Brilio.net - Nama Arnold Poernomo tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya pria yang populer dengan sebutan Chef Arnold dikenal sebagai chef kondang Tanah Air. Nama Arnold melambung ketika dirinya menjadi juri utama dalam kompetisi memasak MasterChef Indonesia bersama Chef Renatta dan Chef Juna.

Tak hanya sering wara-wiri di layar kaca saja, namun Chef Arnold juga sangat aktif di media sosial, baik Instagram maupun Twitter. Ketenarannya ini membuat Chef Arnold kerap menjadi sorotan dan selalu menarik untuk dibahas.

Baru-baru ini ada hal yang bikin warganet geleng-geleng kepala, bagaimana tidak Chef Arnold bersama rekannya Chef Juna memerkan aksi mereka ketika mencampurkan jamur dengan beberapa camilan. Namun siapa sangka jamur yang mereka gunakan itu tidak main-main, harganya mencapai Rp 30 juta per kilogram.


Dalam unggahannya itu Chef Arnold juga menambahkan kata-kata bahwa camilan MasterChef memang beda. Jelas saja, jika dilihat dari harganya makanan tersebut memang benar-benar menunjukkan kasta.

"Cemilan Masterchef emg beda," tulis Chef Arnold.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI


Harga camilan Chef Arnold ini diketahui dari unggahan akun gosip yang beredar di Instagram, Kamis (6/2). Dalam unggahan tersebut terlihat Chef Arnold sedang memarut jamur dan dtaburkan ke beberapa makanan ringan. Sekilas memang terlihat seperti jamur biasa, namun siapa sangka jamur yang dikenal dengan Truffle itu memiliki harga fantastis.

2 dari 2 halaman


"Ga kuat sama yang ditabur itu yee
30 juta perkilo
Nangis akutuh
Kalau klian ada uang 30 juta kalian buat apa tuh duit?," tulis akun tersebut.

foto: Instagram/@nyinyir_update_reaal

Unggahan tersebut jelas saja membuat warganet melongo. Untuk camilan saja Chef Arnold dan Juna memilih jamur dengan harga yang fantastis.

"30 juta di kampungku bisa beli sawah bisa di turunkan ke ank cucu beras gk beli enak kan," ujar akun @aryand_ryand.

"Buat nikah udh mevvah 30jt dikampung. Ato klo ga beli mtor 2 cash. Klo g gtu buat bayar utang. Aduh kpn ya ada tf an nyasat sgitu ke rek ku," timpal akun @patriciaaxelnevandaa.

"Njir Makanan Utama nya Nabati Siip sama Indomie 3rban Ditaburi Truffle Puluhan Juta," kata akun @arcandragr.

"Beli truffle hitam sekilo gamakan berapa tahun ya aku," akun @suciagmw keheranan.

"Apasi tuh? Kalo sobat missqueen ga bisa makan begituan , bakal mati ga??," tanya akun @astari.debby.

Jamur truffle yang ditaburkan Chef Arnold ke dalam beberapa camilan tersebut memang cukup terkenal dengan harganya yang selangit. Tak jarang jamur jenis ini disebut sebagai 'intannya dapur'. Truffle merupakan jenis jamur langka yang tumbuh di bawah tanah.

Sekilas memang terlihat tidak ada bedanya dengan jamur pada umumnya, namun proses budidayanya yang berbeda dan tentu saja manfaatnya pula. Jika jamur biasa dapat tumbuh di ruang terbuka, sedangkan truffle hanya bisa tumbuh di dalam gelap.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, ada beberapa jenis jamur truffle, yakni winter white, winter black, muscat black, musky black, Chinese black, Himalayan black, summer black, autumn black, dan white truffle. Pada umumnya, jamur truffle memiliki rasa yang cukup aneh, bahkan tidak bersa sama sekali.

Menjadi jamur yang langka karena truffle hanya tumbuh di beberapa jenis pohon saja, seperti pinus, ek, dan hazel. Tak hanya itu saja, jamur truffle juga tumbuh dengan lambat, memiliki musim singkat dan tidak tahan lama  jika sudah diangkat dari tanah. Dilansir dari berbagai sumber, sebuah penelitian mengatakan bahwa waktu yang dibutuhkan jamur truffle untuk tumbuh sekitar 4-6 tahun.

Meski harganya yang selangit, tak sedikit orang menyukai jenis jamur satu ini. Banyak konsumen mendiskripsikan bahwa jamur truffle memuliki rasa yang cukup enak dan beraroma khas jamur yang lezat.

(brl/vin)