruk bagi idolanya. Seperti baru-baru ini yang terjadi pada group Treasure, sasaeng secara sengaja membobol masuk dorm hingga meng-hack akun SNS. Tentunya hal ini bukan hal yang pertama menimpa idol K-Pop.

Banyak deretan idol K-Pop yang mendapatkan kejadian tak mengenakan dari ulah sasaeng fans, seperti di tampar, dibuntuti hingga terjadi kecelakaan, privasi terganggu, atau parahnya mengirimi surat menggunakan darah menstruasi.

Lalu siapa saja idol K-Pop yang pernah mendapatkan perlakuan tak mengenakan dari sasaeng fans? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (17/11), berikut 9 idol K-Pop kena serangan fans fanatik.

1. Seungri Eks BIGBANG

Idol K-Pop kena serangan fans fanatik Berbagai sumber

foto: Instagram/@seungriseyo

Seungri pernah mengalami kejadian mengerikan ketika berhadapan dengan sasaeng fans atau penggemar fanatik. Kejadian tersebut terjadi saat Seungri tengah menghadiri sebuah acara bergengsi di Shanghai, Tiongkok.

Kejadian tersebut bermula ketika Seungri dan staff-nya tengah berkeliling di wilayah negeri tirai bambu itu dengan mobil. Tiba-tiba, mobil milik sasaeng muncul dan mengejar mobil Seungri.

Akhirnya, mobil yang ditumpanginya pun berhenti mendadak. Mobil staff yang berada di belakangnya menabrak mobil Seungri. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Situs resmi YG Entertainment mengumumkan, 24 Desember 2013, insiden tersebut tak parah. Kondisi Seungri pun baik-baik saja, tak terluka parah.

2. EXO

Idol K-Pop kena serangan fans fanatik Berbagai sumber

foto: Twitter/@weareone.EXO

Sejak debut tahun 2012, EXO terus menghadapi ulah sasaeng fans. Gangguan tersebut dialami setiap member, mulai dari 12 personel hingga kini EXO tersisa 9 member. Beberapa gangguan itu hampir mirip, mulai dari panggilan telepon ke nomor pribadi hingga sasaeng yang 'mampir' ke asrama EXO.

Bahkan, ada seorang sasaeng fans yang nekat menjual celana dalam D.O di situs online. Atau parahnya, mereka juga sampai ada yang ingin mengabadikan momen ketika member EXO melakukan kegiatan di kamar mandi atau toilet. Hingga kejadian member EXO hampir diculik. EXO disebut sebagai idol paling sabar menghadapi sasaeng. Hingga kini, fans kagum dengan keteguhan EXO menghadapi penggemar fanatik.

3. Taecyeon 2PM

Idol K-Pop kena serangan fans fanatik Berbagai sumber

foto: Instagram/@taecyeonokay

Taecyeon, member 2PM ini juga mengalami gangguan sasaeng, hingga membuatnya trauma sampai saat ini. Taecyeon mengungkapkan pengalaman menakutkan yang ia alami dalam sebuah wawancara. Ia menerima sepucuk surat dari seorang penggemar.

Ternyata surat tersebut ditulis dengan menggunakan darah menstrurasi dengan pesan, "kau tak bisa hidup tanpa aku." Ketika menerima surat tersebut, Taecyeon sangat terkejut sekaligus jijik. Hingga saat ini, ia masih bingung dengan tingkah laku sasaeng fans yang mengerikan.

4. Jaejoong JYJ

Idol K-Pop kena serangan fans fanatik Berbagai sumber

foto: Instagram/@jaejoongstargam

Kim Jae-Joong atau yang lebih sering dikenal dengan nama Jaejoong adalah anggota boyband TVXQ sebelum pecah dan akhirnya membentuk JYJ. Sebagai salah satu penampil K-Pop paling terkenal pada masanya, Jaejoong tentunya memiliki banyak fans. Namun sayangnya, ternyata salah satu fans tersebut adalah Sasaeng yang lumayan gila.

Ketika Jaejoong sedang beristirahat di suatu sauna, salah satu fans-nya berhasil masuk ke sauna pribadi Jaejoong ketika dia sedang tertidur. Sasaeng tersebut mengambil foto Jaejoong ketika sedang tidur dan bahkan menyombongkan kalau dia sempat mencium Jaejoong.

5. Heechul Super Junior

Idol K-Pop kena serangan fans fanatik Berbagai sumber

foto: Instagram/@kimheenim

Pada 2016 silam, Heechul mengungkapkan pengalaman mengerikannya dikejar oleh sasaeng fans. Akibatnya, mobil yang dikendarai Heechul nyaris mengalami kecelakaan. Beruntung Heechul tak mengalami cedera akibat kecelakaan itu.

Heechul yang sangat kesal menyebutkan jika penggemar yang membuat idolanya celaka itu bukan fans setia. Member Super Junior menyebut fans militan sebagai musuh

"Sasaeng fans tak pantas disebut sebagai penggemar. Kita hanya melihat mereka sebagai pengganggu. Jika kau ingin datangmelihat saya bekerja tak masalah. Tapi, lebih dari itu hingga ke tempat pribadi, sungguh tidak diperbolehkan," ujar Heechul, diwartakan Soompi.

6. Jackson Got7

Idol K-Pop kena serangan fans fanatik Berbagai sumber

foto: Instagram/@jacksonwang85g7

Pada 2016, dilaporkan bahwa Jackson Wang yang merupakan anggota grup GOT7 mengalami kecelakaan saat menuju airport di China. Ternyata, penyebab ia mengalami kecelakaan karena dibuntuti oleh sasaeng fans.

Tak cuma itu, pada 2019, alamat pribadi Jackson Wang di Hong Kong, yang merupakan rumah orang tuanya, disebar oleh sasaeng fans. Jackson Wang lalu melakukan konfrontasi dengan fans tersebut, menduga ia menyebarkan alamat. Namun, sasaeng fans itu berpura-pura tidak mengetahuinya.

7. Yoochun JYJ

Idol K-Pop kena serangan fans fanatik Berbagai sumber

foto: Instagram/@yoochun86

Kali ini, Yoochun, member JYJ ini tak bisa melupakan pengalaman buruk terganggu oleh ulah sasaeng fans. Yoochun mengalami tindakan kekerasan oleh sasaeng. Pada 2012 silam, Yoochun mendadak ditampar dengan sangat keras oleh sasaeng.

Cerita mengenai Yoochun itu hingga saat ini masih dibicarakan di dunia maya oleh kalangan penggemar. Kala itu, personel JYJ itu baru saja keluar dari salon. Tiba-tiba, seorang penggemar menamparnya dengan sangat keras.

Ia sangat terkejut dengan kejadian hari itu. Saat diamankan, sasaeng itu mengaku dirinya ingin terus dikenal oleh Yoochun hingga nekat melakukan tindakan kekerasan.

8. NCT

Idol K-Pop kena serangan fans fanatik Berbagai sumber

foto: Twitter/@nctsmtown

Sebagai boy group yang memiliki anggota terbanyak, NCT seringkali mendapatkan perlakuan tak mengenakan dari sasaeng fans. Sub unit NCT yaitu NCT Dream, NCT 127, dan WayV selalu mendapatkan perlakuan di luar nalar dari sasaeng.

Seperti sasaeng berkumpul di depan asrama mereka hingga larut malam, bahkan tetangga asrama grup ini banyak yang mengeluh karena sikap dari sasaeng yang mengganggu ketenangan. Mengunggah foto Haechan saat mabuk, atau merekam Winwin ketika hangout dengan teman-temannya dan saat ia merokok, dan parahnya sasaeng sering kali membuntuti kegiatan NCT.

WayV bahkan sampai dibuat frustasi oleh kelakuan sasaeng yang datang ke tempat tertutup untuk syuting. Bahkan, sasaeng juga pernah mengintip di atas gedung yang digunakan member NCT untuk live.

9. Treasure

Idol K-Pop kena serangan fans fanatik Berbagai sumber

foto: Instagram/@yg_treasure_official

Grup rookie Treasure juga baru-baru ini mengalami kejadian tak mengenakan dari kelakuan sasaeng fans. Sasaeng tersebut membobol masuk ke dalam dorm atau asrama Treasure. Tak hanya masuk ke dalam asrama, sasaeng juga diketahui meng-hack akun SNS pribadi anggota Treasure.

YG Entertainment selaku agensi yang menaungi Treasure pun akhirnya angkat bicara. YG meminta untuk para sasaeng bisa menghormati privasi artis mereka. Agensi juga mengungkapkan larangan yang tidak boleh dilakukan oleh penggemar, seperti mendapatkan informasi pribadi artis atau keluarganya secara ilegal, dan dilarang mengikuti kendaraan artis.

(brl/pep)

(brl/pep)