Dugaan tersebut semakin kuat karena tak ada penyakit genetik yang diturunkan dari keluarganya. "Karena udah pasti iya banget (stress). Karena hidup sehat, hidup sehat banget. Genetik (penyakit tumor) juga nggak ada. Jadi kayaknya sih stress," lanjutnya.

Kendati telah didiagnosis tumor dan harus menjalani operasi, Putri Patricia memilih merahasiakan penyakitnya dari sang ibunda. Hal ini lantaran ia tak ingin sang ibu khawatir dan kepikiran. Sehingga, Putri Patricia melakukan semuanya sendiri, mulai dari tes hingga konsultasi ke dokter.

"Kemarin itu pas tes-tes pertama semuanya sendiri. Pergi sendiri. Ke dokter sendiri. Cek sendiri. Sampai ada orang nanya 'kok kamu kesini nggak bawa keluarga?' Gue pikir, gue bisa sendiri kenapa nggak?" kata Patricia.

Ia mengungkapkan baru menjelaskan terkait penyakitnya kepada sang ibunda 2 minggu sebelum operasi. Niat awalnya, Putri Patricia tak ingin memberitahu penyakit yang idapnya kepada sang ibunya. Ia akan menjelaskan saat hari H sebelum operasi.

pengakuan putri patricia idap tumor © YouTube

foto: YouTube/MAIA ALELDUL TV

"Baru dikasih tau ke mama itu meeting terakhir sebelum operasi. Operasi itu tanggal 20, ketemu dokter awal November. Mama tahu sekitar 2 minggu 3 mingguan sebelum operasi," bebernya.

Namun, niat tersebut urung ia lakukan. Saat mencoba menjelaskan kepada sang ibunda, tak dipungkiri jika ibunya merasa kesal dengan dirinya. Sebab, sebagai ibu ingin selalu menemani anaknya dalam rangkaian perjalanan kesembuhan tumor rahim.

"Awalnya pasti ada keselnya sama aku. Kok nggak dari awal. Karena dia pasti pengin nemenin proses awal. Cuma dia ngerti juga, nggak mau membuat dia khawatir," pungkasnya.